Memelihara Koi Dalam Kolam

Memelihara Koi Dalam Kolam | Akuarium Hias -Menjaga serta pelihara Ikan Koi yang baik satu kewajiban untuk hobyis ikan koi. Pokok mendasar yang butuh di ketahui yaitu kolam yang pas, air yang sesui serta tehnik pemberian pakan. 

Kolam Ikan Koi Yang Cocok 

Ikan Koi dapat di memelihara di kolam tanah, kolam semen, kolam taman. Memeliharaan ikan koi dalam aquarium tak disarankan. Lantaran koi memerlukan areal berenang luas serta dalam. Diluar itu, keindahan koi terdapat pada punggung berwarna warni. Bila dipelihara dalam aquarium keelokan badan serta warna tak tampak optimal. 

Ukuran kolam koi disarankan minimum 1, 5m x 2m dalaman 80-50cm. Bila kolam telalu dangkal, tubuh ikan bakal terus-menerus terkena cahaya matahari. Terlampau banyak terkena cahaya matahari bisa mengubah warna badan koi jadi pucat serta perkembangan terhalang. 

Butuh di perhatikan jarak air ke bibir kolam minimum 25cm bermanfaat untuk menghindar koi melompat ke daratan. Kolam mesti dilengkapi saluran pembuangan dibagian bawah. Dibagian atas kolam dipasang pipa untuk menyalurkan air bersih yang sudah diendapkan. 

Memelihara Koi Dalam Kolam
Air Untuk Ikan Koin Yang Baik 

Filter berlapis butuh dipasang untuk melindungi kebersihan serta kelancaran pasokan air. Filter dapat dibuat empat lapis atau lima, adalah :
  • Filter pertama terbagi dalam kerikil, pasir, serta ijuk berperan menyaring sampah serta Lumpur yang mengotori kolam. 
  • Filter ke-2 berbentuk karbon zeolit berperan menyingkirkan toksin, bau tidak enak, serta membunuh bibit penyakit. 
  • Filter ketiga berbentuk pestisida yang tidak mematikan bakteri pengurai yang bertindak dalam sistem penjernihan air kolam. 
  • Filter ke empat berbentuk tanaman atau bebatuan yang bisa mengikat kotoran. 


Derajat keasaman (pH) air yang pas untuk perkembangan koi yaitu 6, 5-8, 5. Untuk melindungi aliran air dapat dipasang pompa yang dapat menyalurkan air sejumlah 25 liter per menit. Lewat cara ini, air kolam tidak butuh kerap dibikin bersih, namun butuh bersihkan filter serta bak filter. Langkahnya, semprot filter dengan air bersih seputar 5-10 menit. 

Apabila memakai penyaring ini, baiknya pergantian air kerjakan dua minggu sekali. Maksudnya untuk buang zat-zat toksin dari sisa-sisa makanan yang terurai jadi nitrit beresiko untuk kesehatan ikan. 

Langkah Pemberian Pakan Ikan Koi 

Pakan berperan untuk membuat badan ideal serta mencemerlangkan warna pada ikan koi, juga untuk media penghubung untuk menyembuhkan ikan koi yang sakit. Type pakan yang didapatkan dapat berbentuk pakan alami atau pakan buatan. Pakan itu memiliki kandungan gizi seimbang sesuai sama dengan keperluan ikan koi. Pakan baiknya diberikan 2 x satu hari, pagi serta sore supaya keperluan gizi ikan terpenuhi. 

Type pakan yang dipakai untuk meningkatkan perkembangan ikan koi supaya badan ideal yaitu wheat germ. Pakan terbuat berbahan yang memiliki kandungan protein tinggi seperti, gandum, tepung udang, tepung ikan, serta bungkil kacang kedelai. 

Kandungan protein seputar 32%. Diluar itu wheat germ juga memiliki kandungan vitamin A, D, E, K, B2, B6, B12, niasin, vitamin C serta unsur-unsur mineral lain seperti  choline chloride,kalsium, panthetonate, trace mineral, serta antioksidan. 

Memelihara Koi Dalam Kolam
Sesaat, pakan untuk mencemerlangkan/mempertajam warna koi yaitu pakan memiliki kandungan zat karoten. Zat itu bisa merangsang timbulnya warna pada ikan koi. Dengan cara alami didalam badan ikan koi ada zat karoten berbentuk antaxanthin membuahkan warna merah, serta lutein membuat warna kuning kehijauan. 

Pakan ikan koi yang memiliki kandungan zat karoten salah satunya ; wortel, alga atau ganggang Spirullina, serta Chlorella, semangka, sawi, kubis serta cabai hijau. Sedang pakan dari hewan dapat diberikan kepiting, udang-udangan, krill, trout, salmon, kutu air, jentik nyamuk, cacing rambut, serta cacing darah. 

Dengan pelihara ikan koi yang baik yakni mencermati kolam ikan yang pas, mutu air serta pemberian pakan yang pas siapa tahu koi hobyis jadi juara, semoga. 

Posting Komentar

 
Top