Header Ads

Bumblebee Goby

Bumblebee Goby

Bumblebee Goby | akuariumhias -Ikan ini datang dari Thailand, Vietnam, serta Indonesia sisi barat. Kebayakan ikan ini hidup di daerah estuaria atau muara sungai, memiliki ukuran sekitar 4 - 5 cm.

Set-up Akuarium

Bumbleebee Goby yaitu ikan yg tidak terlampau memerlukan area yg luas. Ikan ini bisa diletakkan dalam tangki yg memiliki ukuran kecil apabila dipelihara dengan cara berpasangan. Akuarium yg dipakai untuk ikan ini memiliki ukuran sekurang-kurangnya cukup 30x20x20 cm atau berkapasitas 12,5 liter saja. Ukuran akuarium yg semakin besar lagi dibutuhkan apabila memeliharanya dengan cara berkelompok. Ikan ini bisa hidup di air tawar sepanjang sebagian sebelum selanjutnya kondisinya memburuk atau jatuh sakit lalu lalu mati. Memanglah lantaran sesungguhnya habitat asli ikan ini ada di perairan payau hingga tak demikian pas apabila diletakkan di air tawar, walau di alam liar kadang-kadang ikan ini ditemukan di air tawar. Karenanya keadaan air dalam akuarium mesti sedikit payau lewat cara memberikan air laut kurang lebih lebih kurang seperempat dari volume akuarium. Sebisa-bisanya, siapkan banyak area persembunyian seperti pipa, tabung plastik panjang, kayu (bogwood), pot bunga kecil atau bebatuan lantaran ikan ini benar-benar teritorial. Substrat yg paling baik untuk ikan ini yaitu pasir. Gerakan air juga di buat minimum lantaran ikan ini suka pada keadaan air yg tenang.

Bumblebee Goby
Pakan

Bumbleebee goby umumnya menampik di beri pakan kering, hingga pakan paling baik untuk ikan ini yaitu pakan hidup seperti bloodworm, daphnia, atau brine shrimp.

Keadaan air

temperatur air : 24° - 30° C
pH : 7, 5 sampai 8, 5

Kompabilitas

Meskipun ikan ini berperangai pendamai tetapi ikan ini yaitu ikan yg teritorial. Tambah baik dipelihara dengan cara berkelompok. Ikan ini dapat juga dipelihara berbarengan ikan air payau yang lain yg kecil dan pendamai seperti halfbeaks, glassfish, molly, atau spesies goby yang lain, tetapi tambah baik ikan ini dipelihara dalam akuarium spesies dengan cara berkelompok. Sekurang-kurangnya ada 6 ekor goby dalam satu akuarium spesies. Apabila menempatkannya dalam akuarium komune janganlah memeliharannya berbarengan ikan yg memiliki ukuran jauh semakin besar atau lebih agresif supaya goby ini tak jadi mangsa untuk ikan itu.

Info

Tubuhnya berupa memanjang dengan warna kuning serta hitam yg berselang-seling hingga ikan ini dinamai "bumblebee" atau ikan tawon. Ikan ini umumnya berenang dengan cara perlahan di basic akuarium. Sesungguhnya ada sembilan spesies dalam genus Brachygobius yg sudah ditemukan. Sebagian salah satunya kerap diimpor sbg ikan hias serta dijual dengan nama " Bumblebee goby ". Spesies B. xanthozona yaitu yg paling populer, type ini bisa dikenali dengan cara jeli lewat cara mengkalkulasi tulang sirip anal. Tulang sirip anal pada type ini sejumlah delapan. Tetapi sayangnya, umumnya ikan-ikan dalam genus Brachygobius ini dijual dengan nama yg sama hingga kita tak bisa tahu dengan cara persis terhitung type apa ikan itu. Ikan ini dijual dengan harga lebih kurang Rp. 5000, -.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.