Ikan SIli
Distribusi & Habitat

Asia Tenggara, mencakup Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Thailand, Vietnam. Sili api menghuni lingkungan sungai yang mengalir lambat serta bersedimen halus. Di alam liar sili ini hidup pada area yang cukup luas yang meliputi beberapa besar Asia Tenggara. Mereka yaitu penghuni air sisi bawah yang menggunakan beberapa besar saat meraka untuk mengubur diri di basic sungai, kerapkali cuma tersisa moncong mereka yang tampak di air. Tetapi mereka yaitu predator yang rakus serta berburu mangsa di seluruh kedalaman.

Famili

Mastacembelidae (Synbranchiformes)

Ukuran

Di alam liar ikan ini bisa meraih lebih kurang 1, 2 mtr.. Tetapi umumnya di akuarium ukurannya lebih kecil. Panjang maksimum apabila di akuarium umumnya lebih kurang 55 cm.
Ikan SIli
Set-up Akuarium

Ikan muda biasanya bisa menyesuaikan dengan baik untuk akuarium komune. Sili api yang memiliki ukuran lebih kurang 15 cm bisa dipelihara dalam akuarium memiliki ukuran 60 cm serta berkapasitas lebih kurang 75 liter. Karakter mereka yang sukai menggali juga kadang-kadang bisa mencerabut tanaman air dan kayu bogwood.

Pakan

Cuma bisa di beri makanan hidup, seperti tubifex, bloodworm, jentik nyamuk, ikan kecil, dan udang.

Keadaan air

suhu air : 25-27 °C
pH : 6-7, 5

Kompabilitas

Sili api biasanya berbentuk pendamai, tetapi pada ikan yang dewasa mempunyai kecenderungan untuk bertarung dengan ikan lain dari spesies yang sama. Sili api terhitung ikan yang cerdas, mereka dengan cepat belajar mengetahui pemiliknya juga bisa terima makanan dari tangan pemiliknya.

Info

Seperti dengan type sili yang lain, sili api mempunyai jejeran duri-duri kecil pada punggungnya. Wujud badannya memanjang serta mempunyai moncong khas ikan sili. Warna dasarnya yaitu coklat atau abu-abu, sedang pada perutnya warnanya lebih terang. Setiap individu mempunyai pola yang tidak sama. Umumnya berbentuk sebagian garis atau bintik-bintik merah kekuningan pada badan. Garis merah ini beragam, bergantung pada umur atau keadaan individu. Ikan muda mempunyai corak berwarna kuning, yang bakal beralih jadi merah bersamaan bertambahnya umur mereka. Pemijahan ikan ini tergolong langka serta benar-benar susah. Ikan ini di jual dengan harga Rp. 50. 000, - untuk yang memiliki ukuran 20 cm.

Posting Komentar

 
Top