Home » , , » Setting Akuarium Air Laut

Setting Akuarium Air Laut

Written By dodo muncar on Minggu, 25 November 2012 | 21.12

Kadang kita beranggapan bahwa akuarium air laut beserta isinya lebih mahal daripada akuarium air tawar,hal ini tidak sepenuhnya benar. ikan air laut ( serta penghuni laut yang lain ) dengan justru lebih murah dibanding dengan ikan air tawar. Lho koq bisa ?, mengapa demikian yaitu dikarenakan ikan laut tak perlu dibudidayakan tetapi tinggal dipanen saja. Karena di habitat aslinya sana ikan hias laut bisa lebih cepat berkembang ketimbang dibudidayakan.

Nilai kemahalan dapat berlangsung pada waktu anda lakukan penentuan pada peralatan pendukung. dikarenakan peralatan ini dapat memiliki kisaran harga dengan rentang variasi harga dapat besar. walau demikianlah untuk mereka yang suka merakit peralatan sendiri, penekanan cost dapat dikerjakan dengan baik.

Tidak bisa dipungkiri bahwa memelihara akuarium laut membutuhkan perhatian lebih dibanding memelihara akuarium air tawar, dikarenakan layaknya diketahui air laut adalah “larutan kimia” yang terdiri dari beragam type bahan terlarut dengan kandungan yang relatif tinggi. oleh dikarenakan itu, kerap dijelaskan bahwa kesuksesan saat memelihara akuarium laut amat ditentukan oleh pengetahuan tentang karakter kimia air laut serta waktu yang bisa diluangkan untuk merawatnya.

Saat memelihara aquarium laut alangkah sebaiknya dimulai dengan rencana yang baik. awalilah dengan merancang tema yang dapat dihadirikan. anda dapat menentukan pada memelihara akuarium ikan saja, akuarium koral saja, atau akuarium gabungan pada keduanya. tiap-tiap mempunyai kriteria yang relatif tidak sama.

Satu perihal yang butuh jadi perhatian, yakni bersabarlah saat memulai membangun akuarium laut. sesudah anda memastikan tema serta menyusunnya serta sesudah anda mengisinya dengan air laut biarlah akuarium laut tersebut sekian waktu barangkali lebih kurang 4hari -1 minggu supaya airnya normal serta untuk membentuk ekosistem yang stabil. janganlah buru-buru memasukan mahluk hidup apa pun sebelum saat anda meyakini keseimbangan ekosistemnya sudah terjalin dengan baik. . jauhi berlangsungnya “new tank syndrome”, hingga anda tak perlu kecewa. untuk pemula sebainya tentukan ikan yang cukup kuat layaknya damshell, nemo, atau dakocan. barangkali bila ada ikan balongan ( clown fish ) dapat dimasukkan dengan jumlah yang terbatas. serta didalam pemakaian pakan dapat memakai cacing sutra atau udang rebon beku.
Sebenarnya apa saja sih yang dibutuhkan untuk bikin sesuatu aqua laut ? 
Peralatan utama aquarium laut :
  • Akuarium.Ukuran yg baik itu sekurang-kurangnya 1 meter,namun jika mau buat aqua imut juga bisa.
  • Sump / refugium ( filter ).Sump itu sebenarnya satu area penampungan air dari aqua utama untuk dibersihkan dari kotoran ( dgn skimmer ), di netralkan kandungan amoniaknya ( dgn pertolongan skimmer, bioball, dan lain-lain ), diturunkan kandungan nitratnya ( dgn bakteri atau denitrator ), serta di dinginkan suhu airnya ( dgn chiller ). disamping itu didalam sump itu sendiri umumnya ada satu area yg berperan sebagai refugium yg datang dari kata refugee atau pengungsian, lantas berperan sebagai area penampungan sesaat atau area melakukan perbaikan mutu air atau dapat juga area penampungan / stabilisasi ikan atau coral yg baru dibeli. didalam refugium itu dapat ada live rock serta pasir laut.

Skema dari sump :


Skimmer
untuk mengangkat lemak2 serta kotoran yg terdapat didalam air laut yg dapat menyebabkan tingginya kandungan amoniak, nitrit serta nitrat dgn langkah bikin air laut itu jadi buih atau busa2 halus, lantas kotoran yg terjebak didalam buih2 tersebut dapat di buang ke area penampungan.

