anak ikan koi

Makanan untuk Anak Ikan Koi | Akuarium Hias -Apabila kita mau pelihara ikan koi, pasti kita harus memperhitungkan semua sesuatunya sebelum saat ikan koi itu datang ke rumah kita. Dimulai dari kolam ikan koi, peralatan kolan serta perawatan sampai persoalan pakan ikan koi. Persoalan pakan ikan koi harus jadi perhatian serius tak hanya keadaan kolam, pasalnya pakan anak ikan koi tidak sama dgn pakan ikan koi dewasa. 

Beberapa beberapa penghobies umumnya tidak ingin ribet saat pelihara ikan koi. Mereka bakal mulai pelihara ikan koi yang telah berusia di atas 1 bln atau mungkin baby koi, di mana corak, warna serta kualitas ikan koi mulai dapat dipandang. Tetapi beberapa lagi lebih suka pelihara ikan koi lewat sistem pemijahan atau mungkin pembiakan ikan koi sendiri. Memanglah, ada kenikmatan sendiri apabila ikan koi yang kita memelihara adalah hasil pembiakan kita sendiri, bahkan juga waktu ikan koi itu tak penuhi 'standar' sekalipun. 

Pakan Larva Ikan Koi / Burayak Koi

Kita mulai mengulas pakan anak ikan koi ini dari larva ikan koi, ini buat anda yang lakukan pemijahan sendiri. Waktu pertama kali ikan koi menetas, diberi nama larva ikan koi. Larva ikan koi baiknya segera di pisahkan dari indukan serta ikan koi yang lain, kita tak perlu memberinya makanan sepanjang 3 hari lantaran ikan koi itu tetap mempunyai cadangan makanan yang dinamakan " egg Yolks ". Sesudah terlepas 3 hari, baru kita mesti memberinya makanan anakan ikan koi. 

Bnyk literatur yang menyampaikan, bahwasanya untuk larva ikan koi umur kian lebih 3 - 7 hari atau mungkin sampai dikerjakan pendederan ketika kolam yang semakin besar dapat di beri makan emulsi kuning telur. Tetapi beberapa budidaya ikan koi malah tak menyarankannya, hal semacam ini lantaran pemberian pakan kuning telur dapat mengakibatkan kualitas air kolam alami penurunan, berbau serta dikawatirkan menyebabkan toksin untuk ikan koi sampai menyebabkan kematian. Apabila kita terus menggunakan pakan dari kuning telur, baiknya jumlah dibatasi apabila tetap ada bekas segera dibikin bersih. 

Pakan paling baik untuk larva ikan yaitu organisme kecil, seperti kutu air, ganggang, serta alga. Untuk larva ikan memiliki ukuran 1 cm, baiknya kutu air itu disaring. Bila ukuran larva ikan telah agak besar, kutu air tak perlu disaring. Pakan seperti ini diberikan sampai ukuran larva seputar 1, 5 cm serta telah siap dipindahkan ke kolam pembesaran serta kita telah dapat memberinya cacing sutera. 

anak ikan koi

Makanan Buatan Untuk Pakan Anak Ikan Koi

Makanan buatan seperti pelet ikan untuk larva yang memiliki ukuran 250 mikron juga telah dapat diberikan. Pelet yang baik mempunyai kandungan dari tepung tulang ikan tepung atau mungkin anchovy dengan kata lain tepung ikan teri, karena kandungan proteinnya terbilang tinggi serta gampang diserap oleh pencernaan ikan sampai perkembangan anakan ikan koi dapat optimal. 

Pakan Anak Ikan Koi

Beberapa hobyis umumnya menyebutkan baby untuk koi memiliki ukuran dibawah 15 cm. Bila ukuran badan anakan koi sudah melebihi 5 cm, kita telah bisa memberinya pelet ikan memiliki ukuran 1-2 mm. Ketika saat anak koi dapat di beri dgn pelet berprotein tinggi. Pakan berprotein tinggi diakui dapat meningkatkan perkembangan badan agar cepat besar. Saat saat perkembangan, protein memegang fungsi untuk material yang perlu “dibakar” jadi tulang serta daging. 

