Header Ads

Cara Memelihara Ikan Cupang Hias

Cara Memelihara Ikan Cupang Hias | akuariumhias -  Panduan pelihara cupang hias (akuariumhias) -Seperti pemeliharaan ikan hias umumnya, mutu air yg digunakan di dalam pemeliharaan ikan cupang harus cocok dng syarat hidupnya sampai perubahan dan perubahannya bisa jalur dng optimal.


a. Derajat keasaman (ph)
Derajat keasaman dapat didefinisikan sbg besarnya kandungan hidrogen di dalam air, disebut juga pondus hydrogenii (ph). jalinan ph dng kehidupan ikan sangat masat. titik kematian ikan biasanya berjalan pd ph 4 atau asam dan ph 11 atau basa. demikian juga reproduksi atau pergantian ikan dan ada bibit penyakit sangat bergantung pd ph.

Dihabitat aslinya, ikan cupang sangat cocok berkembang dng kondisi air yg memiliki ph sebesar 6, 2 - 7. sesaat itu, air tanah di indonesia umumnya memiliki ph sebesar 5, 2-6, 8. karena itu, seringkali ke di dalam air yang bisa digunakan harus ditambah kapur bordo beberapa 2 ml per 1 liter air agar terwujud ph ideal. namun, jika air yang bisa digunakan tergolong memiliki ph diatas netral, sebagian hobiis dan peternak memakai daun ketapang atau palaqium clarkeanum utk menggapai ph ideal.

Untuk tahu ketepatan ph air yang bisa digunakan dapat ditangani pengukuran simpel memakai kertas lakmus yg dapat diperoleh dng gampang di sebagian toko kimia. Ketidak idealan ph air yg dipakai utk budi daya cupang hias bisa sangat mempunyai dampak pd tingakt pergantian dan perubahan ikan tsb. indikasi awal yg mungkin sajakan basic berkenaan dng ketidakidealan ph air ini dapat dipandang dari tingkah laku cupang hias peliharaan.
  • tdk memiliki nafsu makan
  • langkah berenangnya tdk stabil, gelisah atau sradak-sruduk
  • tdk bisa berkembang biak atau bertelur.
  • perubahan terhambat.

b. Amonia dan nitrit
Amonia yakni gas buangan hasil metabolisme ikan, baik sisa kotoran ataupun sisa pakan. sisa pakan umumnya membusuk sampai buat kandungan amonia di dalam air meningkat. kandungan amonia yg tinggi bisa menyebabkan ikan keracunan atau mabuk.

Nitrit yakni gas yg sangat beracun. nitrit yakni hasil perompakan protein yg dimaksud segi dari amonia. air yg kotor dng tingkat penyebaran ikan yg banyak umumnya mempunyai kandungan nitrit yg tinggi.
utk kurangi kandungan 2 zat tsb dapat ditangani dng langkah penggatian air dng teratur, pemberian aerasi, penguapan, atau reaksi kimia dng nitrogen.

c. Oksigen terlarut
Oksigen yakni unsur terlebih di dalam kehidupan organisme. kehadiran oksigen ada di udara maupun terlarut di dalam air. beberapa factor yg mengubah besar kecilnya oksigen terlarut di dalam air salah satunya sebagai berikut :
  • Ada pergerakan dipermukaan air, perumpamaannya riak atau gelombang, bisa mempercepat sistem difusi.
  • Makin tinggi suhu, makin sedikit oksigen terlarut.
  • Makin tinggi satu area makin rendah tekanan udaranya sampai makin rendah juga kandungan oksigen terlarut.
  • Makin tinggi kandungan garam, makin sedikit oksigen terlarut.
  • Sinar dan tanaman hijau sangat membantu. namun walau banyak tanaman hijau, jika sinar matahari kurang maka oksigen terlarutpun semakin sedikit
Selama ini, ikan cupang di kenal memiliki daya tahan yg baik pd rendahnya oksigen terlarut di dalam air. tentang ini dimungkinkan karena ikan cupang terhitung ikan labirin, yaitu bisa mengambil oksigen lekas dari udara. namun, pastinya bisa makin baik jika kandungan oksigen terlarut makin banyak.

Kandungan oksigen terlarut yg terlampau rendah dapat menyebabkan penurunan nafsu makan, sirip tdk berkembang sempurna, dan wujud tubuh tdk menarik pd ikan cupan peliharaan.

