ikan frontosa

Ikan Frontosa  | akuariumhias -Ikan ini tumbuh sampai 35 cm serta nonong kepalanya. Badan belang hitam – putih serta kebiruan. Ikan betina umumnya tak memiliki nonong. Cuma ada satu type dalam 1 marga namun banyak varian dalam hal warna lantaran aslinya yang tidak sama. Ada sebagian varian warna lantaran area yang tidak sama, salah satunya varian Burndi, Zambian, Mpimbwe, Kasanga Blue, Ikola, Samazi, serta Zaire.
 ikan frontosa
Frontosa terdiri dari sebagian type, salah satunya :
  • Frontosa yang mempunyai enam strip itu umumnya yang banyak dijual market. Type ini datang dari daerah Burundi. Lima strip ada dibagian tubuh serta satu strip dibagian kepala.
  • Type yang mempunyai tujuh strip datang dari Kigoma. Enam strip ada di tubuh serta satu melintasi bola mata. Type ini mempunyai warna yang agak kekuningan dibagian “punggung” (sisi atas dekat sirip atas).
  • Sedang yang datang dari Zambia mempunyai enam strip serta satu strip yang lebar lebih kurang “hidung”.
  • Type selanjutnya datang dari Mpimbwe di Zaire. Yang ini mempunyai enam strip.
  • Type yang paling akhir ditemukan di lebih kurang Kilipi di Tanzania. Type ini diberitakan untuk persilangan pada yang datang dari Kigoma serta Zambia.
Status konsiervasi tak tercatat. Distribusi serta habitat di alam cuma ada di Danau Tanganyika, di daerah Burundi, Zambian, Mpimbwe, Kasanga, Ikola, Samazi serta Zaire. Ikan siklid Afrika ini bernilai mahal untuk ikan hias lantaran pertumbuhannya benar-benar lambat. Banyak dikoleksi penghobi. Sebagian type nilainya sampai jutaan rupiah. Frontosa berkembang biak dengan mengeram di mulut dengan jumlah telur kurang dari 100 butir.
ikan frontosa

Ikan hias type Frontosa agak jarang didapati, di pedagang ikan hias umumnya cuma ada satu atau dua ekor saja dalam satu akuariumnya. Perawatannya juga tak gampang, lantaran ikan ini umum hidup di PH yang basa serta banyak memiliki kandungan mineral seperti kehidupannya di danau tanzania yang berbatu-batu. Ikan ini cuma disenangi oleh beberapa hobbiest saja. Corak warna yang garis-garis memanglah serupa ikan nineteenine ini yaitu ikan yang agak gampang digabung sesamanya dengan ukuran tubuh yang sama. Frontosa bakal jadi menarik untuk dipandang apabila telah meraih dewasa atau lebih kurang kian lebih 15 cm. Jenong besar di kepala untuk yang pejantan bakal bikin berwajah serupa kera/monyet. Garis warna biru hitamnya (zaire) terlihat indah dilihat mata. Saat tetap ukuran kecil, lebih kurang 2 cm sampai 5 cm, serupa dengan Cichlid Tilapia butikoferi. Terkadang penjual yg tidak jujur, kerap jual ikan type ini untuk anakan frontosa.
Ikan Frontosa jenis kigoma. Type ini yang paling banyak beredar dipasaran Indonesia. Untuk type yang berwarna biru indah diantaranya F. Moba, F. Kipili Blue, F. Zaire serta F. Blue Kapampa. Yang biru gelap varian dari Frontosa Kongo. Varian yang teranyar yaitu biru polos, namun birunya tak sebiru type diatasnya. juga saat surfing di net, ada yang hitammnya meraih 85% di kiri kanan tubuhnya. Barangkali ini yaitu hasil mutasi gen.

Posting Komentar

 
Top