channa pulchra
Ikan Channa Asli dari Indonesia | Akuarium Hias -Ikan Channa atau dikenal oleh masyarakat umum adalah ikan gabus yaitu ikan hama yang mengusik ketenangan ikan-ikan peliharaan di kolam, sama dengan belut. Namanya sesuai sama rutinitas hidupnya. Ikan ini hampir-hampir tak bergerak karena sangat malasnya. Oleh karenanya, ikan ini mesti di beri pakan hidup supaya bereaksi. Ikan gabus malas di kenal dengan juga nama betutu.

Ikan betutu mempunyai sisik jenis ctenoid. Berarti, bentuk sisik kecil -kecil serta menyelimuti sekujur badannya. Di bagian kepala sisik, ada moncong, pipi, serta operculum. Sisi operculum sisik ini semakin besar dibanding dengan yang lain. Sirip dubur lebih pendek dari sirip punggung ke-2. Ikan ini gampang dibedakan dengan ikan yang lain lantaran memiliki warna badan cokelat kehitaman. Di bagian punggungnya berwarna hijau gelap, sedang warna sisi perutnya lebih jelas. Sisi kepala mempunyai sinyal berwarna merah muda. Betutu dapat tumbuh sampai meraih 45 cm. Badannya berupa bulat panjang. Mulutnya dapat di buka lebar serta siap menyantap mangsanya yang melintas di depannya. Sirip ekor berupa membulat (rounded) dengan kulit badan dihiasi belang-belang kecokelatan.

Asal usul Ikan Gabus, Nyatanya ikan gabus yaitu ikan asli Indonesia. Hidup di perairan seputar kita, di rawa, di waduk serta di sungai-sungai yang airnya tenang. Tetapi sayang, populasi ikan gabus di alam telah mulai menyusut, hingga budidaya ikan gabus ini sangatlah butuh di kembangkan.

Ikan gabus di kenal dengan adanya banyak nama. Ada yang menyebutnya juga sebagai aruan, haruan (Melayu serta Banjar), kocolan (Betawi) ; bayong, bogo, licingan, kutuk (Jawa), bale salo (Bugis) ; dan sebagainya.. Nama ilmiahnya yaitu Channa striata (Bloch, 1793) serta ada yang menyebutnya Ophiocephalus striatus.

Jenis ikan gabus ini beragam, ada yang dikhususkan untuk akuarium hias atau untuk konsumsi, berikut adalah ragam ikan gabus yang sudah dikenal masyarakat :

channa auranti


channa auranti

channa bankanensis

channa bleherri

channa ghacua

channa lucius

channa orna

channa pulchra

channa stewartii
 Terima kasih sudah mampir, Demikian semoga bermanfaat.

Posting Komentar

 
Top