Header Ads

Ikan Palmas

ikan palmas

Ikan Palmas | Akuarium Hias -Adalah ikan yang tergolong dalam Family Polypteridae (Bichir), berarti ikan bersirip banyak. Ikan ini terhitung ikan primitif serta kerap dikatakan sebagai " snake like fish " (ikan mirip ular). Penyebaran paling banyak ditemui di Afrika Barat.

Palmas yaitu ikan pemangsa (predator), carnivora. Ikan ini memiliki kekuatan untuk mengambil udara dalam air dengan alat yang sudah termodifikasi sedemikan rupa mirip paru-paru, selain itu ia dapat untuk merayap di atas tanah dengan memakai sirip dadanya yang kuat. Oleh karena itu dalam memelihara palmas disarankan supaya berikan penutup yang baik untuk menghindar ikan itu kabur. Palmas bisa dipelihara berbarengan dengan ikan kelompok Cichlidae yang mempunyai ukuran semakin besar.

ikan palmas

Panjang rata-rata ikan palmas yaitu 30 cm. Hidup pada kisaran pH 6. 5 - 7, serta temperatur 16-27 ° Celcius. Untuk carnivora, pakan utama palmas yaitu pakan hidup berbentuk ikan kecil, atau daging-dagingan lain seperti daging udang atau daging ikan.

Selama ini sekurang-kurangnya di ketahui ada 3 sub-species palmas yakni :
  • Polypterus palmas palmas
  • Polypterus palmas polli
  • Polypterus palmas buettikoferi
ikan palmas
Type kelamin
Type kelamin palmas bisa dibedakan dengan cara melihat dari lebar sirip anus. Untuk Sirip anus palmas jantan lebarnya nyaris 2 kali lebar sirip anus palmas betina.

Breeding.

Pada saat breeding palmas jantan bakal " memeluk " si betina, lalu bakal menghasilkan sperma pada waktu si jantan " menangkap " telur-telur yang dikeluarkan si betina. Sesudah dibuahi telur-telur itu bakal jatuh ke atas substrate akuarium. Biasanya telur-telur itu bakal menetas kurun waktu 4 hari.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.