Mengenal Belut Moray | akuariumhias - Belut moray sesungguhnya yaitu himpunan banyak belut daro (famili Muraenidae). Moray memiliki 200 type tidak sama serta satu diantara salah satunya, moray air tawar (Gymnothorax polyuranodon), dapat ditemukan di air tawar. Biasanya badan moray bermotif bertotol-totol serta berwarna cerah. Hal semacam ini dijadikannya untuk fasilitas membuat perlindungan diri. Moray tetap tergolong grup ikan walau memiliki bentuk serupa ular. Tidak sama dengan wujud ikan biasanya, badan moray seperti belut yaitu sisiknya demikian kecil serta siripnya memanjang. Moray memiliki panjang badan 1 sampai 3 mtr. Dengan berat kian lebih 36 kg. Moray terpanjang yg sempat ditemukan yaitu moray raksasa slender (Strophidon sathete) dg panjang meraih 4 mtr.. Moray hidup dengan cara soliter, menyebar di semua perairan tropis dunia, terhitung Indonesia.


Moray menggunakan waktunya dg bersembunyi di balik karang bebatuan, umumnya mereka cuma bakal tunjukkan kepalanya saja sembari memamerkan mulutnya yang lebar dibarengi gigi-gigi runcing tajam hingga mereka tampak menyeramkan. Dengan gigi tajamnya itu, moray bisa menyebabkan luka serius untuk beberapa penyelam yang menganggu atau coba bermain-main dengannya. Namun serangan ini benar-benar jarang berlangsung, karena mereka pada prinsipnya adalah hewan yg tidak agresif serta hewan pemalu. Mereka aktif saat malam hari untuk melacak makan berbentuk bintang laut, gurita, cumi-cumi serta kadang-kadang makanan bangkai juga disantap juga.

Keunikan dari moray yaitu mereka sering kali berdampingan dengan sejenis udang " pembersih ". Mereka berkeliaran di sekitar mulutnya serta membersikan mulut moray dari sisa-sisa makanan. Udang itu mengonsumsi sisa makanan moray supaya sisa-sisa makanan moray tak membusuk disela-sela gigi moray.

Posting Komentar

 
Top