Header Ads

Kuda Laut Jantanlah yang Melahirkan !!


Kuda laut ( cavalluccio marino ) adalah hewan yang amat unik. ia mempunyai pakaian yang dimaksud pakaian zirah atau “baju besi” yang berperan sebagai pelindung bahaya. Pakaian zirah itu amat keras layaknya batu, apalagi tidak dapat dihancurkan cuma dengan tangan manusia. Kuda laut ini nyatanya terhitung didalam type ikan, serta bernafas dengan insang. ukuran mereka beragam dari lebih kurang 4 hingga 30 sentimeter.

Walau terhitung didalam type ikan, langkah berenang kuda laut tidak sama dengan langkah berenang ikan. Kuda laut bergerak didalam air dengan langkah merubah isi hawa didalam kantung renangnya. bila kantung renang ini rusak serta kehilangan sedikit hawa, kuda laut tenggelam ke basic laut. kuda laut berenang dengan tubuh yang tegak serta mereka bisa menganggukkan kepala ke atas serta ke bawah.
Mata kuda laut amat unik. ia dapat lihat dua buah benda yg tidak sama pada saat yang berbarengan. matanya juga bisa bergerak dengan bebas, berputar-putar mengamati tiap-tiap segi hingga mereka bisa lihat sekelilingnya dengan gampang, tanpa mesti menggerakkan kepalanya ke kiri serta ke kanan.
Tubuh kuda laut itu berwarna-warni ( merah, kuning, hijau, serta hitam ) serta dapat beralih cocok dengan situasi cahaya matahari yang menyinari tubuhnya, serta situasi tubuhnya sendiri. meskipun mempunyai banyak warna, tetapi sebagian spesiesnya berwarna beberapa transparan, hingga tidak gampang dipandang. kuda laut umumnya tinggal di lebih kurang karang-karang laut serta menambatkan ekornya pada celah di  bebatuan. ia hidup menyebar di perairan tropis di semua lautan dunia.

Perihal yang sangat unik dari kuda laut yaitu si jantan, yang melahirkan anak-anaknya. kuda laut jantan ini mempunyai kantung perut yang besar serta pembuka layaknya celah dibagian basic perutnya. kuda laut betina dapat letakkan telur-telurnya segera ke didalam kantung perut itu serta kuda laut jantan membuahi telur waktu dijatuhkan.

Susunan didalam kantung perut jadi layaknya spons serta dipenuhi dengan pembuluh darah, yang berperan untuk berikan makan telur atau embrio. kantong perut atau kantung benih berperan untuk menaruh telur yang didapatkan sang betina.

Telur-telur dapat mengalir melewati tabung ke kantong benih lantas mereka dapat dibuahi. hasil pembuahannya diberi nama embrio. embrio dapat berkembang sepanjang 10 hari hingga 6 minggu, bergantung pada spesies serta situasi air.

Bila telah waktunya, ‘melahirkan’ sang jantan dapat memompa ekornya hingga bayi kuda laut keluar. bayi-bayi kuda laut dapat keluar dengan wujud yang amat kecil. tak hanya untuk memiliki kandungan, kantong kuda laut jantan juga berperan untuk mengatur kandungan garam, supaya cocok dengan lingkungan luar waktu telur menetas.

Kehidupan kuda laut di perairan indonesia, nyatanya terancam punah teman-teman. habitat mereka, berbentuk karang-karang laut, rusak akibat ulah manusia. keunikan kuda laut bikin beberapa orang pingin membuatnya koleksi, perihal itu menyebabkan pada makin sekurang-kurangnya jumlah kuda laut dikarenakan ditangkap terlalu berlebih.

sumber referensi : hewanpeliharaan(dot)wordpress(dot)com

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.