oscar albino

Ikan Oscar dengan nama latin (Astronatus Ocellatus) adalah type ikan air tawar yang datang dari sungai Amazone, Panama, Rio-Paraguay serta Tio-Negro Amerika Selatan, dan telah bisa dibudidayakan di Indonesia.

Ikan Oscar memiliki wujud serta warna yang menarik. kehitam-hitaman dengan batikan berwarna kuning kemerah-merahan. Tak seperti ikan hias lain, ikan oscar membutuhkan perlakuan sedikit spesial pada cara perkembangbiakannya, hingga ikan Oscar ini terhitung ikan yang benar-benar mahal. Untuk beberapa jenis oscar juga bermacam.
anatomy ikan oscar
Pemijahan
1) Penentuan Induk
Induk yang baik untuk dipijahkan telah berusia 1, 5 th. hingga 2 penentuan induk diawali waktu ikan Oscar tetap remaja (5 ~ 6 bln.), lewat cara mencampurkan 5 ekor jantan serta 5 ekor betina. Ikan Oscar remaja ini bakal mencari pasangannya sendiri-sendiri. maka kita pisahkan di bak sendiri hingga jadi induk.

2) Perbedaan Induk Jantan serta Betina
Induk Jantan Induk Betina
  • panjang tubuh relatif lebih panjang
  • induk yang sudah matang
  • lubang kelamin lebih besar

3) Cara Pemijahan
  • air yang sudah diendapkan sepanjang 12 ~ 24 jam setinggi 30 ~ 40 cm.
  • Sepasang induk Oscar yang sudah masak telur dimasukkan ke dalam bak.
  • Pada tiap-tiap kolom di beri batu gepeng yang berwarna gelap.
  • Telur yang ada diatas batu gepeng itu yang sudah dibuahi diangakat dimasukkan ke dalam aquarium untuk ditetaskan. Aquarium memiliki ukuran 70 x 40 x 40 cm3 di isi air setinggi 10 cm, untuk telur sepasang induk.
  • Usai 3 hari umumnya telur-telur mulai menetas.

Pemeliharaan Benih
Benih ikan ini hingga berusia 4 hari belum butuh di beri makan, lantaran Pada hari ke 5 benih di beri makanan Rotifera. 3) Pada hari ke 10 telah dapat di beri kutu ari yang sudah disaring. Sesudah berusia 2 minggu benih mulai di beri kutu air tiada disaring serta Benih telah bisa dipindahkan ke bak/kolam yang lebih luas sesudah berusia 25 hari.

Pembesaran
Pembesaran ikan dikerjakan sesudah benih berusia 25 hari. Benih yang dihasilkan kurang lebih 1000 s/d 3000 ekor untuk satu kali Bak yang dipakai memiliki ukuran 2 x 1 x 1 m3, serta di isi air setinggi 20 - 25 cm.

Untuk pertama kali pembesaran bisa ditebar lebih kurang 300 ekor ikan. Untuk kurangi teriknya matahari pada siang hari, didalam bak di beri tanaman air seperti eceng gondok serta Hidrilla Verticilata. Untuk menghindar masuknya air hujan terlampau banyak, di bagian atas bak ditutup beberapa dengan seng plastik. Penjerangan dikerjakan sesudah benih ada di bak sepanjang satu bulan dengan jumlah jadi 200 ekor Makanan yang didapatkan berbentuk cacing rambut. Sesudah ikan berusia 5 ~ 6 bln., ikan telah bisa diambil untuk jadikan induk

Posting Komentar

 
Top