Untuk anak ikan koi, bnyk ada bermacam type makanan buatan/pelet. Ada yang spesial untuk meningkatkan perkembangan saja, tetapi bnyk juga yang dipadukan dgn pakan pencerah warna. Yang harus jadi bahan pertimbangan pilih pelet ikan koi yaitu kandungan berisi, umpamanya saja probiotik. Probiotik sangatlah utama untuk melindungi keadaan ikan terus sempurna dengan kata lain tidak gampang sakit. Bagitu juga dgn kandungan spirulina saat pelet, diakui akan bikin sisik tampak lebih shiny. Diluar itu kandungan wheatgerm dapat bikin badan jadi lebih putih. 

Keperluan Pakan Koi

Ikan koi memerlukan konsumsi makanan sejumlah 2-3 Persen dari bobot badannya saat sehari. Kita dapat menganbil sample 1 ekor ikan koi untuk di timbang/ disangka-kira beratnya, kemudian kalikan dgn jumlah ikan koi saat kolam, serta kalikan lagi dgn 2%/3%. 

Tentukan Pelet Ikan Terbenam Perlahan-lahan 

Cermati juga jenis pelet untuk ikan koi. Sekarang ini type pelet buatan pabrik terdiri saat 2 kelompok, yaitu jenis sinking (terbenam) serta floating (mengambang). Baiknya kita tentukan pelet mengambang lantas bisa terbenam dengan cara perlahan-lahan. Karena ada anakan ikan koi yang doyang melahap pelet di permukaan, sisi tengah, bahkan juga basic kolam. Dgn demikian, anakan koi dapat mengonsumsinya saat pelbagai level ke dalaman air. 

Frekwensi Pemberian Pakan Anak Ikan Koi 

Agar pakan dapat digunakan dengan cara optimal, pakan itu dapat diberikan waktu pagi hari sejumlah sepertiga sisi, siang sepertiga sisi, dan sore sepertiga sisi. Dgn frekwensi seperti ini, saluran pencernaan ikan tak kaget serta rusaknya usus dapat juga dijauhi. 

Bedakan Ukuran Pakan Anak Ikan Koi

Apabila ada ukuran ikan Koi yang tidak sama saat satu kolam, maka kita mesti mempersiapkan ukuran pelet yang tidak sama. Bila kita memaksakan untuk berikan pelet ukuran besar, ikan kecil tetap dapat memakannya, tetapi mereka harus menanti sampai pelet itu lembek terserang air. Alhasil jatah makannya jadi jauh menyusut lantaran keburu ludes dilahap ikan gede. Tidak sama kondisinya apabila ada ukuran pelet yang lebih kecil. 

Jagalah Kwalitas Pelet 

Cermati langkah kita menaruh pelet itu, kekeliruan yang kerapkali dikerjakan yaitu menyimpannya di tempat lembab. Walau dibungkus oleh susunan kedap air serta hawa, namun bila kemasannya telah kita buka maka kemungkinan munculnya jamur kerap berlangsung. Pelet paling baik berkwalitas jempolan dapat juga alami penurunan mutu bila kita salah menyimpannya. 

Manfaat hindari peristiwa itu, baiknya demikian paket kita buka selekasnya kita pindahkan semua isi pelet ke saat tempat spesial yang bisa di buka tutup seperti toples plastik yang kedap hawa. Taruhlah ditempat yang gampang terjangkau serta kering. Jauhi juga menaruh pakan ditempat yang berdekatan dgn product beracun serta berbau tajam seperti cat, minyak tanah, ciaran pembersih lantai, obat penghilang serangga. 

Posting Komentar

  1. saya mau tanya ,kan saya pelihara koi ukuran 4-8 cm biar cepet gede di kasih makan apa yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bro Aldo, untuk ikan koi ukuran kecil biasanya diberikan pelet khusus yang ukuran pelete nya harus sesuai dengan mulut koi, hindari pemberian pakan berlebih karena dalam kondisi kering pelete yang dimakan koi akan mekar ketika diperut koi,kl ikan makannya berlebih bisa kembung malahan bisa mati.

      Hapus

 
Top