Ikan Oscar  
Ikan Oscar  | Akuarium Hias -Satu diantara type ikan hias air tawar yang disukai oleh customer baik di dalam negeri ataupun luar negeri yaitu ikan oscar. Terkecuali lantaran penampilannya yang menarik ikan oscar juga termasuk juga yg tidak susah pemeliharaannya. Datang dari sungai-sungai di Amerika Selatan, ikan oscar memiliki bentuk nyaris sama juga dengan Gurame, agak lamban geraknya serta tenang, namun memiliki gabungan warna yang menarik. Warna dasarnya coklat tua atau coklat muda serta sedikit kuning bercampur merah tua. Di pangkal ekornya ada warna merah tua yang menutupi sepertiga tubuhnya serta terlihat seperti lukisan, hingga oscar terlihat anggun.

Selain itu ada type oscar yang lain, yakni oscar albino. Badannya berwarna krem pucat seperti pasien albino serta memiliki bercak-bercak merah orange di tubuhnya. Bentuk badan serta tingkah laku oscar albino sama dengan oscar yang lain.

Seperti seperti ikan oscar memiliki keunggulan inteligensia yang cukup cerdas. Dia bakal berenang ke pinggir akuarium apabila pemiliknya berikan sinyal dengan tangan. Diluar itu sifatnya setia dengan pasangannya semasing serta sukai bergerombol. Lantaran sifatnya sosial, jadi dalam satu akuarium jumlah ikan ini dapat dimasukkan 6 - 8 ekor. Serta akuarium yang dipakai memiliki ukuran besar, sekurang-kurangnya panjangnya 1 - 1, 2 mtr.. Ini mengingat ikan oscar sifatnya yang rakus makan, hingga kerap keluarkan kotoran, serta menyebabkan air dalam akuarium cepat kotor. Bila akuariumnya besar, tak perlu terus-terusan ditukar airnya. Untuk ukuran akuarium yang paling kecil 60 x 40 x 40 cm.

Memelihara Ikan Oscar
Di alam aslinya oscar hidup bergerombol di air yang agak tenang, terlindung serta dalam. Yang disenanginya yaitu sungai yang dasarnya berpasir batu, air yang jernih, serta di sekitarnya ada akar-akar pohon atau batang pohon yang rubuh serta tenggelam di sungai. Menyebar di daerah luas di Amerika Selatan. Ikan-ikan ini ada di Amazone, Venezuela, Guyana, Chili, Argentina, serta Paraguay. Temperatur air yang diperlukan pada 72 - 82 derajat Fahrenheit, sedang untuk penetasan telurnya memerlukan suhu 78 derajat Fahrenheit. Air yang disenaginya yaitu yang jernih serta mengalir tanpa ada ditutupi oleh tanaman. Karena itu bila pelihara ikan oscar mesti memperhatikan aspek oksigen serta suhu air supaya diperoleh ikan yang baik serta sehat. Baiknya pelihara ikan oscar pada akuarium atau bak semen supaya gampang melindungi aspek oksigen ataupun suhu airnya. Ikan ini termasuk juga type ikan Karnivora atau pemangsa. Karenanya disarankan agar tak dipelihara berbarengan dengan ikan lain dalam satu akuarium atau bak., karena bila akan tidak habis digasak olehnya.

Pakan baiknya diberikan makanan hidup saja seperti udang serta anak ikan mas. Menurut pengalaman beberapa peternak, jika oscar di beri makanan hidup seperti udang hidup, warna sisiknya jadi jelas terlebih warna merahnya.
Ikan Oscar

Jantan dan Betina
Pilih ikan oscar jantan serta betina untuk beberapa peternak ikan hias yang belum memiliki pengalaman adalah masalah yang sedikit susah. Untuk yang telah lamapun, terkadang dapat meleset dalam memastikan type kelamin ikan ini terutama pada oscar yang masih tetap muda. Memastikan type kelamin oscar, bila kita sudah mengetahui rahasianya tidaklah demikian susah. Pedomannya, ikan jantan bisa di ketahui dari sirip-siripnya yang semakin besar atau agak melebar, sedang pada ikan betina sirip-sirip ini memiliki bentuk membundar. Dalam soal warna, ketidaksamaan ini dapat dapat berlangsung, pada oscar jantan warnanya lebih jelas.

Bila kita mau memperoleh ketidaksamaan yang memberikan keyakinan perihal type kelaminnya, pertama, mengeluarkan ikan itu dari dalam bak atau akuarium dengan memakai serokan ikan. Peganglah badannya erat-erat dari mulai sisi belakang kepala, selalu dipijit hingga selesai dekat anus atau dubur, janganlah terlampau keras memijitnya. Bila tampak genital papilae atau alat kelaminnya keluar serta memiliki bentuk meruncing, pastinya ia berkelamin jantan. Sedang pada oscar betina, alat kelaminnya agak pendek serta memiliki bentuk juga tumpul.

Posting Komentar

 
Top