Varian Ikan Mas Hias Paling Populer | Akuarium Hias -Ikan mas secara umum bisa dibagi kedalam dua penggolongan besar yakni Ikan Mas untuk konsumsi serta Ikan Mas Hias. Dengan cara umum juga bahwa Ikan Mas konsumsi pasti yang dibutuhkan yaitu perkembangan daging yang cepat besar, sesaat Ikan Mas Hias yang diperlukan yaitu keindahannya, meskipun ada type ikan hias yang bertubuh besar seumpama type Ikan Mas Hias Koi.

Terutama ikan mas type ikan hias juga sangatlah banyak macamnya. Secara umum di Indonesia lebih dikenal dengan nama ikan mas koki serta ikan mas komet serta ikan mas koi, walau sebenarnya seluruhnya dimasukkan dalam satu penggolongan yang dimaksud Ikan Mas Hias atau Fancy Goldfis.

Dari genaelogy tree bisa tampak beragam jenis Ikan Mas Hias yang awalannya memanglah datang dari type Ikan Mas konsumsi, seperti berikut :

Skema Gambar Keturunan Ikan Mas Hias

Uraian Singkat Gambar


Common Goldfish

 
Common goldfish yaitu jenis ikan mas hias standard yang belum beralih bentuk dari aslinya terkecuali beberapa warna yang beragam seperti merah, oranye atau emas, kuning atau lemon, hitam, putih, serta akhir-akhir ini telah nampak yang transparan.

Celestial Eye Goldfish 
 

Celestial eye goldfish or Choten gan yaitu type turunan ekor ganda dari ikan mas lucu (fancy) serta matanya berupa teleskop menghadap keatas serta biji mata memandang ke langit..

Telescope eye / Demekin Goldfish


Telescope eye atau Demekin yaitu ikan mas lucu ditandai dengan mata yang muncul. Juga di kenal dengan nama ikan mas bola dunia (globe eye goldfish) atau Ikan mas mata naga (dragon eye goldfish).
 
The Lionhead Goldfish

 

The lionhead (Kepala Naga) yaitu turunan dari type ikan mas hias lucu. Type ini yaitu pendahulu type Ranchu.

Pompoms Goldfish
Pompoms or pompon or hana fusa yaitu type ikan mas hias lucu yang sudah kehilangan perkembangan daging di sekitar lubang hidung pada tiap-tiap segi kepala.

The Veiltail Goldfish


The veiltail yaitu Ikan mas lucu yang mempunyai ekor ekstra panjang serta melambaikan ekor gandanya.

Oranda Goldfish 

Oranda yaitu ikan mas hias yang ditandai dengan sejenis buah berry yang melekat di kepala. Perkembangan butir-butir serupa berry yang melekat di kepala dimaksud juga wen serta bertumbuh disekujur atas kepala terkecuali pada mata serta mulut.


Black Moor Goldfish

Black moor yaitu type lain dari ikan mas lucu bermata teleskop (telescope-eyed of fancy goldfish) yang mencirikan pada matanya yang menonjol. Di Jepang di kenal dengan sebutan popeye, telescope, kuro demekin, sesaat di Cina di kenal dengan nama dragon-eye.

Komet / Comet Tailed Goldfish


Comet atau comet-tailed goldfish (Ikan mas ekor komet) yaitu varitas ikan mas lucu dari Amerika. Ikan mas ini sama juga dengan Common goldfish atau ikan mas standard, terkecuali ukurannya yang lebih kecil serta ramping, serta umumnya ditandai dengan ekor panjang berupa garpu.

Ryukin Goldfish  

Ryukin yaitu type ikan hias berbodi buntal yang ditandai karenanya ada punuk di sekitar punggungnya.

Ranchu yaitu turunan ikan mas hias yang di kembangkan di Jepang. Di Jepang dikatakan sebagai Rajanya ikan mas.


Fantail Goldfish

 

Fantail goldfish yaitu type yang di kembangkan di barat dari type Ryukin hingga memiliki bentuk seperti telur, sirip punggung tinggi, sirip ekor panjang sejumlah empat, serta tak mempunyai punuk.


Bubble Eye Goldfish


Bubble Eye yaitu type ikan mas hias berjenis kecil serta ditandai dengan mata yang menghadap ke atas serta terbungkus diisi cairan.

Pearlscale Goldfish


Pearlscale atau dimaksud Chinshurin di Jepang, yaitu type ikan mas hias berupa bola dengan sirip-siripnya serupa dengan type Fantail.


Shubunkins Goldfish


Shubunkins (disimpulkan juga sebagai kain brokat merah) yaitu ikan mas hias berbuntut tunggal bercorak calico (beberapa macam). Type ikan mas hias ini yaitu asli dari jepang.


Panda Moor Goldfish


Panda moor yaitu type ikan mas hias bercirikan warna hitam serta putih serta bentuk mata menonjol.

Transparent Goldfish


Transparent Goldfis yaitu type ikan mas hias yg tidak mempunyai sisik serta tembus pandang.

Posting Komentar

 
Top