albino oscar
Penyakit pada Ikan Oscar | Akuarium Hias -Penyakit paling umum ini yaitu lubang di kepala, atau HITH. HITH bisa berkembang cepat bila tak diobati, serta kerap fatal bila meraih step akhir tiada aksi.

Gejala
HITH ditandai oleh awal yang kecil, lesi bulat di muka ikan, yang terkena efek umumnya, di bagian insang serta mulut. Untuk perubahan penyakit, lesi jadi semakin besar serta menyatu, pada akhirnya berkembang jadi lubang menganga di kepala ikan serta garis lateral. Ikan dapat juga jadi lesu serta tak nafsu makan.

Penyebab
Penyakit ini nyaris senantiasa dikarenakan oleh keadaan air standard atau mutu makanan. Sebagian studi tunjukkan itu yaitu serupa dengan penyakit kudis pada manusia, satu keadaan yang berkembang sesudah kekurangan vitamin berkelanjutan, tetapi kemungkinan gabungan dari faktor-faktor yang mengakibatkan munculnya penyakit, serta ada dampak pada jumlah ikan yang ada dalam satu wadah (apabila terlampau banyak mengakibatkan mutu air rendah serta stres tinggi).

Pengobatan
Penyembuhan HITH mesti diawali dengan pergantian 30 % air dikerjakan tiap-tiap tiga hari, dalam gabungan dengan mutu makanan yang meningkat, seperti inginalan pelet Cichlid seimbang. Bila penyakit sudah berkembang ke stadium lanjut, metronidazol bisa menolong menyembuhkan infeksi sekunder.

Pencegahan
HITH gampang dihindari dengan melindungi mutu air yang baik serta tawarkan diet yang seimbang, terbagi dalam ke-2 pelet atau makanan beku atau hidup. kerap uji parameter air untuk meyakinkan bahwasanya amonia, nitrat serta nitrit semua tinggal 0 ppm. Berikanlah banyak ikan anda area untuk berenang serta banyak area persembunyian untuk mematahkan garis pandang pada ikan didalam tangki.

Keadaan lain
Penyakit yang kerap di temui seperti infeksi jamur. Ikan dengan infeksi jamur mesti selekasnya dikarantina untuk hindari penyebaran penyakit pada ikan.

Posting Komentar

 
Top