Header Ads

Naga Laut Daun


 naga laut daun

Naga Laut Daun | Akuarium Hias -Naga laut ada 2 type, yakni leafy sea dragon (Phycodurus eques) serta weedy sea dragon (Phyllopteryx taeniolatus). Nama leafy sea dragon atau mungkin naga laut daun diberikan lantaran badannya seperti rangkaian dedaunan. Sesaat weedy sea dragon atau mungkin naga laut rumput dimaksud sekian lantaran badannya seperti himpunan rumput laut. Naga laut daun berwarna cokelat sampai kuning atau mungkin oranye. Sesaat naga laut rumput lebih berwarna kemerahan dengan totol warna putih.

Badan naga laut rumput lebih panjang dari naga laut daun. Naga laut rumput memiliki ukuran 46 cm, sedang naga laut daun cuma 35 cm. Mereka dapat hidup sepanjang 10 th. di perairan hangat serta 12 th. apabila di perairan dingin.

Seperti kuda laut serta ikan pipa, naga laut mempunyai moncong panjang. Bentuk moncongnya seperti pipa. Naga laut terhitung ikan karnivora. Mereka makan ikan kecil, lintah laut, serta udang kecil. Naga laut yaitu hanya satu ikan yang konsumsi makanan type ikan krustacea, namun tak mempunyai gigi. Makanan itu bakal dihisap dengan memakai moncongnya, lantas masuk ke perut.

Naga laut juga mempunyai punggung, dada, serta sirip yang tembus pandang. Angota badan itu berperan juga sebagai pendorong serta pengarah gerakan naga laut di air. Apabila naga laut berenang, bakal tampak seperti kelp atau mungkin rumput laut yang tengah tenggelam terbawa arus air.

Naga laut bergerak sangatlah lamban. Ekornya tidak bisa digunakan untuk mencengkram tumbuhan laut. Saat berlangsung badai, naga laut juga kerap terdampar serta mati di pantai. Lantas, badan naga laut juga sangatlah rapuh. Lantaran keadaan itu, beberapa penyelam di perairan Australia disuruh tak menyentuh naga laut. Terlebih naga laut yang tengah membawa telurnya. Ada ungkapan yang berlaku " look but don't touch " atau mungkin tengok namun janganlah disentuh.

naga laut daun

Walau badannya rapuh, didalam laut naga laut daun serta rumput sangatlah pandai bersembunyi. Itu lantaran badannya yang berupa daun atau mungkin rumput laut berperan juga sebagai kamuflase. Demikian ada musuh, naga laut bakal bersembunyi di himpunan tumbuhan laut (kelp) atau mungkin rumput laut. Mereka dapat juga bersembunyi mengikuti terumbu karang.

Saat berkembang biak naga laut yaitu pada bln. September-Maret. Saat telah siap berkembang biak, ekor pada naga laut daun bakal tampak berwarna kuning terang. Menurut riset ilmuwan, saat naga laut rumput siap berkembang biak, mereka seperti lakukan tarian. Masuk bln. November serta Desember bakal mulai tampak naga laut jantan yang tengah membawa telurnya. Telur itu didapatkan dari naga laut betina yang sekali bertelur mencapai 250 butir.

Telur yang berwarna merah muda itu bakal menempel dibagian ekornya yang sperti pipa. Ya, seperti kuda laut, naga laut jantan yaitu ayah yang baik. Merekalah yang menjaga telur calon anaknya sampai menetas sepanjang 6-8 minggu. Sayangnya, dari 250 butir itu cuma 5 % (12 butiran) saja yang selamat sampai menetas. Anak kuda laut yang rapuh itu bakal mengonsumsi zooplankton. Zoopalnkton yaitu organisme kecil yang ada di laut. Baru sesudah besar, mereka bakal makan udang-udangan seperti orangtuanya.

Naga laut yaitu hewan yang cuma ada di perairan Australia. Lantaran gerakannya lamban, naga laut jadi gampang terserang musuhnya. Naga laut juga gampang tersapu ombak ke pantai. Hewan itu juga diburu untuk jadikan obat. Habitat yang rusak dapat juga merubah kehadiran naga laut. Itu penyebab, naga laut ada dibawah perlindungan undang-undang spesial di Australia Selatan.

Mempunyai naga laut baik hidup ataupun mati mesti memperoleh izin spesial dari departemen perikanan Australia. Tiap-tiap th., cuma satu naga laut jantan yang diijinkan untuk dibawa keluar dari Australia. Itu juga naga laut hasil penangkaran. Penangkaran naga laut terhitung susah. Hewan itu baru dapat ditangkarkan di Melbourne Aquarium di Australia. Dan, Aquarium of the Pacific di California serta Tennessee Aquarium di AS.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.