Ikan Hias Corydoras Paleatus

Pemijahan Ikan Hias Corydoras Paleatus | Akuarium Hias - Corydoras Paleatus yang datang dari La Plata Brasil, di kenal dengan juga nama Preppered Corydoras. Type ini gampang memijah meskipun ada di lingkungan pemeliharaan yang terbatas. Lingkungan yang disenaginya bertemusana damai serta tenang.

Seleksi Indukan

Induk bisa dipijahkan minimum pada usia 10 bln. atau memiliki ukuran 7-8 cm. Badan sisi atas hijau olive kegelapan atau cokelat olive, sedang sisi bawah kuning pucat. Sirip dorsal, anal, serta ekor berwarna abu-abu sedikit bebercak gelap. Ikan betina mempunyai bentuk badan yang jadi membesar dibagian perut (seperti diamond), sedang yang jantan runcing (seperti terpedo).
Ikan Hias Corydoras Paleatus

Pemijahan

Corydoras akan keluarkan telurnya dengan cara bertahap, jadi sehari-hari diketemukan telur melekat pada rumbai-rumbai rafia serta pada kaca akuarium sisi atas atau didasar akuarium. Saat pemijahan berlangsung mendekati pagi hari atau saat pagi hari, waktu memijah corydoras butuh ketenangan atau situasi yang tenang. Kesuksesan waktu memijah bisa dilihat dari telur yang melekat pada substrat, bila telur berwarna bening akan menjadi mutu telur yang bagus sedangkan yang berwarna putih jadi  telur yang tak bagus ( kemungkinan besar gagal menetas ).

Sistem pemijahan, waktu memijah mulut betina mendekati sisi genitikal jantan untuk menghisap sperma jantan supaya bisa menghimpun sperma jantan didalam mulutnya. Tidak lama kemudian betina meninggalkan jantannya, dari mulut betina itu sperma jantan bakal dikeluarkan berbarengan dengan dikeluarkannya telur-telur dari dalam badannya lalu ditempelkan pada substrat, dengan hal tersebut telur telah dapat terbuahi. Jumlah telur yang dapat dihasilkan untuk satu ekor induk yakni sejumlah 200-350 butir telur. Dengan perbandingan 1 : 1.
Ikan Hias Corydoras Paleatus
Corydoras Paleatus dalam aquascape

Penetasan Telur

Telur-telur corydoras paleatus yang ada ditempat penetasan (berbentuk akuarium) dengan ukuran 100 cm x 50 cm x 50 cm dengan ketinggian air 35 cm, bakal menetas jadi benih pada hari ke 4 (empat). Sesaat substrat yang telur-telurnya telah menetas selekasnya diangkat serta dicuci bersih saat sebelum dipakai lagi.
Benih yang baru menetas tak segera di beri pakan lantaran benih itu masih tetap membawa kuning telur juga sebagai makanannya, pada hari ketiga baru diberikan pakan berbentuk artemia dengan dosis 75 gr. Pakan artemia diberikan dengan cara teratur sepanjang 7 hari, pada hari ke 8 hingga hari ke 14 di beri kombinasi pada artemia dengan cacing sutera yang diblender atau dihaluskan, dengan dosis satu sendok teh cacing sutera per akuarium.

Kwalitas Air

Kwalitas air sepanjang pemeliharaan benih mesti senantiasa dijaga kebersihannya hingga butuh diselenggarakan pergantian air dengan cara teratur satu hari atau dua hari sekali, jumlah air yang diganti yaitu 2/3 sisi, lantaran benih corydoras suka pada air yang bening serta bersih jadi bekas pakan serta kotoran yang ada di dasar akuarium mesti senantiasa dibikin bersih/dibuang lewat cara menyipon. Parameter air yamg dibutuhkan yakni  Suhu 28 – 30 derajat celcius, pH antara 4 – 6.

Posting Komentar

 
Top