Header Ads

Penyakit Pada Ikan Hias


Kerapkali hobbies ikan hias alami masalah didalam pemeliharaan ikan hias yang dikarenakan beragam jenis hama serta penyakit. kerapkali kurangnya pengetahuan serta keterlambatan penanggulangan atau ada kekeliruan pemberian obat mengakibatkan kematian ikan hias yang paling disayangi. 

Dengan garis besar penyakit ikan hias bisa di grupkan jadi tiga type pemicunya, yaitu : parasit, bakteri, serta virus, tak hanya akibat ikan hias alami stress yang berkepanjangan, teruma pada ikan hias yang gampang stess contohnya ikan koi 

Di antara seluruh pemicu penyakit ikan hias yang sangat beresiko yaitu penyakit yang dikarenakan oleh virus, jika tidak segera diobati dapat mengakibatkan kematian kurun waktu singkat cuma didalam satuan hari, serta bisa jadi wabah yang mengakibatkan kematian massal apabila ikan hias yang terjangkit tidak segera di karantina serta di obati. 

Saat melakukan penyembuhan pada ikan hias yang sakit sebaiknya kita mesti terlebih dulu mengetahui type penyakit serta pemicunya hingga bisa dengan pas berikan obat yang cocok dengan penyakit yang terkena. pemberian obat yang salah bisa menyebabkan perihal yang fatal pada ikan hias apalagi bisa mengakibatkan kematian pada ikan hias. 

Di bawah ini sebagian type penyakit yang biasa menyerang ikan hias :


Ikan koi terhitung di antara type ikan hias yang amat rawan pada penyakit. apalagi pada satu tahun lebih yang lantas pemerintah dulu mengeluarkan aturan untuk stop lakukan impor ikan koi dikarenakan disinyalir ada sebagian type penyakit yang menular yang dibawa oleh ikan - ikan koi impor tersebut. meskipun rawan pada banyak type penyakit, tetapi apabila kita tahu serta mengerti penyakit - penyakit pada ikan koi serta langkah mengobatinya, maka kita tak perlu mempunyai rasa cemas yang terlalu berlebih pada ikan koi punya kita. 

di bawah ini yaitu penyakit - penyakit pada ikan koi serta langkah mengobatinya : 


1. Busuk sirip serta ekor 

Penyakit ini dikarenakan oleh bakteri aeromonas hydrophylla. butuh diketahui bahwa bakteri type ini umumnya melekat di bagian tubuh ikan yang terluka hingga dapat mengakibatkan infeksi yang bisa berkembang dengan amat cepat. 

Langkah menyembuhkan : 

pakai fenoksietanol, nitrofurazon/kloramin. campur ke-2 bahan tersebut sejumlah 1gr per 1 kg pakan 

2. Jamur saprolegnia 

Sinyal utama bahwa seekor ikan koi terinfeksi penyakit ini yaitu terdapatnya serabut serupa kapas yang berwaran kehijauan. serabut ini dikarenakan oleh ada ganggang / alga pada air kolam. 

Langkah menyembuhkan : 

masukkan ke didalam air kolam larutan 2 sendok makan abate ditambah dengan 4 sendok makan garam dapur untuk kolam yang berukuran 2 kali 3. ulangilah sampai 3 - 4 kali hingga serabut yang ada pada tubuh ikan koi tersebut hilang 

3. Cacing kulit 

Penyakit ini dikarenakan oleh type cacing gyrodactylus sp. ciri - ciri koi yang terkena penyakit ini yaitu koi senantiasa emnggosok - gosokkan tubuhnya ke benda - benda keras yang ada didalam kolam 

Langkah menyembuhkan : 

Rendam koi ke didalam 10 liter air yang sudah diberi antiparasit layaknya malacite green 2% sepanjang 10 menit 

4. Kolumnaris 

Penyakit yang dikarenakan oleh bakteri fexibacter columnaris ini bikin mulut koi jadi terlihat putih. penyakit ini populer cepat sekali emnular ke koi sehat lainnya 

Langkah menyembuhkan : 

Pisahkan koi yang sudah terinfeksi penyakit ini. tempatkan koi pada kolam yang diisi air bersih serta taburi garam sejumlah 10% dari jumlah volume air. sterilkan peralatn yang dipakai dengan larutan fenoksietanol atau dapat juga emnggunakan nifuropirinol 

5. Dropsi 

Ciri koi yang terinfeksi penyakit ini yaitu sisik yang terkelupas serta ada pembengkakan pada jaringan tubuh koi hingga mengakibatkan koi sukar berenang serta mengakibatkan koi sesak nafas 

Langkah menyembuhkan : 

berikanlah larutan anti bakteri atau garam dapur pada kolam. apabila pingin akhirnya lebih maksimal, kita dapat memberikan asam oksilin yang dicampurkan pada pakan ikan koi.


6. Katarak 
Apabila mata ikan anda ada selaput abu-abu atau putih, maka barangkali ikan anda mengidap katarak. ada sebanyak perawatan yang spesial dibikin untuk katarak terhitung aquatronics serta eye fungex. kuncinya yaitu meyakinkan level amonia serta nitrit pada batas yang bisa di terima. dikarenakan katarak pada ikan berlangsung dikarenakan perkembangan jamur, maka meneteskan fungisida ke didalam akuarium dapat amat berguna.

7. infeksi bakteri eksternal 
Apabila ikan anda menderita infeksi bakteri eksternal, maka dapat nampak titik merah atau orange pada tubuh ikan. disamping itu, barangkali akan nampak coretan merah pada tubuh ikan, pembengkakan, atau susunan putih/abu-abu pada tubuh ikan. untuk mengobati problem ini, anda bisa memakai penisilin, asam naladixic atau tetrasiklin. perawatan lain yang cukup efisien yaitu garam. walau sukar terdiagnosis, apabila anda lihat ada coretan pada tubuh ikan, anda mesti segera lakukan perawatan pada ikan anda.


8. Penyakit velvet 
Tanda-tanda penyakit velvet yaitu titik putih kecil yang tampak layaknya bubuk. penyakit ini juga dimaksud oodinium, serupa dengan ich walau kantong putih pada penyakit ini berukuran lebih kecil. kabar baiknya yaitu penyakit velvet lebih gampang sembuh dari pada ich, gunakan obat maracide atau super velvet.

9 .Myxobacteriosis 
Tanda-tanda penyakit ini meliputi percikan hitam pada sirip serta tubuh ikan. disamping itu, semua tubuh ikan jadi menggelembung, atau cuma menggelembung pada area percikan. hanya satu obat-obatan yang sukses menangani myxobacteriosis yaitu phenocide. penyakit ini jarang berlangsung namun gampang sembuh. pemicu myxobacteriosis yang sangat umum yaitu terlampau banyak ikan didalam akuarium, mutu air yang jelek, terlebih apabila kandungan amonia serta nitrit amat tinggi.

10. Penyakit black spot 
Ikan yang menderita penyakit ini dapat nampak titik hitam kecil pada tubuhnya. dengan umum, penyakit ini gampang sembuh. kerapkali penyakit black spot berlangsung pada akuarium baru waktu ikan-ikan dimasukkan. seluruh ikan berisiko terkena penyakit ini, namun ikan silver dollar serta piranha sangat rawan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.