ikan discus berpasir

Mengatasi Bintik pada Ikan Discus (Berpasir) | Akuarium Hias -Hal ilmiah yang umumnya jadi persoalan dalam perawatan pada ikan discus yaitu bintik hitam atau di kenal dengan arti ‘pasir’. ‘Pasir’ ini biasanya susah untuk di hilangkan, tetapi bisa diminimalkan ‘jumlah pasirnya’ dengan beragam langkah, lalu bagaimanakah sesungguhnya ‘pasir’ itu dapat nampak? serta bagaimanakah carannya meminimalkan ‘pasir’ itu? ok di sini saya bakal sedikit berbagi perihal ‘pasir’ pada ikan discus itu yang saya ambil dari beragam sumber serta pengalaman hobies tentu. 

‘Pasir’ atau bintik hitam/blackspot, umumnya menyerang discus yang berwarna cerah seperti Pygeon, golden, marlboro, red melon, dan lain-lain. Terdapat banyak hal yang mengakibatkan ‘pasir’ itu nampak pada badan ikan discus, tetapi biasanya memanglah nampak lantaran ikan itu stress atau kurangnya sistem penyesuaian pada lingkungan yang tidak sama dengan pada awal mulanya. 

Beberapa hal yang menimbulkan pasir pada ikan discus itu salah satunya yaitu : 
  • Keadaan/parameter air yg tidak pas dengan ikan discus, dalam soal ini bermakna bukanlah ikan yang perlu menyesuaikan namun keadaan airnya yang perlu disesuaikan dengan keadaan ikan discus. Bebatuan besar kadang-kadang bikin kotoran susah tersedot filter, hingga air jadi kotor. Walau airnya terlihat bening, mungkin saja kandungan amonia/nitrit/nitratnya cukup tinggi. Bila airnya bagus serta pas, jadi warnanya cerah lagi serta hitamnya hilang. 

  • Type makanan. Sebagian pehobies yang biasa memelihara ikan discus mencurigai cacing sutra dapat mengakibatkan keluarnya ‘pasir’ pada type ikan discus spesifik. 

  • Aspek Genetik. Mungkin saja memanglah induknya juga sudah berpasir jadi anakannya relatif bakal “kurang bersih” juga. 

Pasir pada ikan discus itu dapat dicegah dengan beragam langkah, salah satunya : 
  • Air mesti dijaga pada pH 6, 0-6, 5 serta air berbentuk lunak. Suhu air yang sesuai sama yakni seputar 27 – 32 derajat Celcius. Air dalam aquarium juga sebaiknya bersih serta tenang sesuai sama ciri-ciri Discus sendiri yg tidak agresif. Oleh karenanya, pembersihan aquarium mesti teratur dikerjakan lewat cara menyedot kotoran memakai selang. Usahakan, waktu pembersihan ini tak menyebabkan riak air yang terlalu berlebih. 

  • Berikanlah makanan yang memiliki kandungan karoten, serta waktu berikan makan juga mesti disebar. Makanan yang dianjurkan Tetrabits (pellet spesial discus warnanya orange jelas serta terbenam waktu masuk air) serta burger (arti peternak discus pada product olahannya yang datang dari hati sapi yang di proses jadi lempengan/burger). 

  • Peliharalah discus yang ukurannya sama besar dalam satu tanki aquarium. 

  • Janganlah berikanlah pencahayaan yang sangatlah jelas pada permulaan, upayakan supaya ikan discus itu punya kebiasaan dahulu dengan intensitas sinar yang perlahan-lahan jadi tambah dari yg tidak terlampau jelas. 

  • Apabila discus telah ada banyak pasir dalam aquarium yang kita rawat, jadi pisahkan ikan discus kedalam satu tempat yang terpisah serta tenang seputar 4 jam dengan air yang masih tetap sama dari aquarium yang sama, serta kerjakan pembersihan pada aquarium dengan baik saat sebelum ikan itu dipindahkan kembali. Umumnya pasir yang ada bakal menghilang/jadi amat sedikit dibanding pada awal mulanya. 

  • Jika pemicu paling utama discus itu yaitu dari aspek genetik, jadi bisa disebutkan bahwa ‘pasir’ itu bakal susah untuk di hilangkan. 
Demikian artikel tentang Mengatasi Bintik pada Ikan Discus (Berpasir), semoga dapat bermanfaat bagi para Pembaca.

Posting Komentar

  1. Hai...to senior Discus
    Bagaimana caranya Discus biar cepat besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga, discus supaya cepat besar, setidaknya ada 2 hal yg paling berpengaruh : 1 kualitas air 2. Pakan , untuk kualitas air usahakan selalu jernih dan ph kisaran 6.5 kesadahan air < 30 ppm, jenis pakan supaya cepat besar bisa pakai pakan alami ( cacing beku), kl mau mahalan dikit pakai pakan buatan (burger hati sapi+vitamin)

      Hapus

 
Top