Pentingnya Filter Kolam Ikan Koi | Akuarium Hias - Memiliki kolam ikan koi dirumah benar-benar sangat mengasyikkan. Terlebih bila airnya bening. Keindahan warna ikan-ikan itu bakal tampak dengan terang dan jelas. Begitu juga di halaman belakang rumah jika ada kolam ikan koi yang sederhana. Sebagai contoh kolam koi itu dapat memiliki ukuran panjang 220 cm, lebar 130 cm, serta kedalaman 80 cm. Jumlah ikan koi yang isi kolam itu ada sembilan ekor. Panjang tubuhnya 40 s/d 50 cm, Anda juga dapat membeli dengan ukuran yang lebih kecil.

Berdasarkan pengalaman dari seorang hobiis yang banyak searching di internet serta membeli buku langkah pelihara ikan koi yang mudah. Pada awalnya dia sangsi untuk memiliki kolam ikan koi. Terbayang nanti akan kerap kuras serta ganti air kolam. Belum lagi bila kelak banyak ikan yang mati. Walau sebenarnya harga ikan koi terbilang mahal, terlebih yang berkwalitas.

Nyatanya kesangsian itu betul-betul dapat dibuktikan. Air kolam cepat keruh, berbusa serta berbau amis. Walau sebenarnya kami telah berupaya ikuti panduan tentang pemeliharaan kolam ikan koi. Ditambah lagi lumut yang berkembang biak menaikkan kekeruhan air kolam. Ikan-ikan itu kerap melompat serta berenang tidak tenang. Kata si penjual itu berarti si ikan tidak kerasan. Terkadang berenangnya sukai miring-miring. Masih tetap kata si penjual juga itu berarti si ikan terasa gatal. Kami cobalah memberikan garam ikan agar si ikan tidak terasa gatal.

Pehobiis itu benar benar bingung dan dibuat cukup ribet. Air kolam mesti kerap diganti serta filter harus tetap hidup dan menyaring air kolam agar tetap  bersih. Batu zeolit juga sebagai sisi dari filter juga mesti dibikin bersih yang sungguh merepotkan (bersihkan bongkahan batu kecil-kecil! ! ! ) . Masih tetap bersukur bahwa ikan-ikan itu masih tetap bertahan hidup. Cuma satu ekor ikan saja yang mati lantaran penyakit.

Melakukan perbaikan System Penyaringan Air Kolam Ikan Koi

Selanjutnya pehobiis itu mencoba melakukan perbaikan system penyaringan air kolam. Sesudah melakukan riset lewah mbah google akhirnya dia menemukan system filter kolam koi yang cocok.  dikatakan cocok lantaran dapat dibuktikan s/d saat ini kwalitas air kolam terbangun terus bening. Bahkan juga hingga berbulan-bulan tidak dikerjakan pergantian air (baca juga : Filter Kolam Koi dengan Bakki Shower)

Contoh filter sederhana pada kolam koi 

Pada filter sederhana yang utama andaperlukan adalah mesin pompa air yang sesuai dengan kolam koi anda (baca juga : Mesin Pompa Air untuk Kolam Ikan Mini),dan yang lainnya adalah dapat menggunakan tong bekas, atau bisa juga anda membelinya yang sudah jadi seperti tampak berikut ini :

filter 2 tabung besar


Filter diatas adalah filter berjenjang, pada tabung 1 dapat berisi biobal, batu zeolit,ring ceramic dan batuan carbon, penampakannya adalah sebagai berikut :


penampakan bagian dalam tabung 1
biobal

zeolit

ring ceramic

carbon
Selanjutnya pada tabung ke 2, dapat berisi filter busa, keduanya dapat anda susun sendiri semikian rupa agar
efektif menyaring sisa kotoran dari tabung 1 :


busa kasar

busa lebih halus

Posting Komentar

 
Top