Ikan cupang hias yakni ikan tropis, lalu mereka sangat senang air yg hangat, tetapi tdk terlalu hangat.

Kisaran suhu air optimal utk ikan cupang anda yakni 23-25 derajat celcius. penurunan suhu sampai 21 c atau kenaikan sampai 27 c terus dapat ditolerir, tetapi 27-30 derajat biasanya digunakan utk aquaruim area tinggal sakit di mana anda memisahkan ikan yg sakit dan berikan obat utk penyakit spesifik. pelihara ikan anda di hangat dan lebih enjoy bisa benar-benar barangkali mereka bisa sembuh lebih cepat.

Apabila anda buat air terlalu dingin, sistem kekebalan tubuh ikan anda bisa terganggu dan penyakit bisa menyerang ikan cupang hias. apabila anda buat air yg terlalu hangat, bakteri bisa tumbuh dan buat air tercemar sampai ikan bisa sulit bernafas. berkepanjangan, stabil, dan terlebih air suhu di dalam kisaran yg cocok bisa sangat membantu memikul kesehatan dan kesejahteraan ikan cupang hias. dia bisa membalas dng keindahannya.

Ikan cupang hias anda bisa lebih aktif waktu anda membuat perlindungan suhu air dng cocok untuk mereka. mereka bisa jadi normal, responsif, dan mereka dng senang hati menari2 untuk anda. waktu anda membuat perlindungan kesehatan ikan cupang hias anda dng sistem kekebalan tubuh yg sehat. maka anda bisa tengok warna sejati mereka - dng harfiah dan kiasan.

Sebagian type pakan alami
Jenis dan langkah pemberian pakan pd cupang hias tidaklah rumit. cupang hias memerlukan protein utk kekuataun dan pembentukan tubuh, juga memerlukan vit. dan mineral mutlak yg lain utk aktivitas dan membuat perlindungan daya tahan tubuhnya. jenis pakan alami yg sangat cocok utk pergantian dan perubahan cupang hias salah satunya cuk atau jentik nyamuk, kutu air, cacing sutra, dan infusoria. walau saat ini ini di kenal juga pakan buatan, perumpamaannya tubifex worm, tepung artemia salina, dan frozen bloodworm, tetapi sebaiknya jadi pilihan sangat akhir utk digunakan. Saat yg cocok utk berikanlah pakan yakni jam 10. 00 dan jam 16. 00.

a. Encuk
Encuk atau jentik nyamuk pd area beriklim tropis seperti indonesia, berkembang dng subur. jentik nyamuk banyak disinyalir bisa menghidupkan tenaga dan mencemerlangkan warna cupang hiar. pemberian yg teratur cocok kebutuh cupang hias buat tubuh ikan terlihat lebih atletis dan seimbang.

b. Kutu air
Sebenarnya yg selam ini di kenal sebagi kutu air tidaklah kut, namun udang renik cladocera. kutu air sangat mempunyai dampak pd perubahan sirip cupang hias, yaitu bisa membuatnya tumbuh lebih lebar dan panjang. namun, harus diingan, jangan sampai berikanlah kutu air hitam atau cyccllopspada burayak cupang hias karena dapat menyebabkan kematian.

c. Cacing sutra
Cacing sutra (tubifex sp.) atau sering disebut cacing rambut yaitu pakan yg sangat akrab utk ikan hias, demikian juga cupang hias. namun, utk cupang hias yg siap bertelur, cacing sutra sebaiknya tdk diberikan karena kandungan lemaknya dapat menyumbat saluran telur sampai menghambat sistem kematangan kelamin cupang hias. cacing ini hidup didasar perairan yg banyak mempunyai kandungan bahan organik seperti comberan. sekilas caing ini sama benang kusut berwarna merah.

sebelum akan digunakan sebaiknya cacing sutra dibersihkan terutama dahulu agar bibit penyakit yg mungkin ter bersamanya tdk ikut termakan cupang hias.

d. Infusoria
Pakan alami ini yaitu jada renik yg sangat kecil, memiliki ukuran 0, 04 - 0, 1 mm, sampai tdk dapat terlihat dng mata telanjang. karena itu cocok diberikan pd burayakyang baru menetas waktu cadangan makan yg datang dari kuning telurnya habis.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.