Jenis Ikan Sumatra | Akuarium Hias -Ukuran tubuhnya kecil, dengan panjang keseluruhan (beserta ekor) mencapai 70 mm. Badan berwarna kekuningan dengan 4 garis tegak berwarna gelap ; garis yang pertama melalui mata serta yang paling akhir pada pangkal ekor. Gurat segi tidak prima, 22-25 buah dengan cuma 8-9 sisik paling depan yang berpori. Batang ekor dikelilingi 12 sisik. Tinggi badan seputar 1/2 kali panjang standard (tanpa ada ekor). Di market sekarang ini ada 4 varian ikan Sumatra yakni umum/normal, albino, hijau kehitaman serta albino pink.

Sumatra Albino

Seputar mulutnya, sirip perut serta ekor berwarna kemerahan. Sirip punggung serta sirip dubur berwarna hitam, tetapi warna hitam pada sirip punggung dibatasi oleh garis merah. Type yang diperdagangkan, terkecuali yang berwarna kekuningan, ada juga individu yang kemerahan, kehijauan serta albino. Type yang berwarna kehijauan, yang sebenarnya yaitu tanda-tanda melanisme pada ikan sumatra, serta yang berwarna albino adalah hasil dari pembiakan selektif dalam penangkaran untuk tingkatkan nilai jual ikan ini.

Sumatra Hijau


Ikan sumatra dengan cara alami menebar di Semenanjung Malaya (termasuk juga di lokasi Thailand), Sumatera serta Kalimantan. Selain itu, ada juga laporan-laporan temuan dari lokasi lain di Asia Tenggara yang sulit di konfirmasi, apakah ikan-ikan itu memanglah asli setempat atau ikan lepasan yang sudah menyesuaikan.

Ikan ini kerap dijumpai pada sungai-sungai dangkal berarus tengah, yang jernih atau keruh. Ikan sumatra suka pada pH pada 6. 0–8. 0, kesadahan air pada 5–19 dGH, serta kisaran temperatur air pada 20–26 'C. Ikan sumatra juga dijumpai di rawa-rawa, yang memberikan indikasi bahwa ikan ini mempunyai toleransi yang cukup tinggi pada pergantian kwalitas air. Rata-rata lama hidup ikan sumatra yaitu seputar 6 th..

Sumatra Albino Pink


Ikan sumatra suka berenang bergerombol. Apabila dipelihara dalam jumlah kecil, kurang dari 5 ekor, ikan ini bisa jadi agresif serta mengganggu ikan-ikan yang lain. Ikan-ikan yang lemah serta kurang gesit bisa jadi sangatlah menanggung derita disebabkan gigitan ikan sumatra yang menguasai, yang terlebih bakal menyerang sirip-siripnya. Dalam grup yang besar, agresivitas ikan ini bisa terkendalikan.

Tangkas serta berenang cepat, ikan sumatra bisa dipelihara bercampur dengan ikan-ikan yang sama gesitnya seperti ikan-ikan platis atau type barb yang lain seperti rosy barb (di market di panggil barbir, ada yang sirip umum namun ada pula yang sirip panjang), pentazona barb, arulius barb (umum di panggil garbis sama pedagang) serta ada banyak lagi. Namun bila dari pengalaman saya sih untuk satu akuarium ukuran 1 mtr. cukup di isi sumatra umum dengan jumlah 25-30 ekor saja telah mengagumkan menarik untuk di nikmati.

Janganlah sekali-sekali mencampurkannya dengan ikan maskoki yang paling disayangi anda bila tidak mau maskokinya berenang tanpa ada sirip-siripnya atau bahkan juga dapat mati merana dalam akuarium.

Baiknya akuarium di isi juga dengan tumbuh-tumbuhan air juga sebagai tempatnya bermain-main. Basic akuarium dapat di beri alas batu kerikil yang warnanya cerah/jelas. Ikan sumatra berbentuk omnivora, bisa di beri makanan kering (buatan) atau mangsa hidup seperti cacing, kutu air atau jentik-jentik nyamuk.

Ikan ini bisa dibiakkan didalam akuarium. Ikan sumatra betina keluarkan pada 150–200 butir sekali bertelur, yang disebarkan diantara tumbuh-tumbuhan air. Telur bakal menetas sesudah 24 jam, serta anak-anak ikan mulai tampak aktif sesudah 3 hari. Juga sebagai pakan anak ikan pada minggu-minggu pertama bisa dipakai udang renik atau kuning telur yang sudah diencerkan dengan air.

Harga jual ikan sumatra umum di market cukup terjangkau sekitar Rp. 2. 500 - Rp. 5. 000. Untuk varian albino serta hijau harga nya umumnya lebih mahal dari sumatra umum, namun masih tetap terjangkau untuk beberapa hobyes. Untuk harga grosir ikan sumatra umum isi 1 kantong isi 20-30 ekor seputar Rp. 20. 000-Rp. 25. 000. -

Anda berkeinginan pelihara ikan kecil nan lincah ini? Perawatannya tak rumit. Nikmati kegiatan berenang ikan kecil ini yg tidak pernah capek menjelajahi semua ruang akuarium dengan cara berkelompok sungguh satu panorama yang sangatlah mengasyikkan terlebih waktu anda memberi pakan, ikan ini bakal dengan cepat menyambar pakan yang ada di permukaan air.

Posting Komentar

  1. Ane beli 4 ekor..
    Ane tinggal kerja, jadi 2
    Dimakan anak kura2kah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan besar dimakan kura kura, karena kura kura adalah omnivora, daging doyan tumbuhan doyan juga

      Hapus

 
Top