ikan molly balon

Mengenal Ikan Molly Balon | Akuarium Hias -Nama latin ikan Molly yaitu Poelicia latipinna Sailfin molly, tetapi lantaran perut ikan ini waktu dewasa buncit serupa balon banyak yang menyebutnya ikan molly balon. Wujud ikan yang buncit serta lucu inilah sebagai daya tarik beberapa pengagum ikan hias. Dengan corak warna yang berbagai macam dan harga yang cukup murah, jadikan ikan Molly balon diburu pengagum ikan hias dari anak-anak sampai orang dewasa.

Ikan Molly adalah satu diantara komoditas ikan hias air tawar di Indonesia. Konon ikan ini datang dari lokasi Meksiko, Florida, Virginia. Ikan Molly terhitung dalam type ikan “live brearer” (melahirkan anaknya), bukan hanya bertelur serta terhitung ikan omnivora.

Hingga saat ini ada bermacam varietas serta warna yang benar-benar banyak ini dikarenakan persilangan serta mutasi. Keindahan Ikan Molly Balon bakal makin terlihat waktu ikan ini telah cukup besar serta berupa seperti bola. Ikan ini bakal terlihat benar-benar bagus seperti maskoki mini.

Ikan Molly Balon untuk Akuarium

Ikan Molly Balon terhitung ikan yang cukup gampang dipelihara serta tak membutuhkan property yang berbagai macam. Cukup dipelihara di akuarium, ember plastik, bak semen atau media yang lain. Untuk pelihara ikan ini tak perlu perawatan yang intensif lantaran ikan ini mempunyai kekebalan badan yang tinggi. Ikan Molly tak gampang diserang penyakit serta memiliki ketahanan badan yang cukup baik dalam menyesuaikan dengan lingkungannya.

Di habitat aslinya ikan Molly Balon suhu perairan 25 – 28° C dengan pH 8 serta kekerasan seputar 14-20° dH. Tetapi, lantaran telah lama dipelihara di daerah dengan pH netral (seputar 7) maka waktu ini nampaknya pembudidayaan di daerah ber-pH netral juga telah tak ada persoalan.

Pemijahan Ikan Molly Balon

Memijahkan molly nyaris sama juga dengan guppy. Cuma saja akhirnya bakal semakin bagus apabila keadaan airnya agak keras. Karenanya, menambahkan garam dapur seputar satu sendok makan per tiga liter air bakal menolong memperbanyak produksi anakan molly. Diluar itu, kecukupan cahaya matahari adalah prasyarat supaya sukses membudidayakan molly. Molly bakal jadi induk sesudah berusia lima bln.. Ukuran jualnya seputar 2, 5-3, 0 cm yang bisa dicapai kurun waktu 3-4 bln..

Untuk membedakan jantan serta betina pada ikan molly balon ini benar-benar gampang. Di banding jantan, betina umumnya lebih gemuk. Sirip punggung jantannya lebih panjang serta lebar dan badannya lebih kecil serta langsing di banding betina.
ikan molly balon

Pemijahan ikan Molly balon cukup gampang, tetapi sekian butuh dikerjakan persiapan-persiapan yang baik. Terlebih bila bakal diprogram warna serta corak spesifik dari anakan molly balon ini, maka penentuan pasangan utama sekali.

Persiapan proses sistem budidaya mencakup, persiapan wadah, penentuan induk, pemijahan, perawatan larva, serta panen. Tersebut langkah-langkahnya :
  • Pastikan induk yang memiliki ukuran relatif besar, wujud badan yang mengembung dan memiliki warna yang indah.
  • Induk-induk yang sudah diambil dimasukkan dalam satu bak untuk sebagian gunakan induk. Tetapi jika menginginkan keturunan spesifik bisa juga dikerjakan lewat cara memisahkan dalam bak sendiri sepasang-sepasang.
  • Bak-bak pemijahan mesti dikontrol tiap-tiap hari. Sesudah lahir, anak-anak ikan mesti cepat-cepat di ambil serta dipisahkan dari induknya supaya tak dimakan oleh induknya.
Larva atau anakan Ikan Molly balon yang telah lahir serta dipisahkan ditempat sendiri dapat diberikan makanan berbentuk kutu air, cacing sutra atau pellet halus atau dihancurkan lewat cara di rendam dengan air panas, diamkan sebagian menit, kemudian dibentuk jadi bola-bola kecil. Sesudah benih berusia 3 bln., maka bisa dikerjakan pemanenan dapat di jual atau dihadiahkan pada rekan serta kerabat. Selamat Coba.

Posting Komentar

  1. kok d balaraja ikan koral dan molly balon jarang y...........

    BalasHapus

 
Top