Calcium reactor
berperan sebagai supply kandungan kalsium ke didalam air laut, dikarenakan air laut memerlukan kandungan kalsium yg tinggi untuk perkembangan coral atau binatang  laut yang lain.
Coil denitrator
berperan menetralkan kandungan nitrat yg beresiko untuk semua mahluk laut yg ada di aquarium tersebut.
Chiller
berperan untuk turunkan / mendinginkan suhu air laut di aquarium, krn beberapa besar coral serta ikan laut memerlukan suhu yg cukup dingin untuk kehidupannya.

Pompa air
berperan untuk mengembalikan air dari sump ke aqua utama, pompa juga diperlukan oleh skimmer, lantas dapat dikatakan keperluan dapat pompa dapat kian lebih 1 buah didalam 1 aquarium.

lain-lain :
contohnya : ph / kh tester, calcium tester, amoniak/nitrit. nitrat tester, thermometer, salinity tester, tambahan2 bahan kimia yang lain sebagai supplemen mineral ke didalam air laut, bioball, bakteri starter.
Lampulampu bertindak amat mutlak untuk coral serta mahluk lain untuk berfotosintesis
lampu yang bagus untuk aqua laut yaitu lampu yg dapat menirukan cahaya matahari dgn ukuran 10 ribu hingga 20 ribu derajat kelvin.
perumpamaannya : lampu metal halide ( mh ) 75-150 watt, 20 ribu kelvin
Saat mempersiapkan akuarium laut, diperlukan kesabaran yg cukup agar akhirnya cocok dgn yg kita kehendaki.
bagian yang perlu dikerjakan yaitu :
A. Dekorasi serta pemasangan peralatan.
  1. Masukkan pasir laut kasar setebal 1-3 cm ke basic aquarium, lantas dilapisi dgn pasir laut halus setebal 2-3 cm.
  2. Masukkan live rock atau karang hidup lantas susun cocok dekorasi yg di idamkan.
  3. Lantas isikan air laut dengan perlahan-lahan supaya pasir tidak berhamburan kacau balau. hingga air penuh mendekati bibir akuarium.
  4. Siapkan aquarium sump yg posisinya ada di bawah aquarium display ( utama ).
  5. Lantas gunakan seluruh perlengkapan, layaknya skimmer, bioball, denitrator, calcium reactor serta chiller.
  6. Imbuhkan juga pasir laut serta liverock didalam refugium. dapat juga ditambah rumput asam yg berperan untuk turunkan amoniak/nitrat dengan alami.
  7. Janganlah lupa menempatkan lampu, dikarenakan peran lampu itu amat mutlak.
B. Recycling
Bila air laut telah dimasukkan ke aquarium, maka setelah itu butuh dikerjakan cycling yang mempunyai tujuan bersihkan air laut dari kotoran serta zat kimia beresiko serta juga untuk menumbuhkan kehidupan layaknya plankton, copepod serta bakteri yg diperlukan untuk ekosistem air laut. janganlah memasukkan mahluk hidup apapun sepanjang sistem cycling. untuk mempercepat sistem perkembangan bakteri, ada juga yang memberikan bakteri hidup ( mis. bactopur ) ke didalam sump di bagian bioball, di mana bioball itu sebenarnya adalah area berkumpulnya bakteri pengurai.

Cycling dikerjakan dgn langkah menggerakkan aliran air dari aqua utama ke sump dibarengi dgn menggerakkan perlatan yang lain layaknya calcium reactor serta denitrator serta bila menurut teori cycling mesti dikerjakan terus-terusan sepanjang lebih kurang 1 bln. lamanya, namun pada prakteknya ada yg menggerakkan cycling cuma 2 minggu atau apalagi 1 minggu.
tujuan menggerakkan sistem cycling itu juga sebenarnya untuk menghidupkan lingkaran sistem penguraian amoniak, nitrit serta nitrat oleh bakteri pengurai.
Lingkaran prosesnya yaitu : amoniak itu umumnya dihasilkan oleh kotoran atau sisa2 makanan yg membusuk yg diurai oleh bakteri hingga membuahkan amoniak, lantas amoniak ini juga diurai oleh bakteri hingga membuahkan nitrit, lantas nitrit itu juga diurai lagi oleh bakteri pengurai nitrit hingga membuahkan nitrat yg beresiko bikin kehidupan di aqua.

sumber referensi : hewanpeliharaan(dot)wordpress(dot)com


Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger