Royal Pleco


Royal Pleco (Panaque nigrolineatus) | Akuarium Hias - Adalah ikan keluarga pleco yang menyebar di seputar sungai Amazon serta percabangannya seperti Rio Orinoco yang memanjang di Columbia serta Venezuela. Royal pleco umum di kenal juga untuk Royal plec, Royal panaque, Royal catfish serta sebagian nama lokal seperti Carachama (spanyol), Acari-da-pedra (portugis) serta Panaque (Venezuela).

Untuk keluarga Loricariidae, Royal pleco atau Royal plecostomus ini dapat memiliki kode nama L yaitu L190 atau L027. L190 serta L027 adalah satu spesies, cuma saja L027 di market lebih ditujukan pada royal pleco yang datang dari sungai-sungai di Brazil yang memiliki variasi warna sedikit keemasan.

Royal pleco memiliki wujud fisik seperti umumnya keluarga pleco. Ukuran badannya bisa meraih panjang 43 cm. Badan ikan ini berwarna abu-abu jelas dengan garis-garis lengkuk berwarna abu-abu gelap. Mata ikan berwarna merah hingga kontras dengan warna badannya. sebagian variasi spesies ini memiliki warna yang tidak sama seperti warna basic badan yang condong keemasan. Sirip punggung ikan lebar dengan tepian sirip berwarna krem serta keemasan. Kepala ikan ini relatif besar apabila di banding pleco type lain dengan kulit yang kaku, keras serta tiada sisik. Royal pleco tidaklah perenang handal lantaran badannya yang berat serta tak fleksibel, tetapi mereka memiliki mulut penghisap yang kuat hingga dapat bertahan di bebatuan atau kayu waktu arus air benar-benar kuat. Seperti genus panaque yang lain, ikan ini dilengkapi dengan gigi sendok yang tajam dengan sisi ujung yang lebih lebar. Ikan ini dapat dilengkapi dengan buccal papilla yakni kulit penutup yang ada dalam mulut.

Royal Pleco

Untuk perawatan di aquarium, royal pleco memerlukan tangki yang lebar lantaran ukuran badannya yang dapat tumbuh besar. Untuk seekor ikan muda sekurang-kurangnya memerlukan aquarium dengan panjang 60-80 cm. Sedang untuk ikan dewasa memerlukan aquarium memiliki ukuran panjang 150-200 cm dengan tinggi serta lebar 60 cm. Penyediaan ukuran aquarium yang lebar juga dikarenakan ikan yang berbentuk teritorial. Aquarium yang terlampau sempit bakal bikin ikan sama-sama menyerang serta bisa mengakibatkan luka kronis. Setting aquarium dengan sedikit sinar atau perbanyak tempat bersembunyi.

Kayu besar atau yang banyak cabang benar-benar pas untuk dekorasi aquarium. Pemberian tanaman yang berdaun keras untuk dekorasi akan bikin ikan makin nyaman. Air sebaiknya lunak dengan pH 6-7 serta suhu 22-300C. Ikan ini memerlukan oksigenasi yang benar-benar baik terlebih di level basic air. Filtrasi mesti cukup kuat lantaran ikan bakal buang banyak kotoran sesudah makan. Royal pleco memiliki ciri-ciri pendamai. Ikan-ikan non agresif atau semi agresif yang lain bakal pas apabila jadikan tankmate seperti cichlid maupun barb. Janganlah campur dengan ikan yang benar-benar agresif lantaran bakal melukai ikan

Ikan yang memiliki persamaan kata nama latin Chaetostomus nigrolineatus ini memiliki karakter herbivora. Di habitat aslinya, mereka bakal mengonsumsi beragam material tanaman dimulai dari kayu yang busuk, alga serta beragam vegetasi air yang lain. oleh karenanya, berpikirlah lagi untuk merawatnya dalam aquascape. Untuk perawatan di aquarium bisa di beri makanan seperrti alga, mentimun, selada, bayam serta makanan tablet memiliki bahan sayuran. Ikan ini dapat terima pellet ikan tetapi tambah baik apabila pellet datang dari tanaman. Sebagian peternak menentukan membikinkan pellet sendiri yang datang dari variasi tanaman untuk makanan ikan ini.

Tehnik breeding royal pleco di aquarium adalah hal yg tidak umum. Persediaan ikan di market umumnya dipanen dari alam liar. Populasi ikan diprediksikan selalu alami penurunan lantaran penangkapan dengan cara liar di alam untuk di perdagangkan. Bila mau berusaha untuk memijahkannya, coba untuk bikin tiruan musim kering yang diikuti musim hujan di aquarium. Simulasi musim hujan bisa di buat lewat cara bikin air jadi lebih dingin, lebih lunak serta lebih asam. Air hujan bisa jadi alternatif waktu perubahan air untuk sistem memijah. Membedakan type kelamin pada pleco ini benar-benar sulit, umumnya sistem pembedaan bisa dikerjakan dengan lihat papilla. Bila papilla bulat serta tumpul bermakna berjenis kelamin betina sedang bila runcing serta kecil maka berjenis kelamin jantan.

Posting Komentar

 
Top