Header Ads

Mengenal Ikan Spotted Scat


spotted scat


Mengenal Ikan Spotted Scat | Akuarium Hias -Ikan ini berupa nyaris bulat dengan sirip punggung serta perut agak simetris, serta sisi kepala agak menonjol ke depan. Sirip ekor lebar serta rata, tak bercagak. Sesaat sekujur tubuhnya yang berwarna basic sawo masak sampai agak kekuningan dihiasi dengan bintik - bintik berwarna hitam.

Ikan ini cukup banyak yang berminat walau tak seluruhnya mereka dapat merawatnya, lantaran memanglah membutuhkan perlakuan spesial serta tak gampang. Untuk beberapa hobyis yang telah kawakan silakan mengoleksi ikan ini.

Asal - usul
Datang dari daerah Indo - Pasifik di selama pantai, ikan ini dapat hidup berdampingan dengan ikan lain tiada sama-sama mengganggu lantaran memanglah sifatnya yang pendamai. Tetapi sekian dianjurkan untuk meletakkan ikan - ikan yang memiliki ukuran sama dalam akuarium serta bukan hanya type yang sukai memangsa ikan lain.

Di alam aslinya dapat meraih panjang sampai 33 cm, tetapi di akuarium serta tempat pemeliharaan cuma dapat meraih setengahnya. Hal semacam ini pasti benar-benar beralasan mengingat tempat pemeliharaan yang terbatas, makanan serta gerakan mereka yg tidak leluasa seperti di alam aslinya.

spotted scat

Akuarium Hias
Untuk ikan pajangan, cukup menarik. Cuma butuh di perhatikan banyak hal supaya dapat bertahan hidup lama. 
  • Pertama yaitu, akuarium mesti cukup luas minimum memiliki ukuran 90 X 45 X 45 cm atau 100 X 50 X 45 cm. 
  • Kedua, mutu air. Air yang digunakan baiknya agak keras, basa, serta alangkah sebaiknya bila ditambahkan 1 (satu) sendok teh garam dapur tiap-tiap 4 liter air. Suhu mesti diusahakan berkisar pada 23 - 26 derajat Celcius. 
  • Ketiga yaitu asesories atau hiasan yang bakal dipajang di akuarium. Lantaran ikan ini sukai membongkar tanaman sampai ke akar - akarnya, maka sebaiknya disiapkan tanaman yang agak keras, yang dijepit kuat - kuat di antara batu - batuan, lalu dihias juga dengan batu - batu yang cukup artistik dan janganlah lupa melengkapinya dengan bonggol kayu yang telah dibikin bersih.

Pasti dari seluruhnya itu tak bisa dilupakan perlengkapan akuarium yang standard seperti ; aerator, filter, heater (bila ruangan ber- AC), dan lampu ultra violet. Seluruhnya itu ditujukan untuk melindungi keberlangsungan hidup ikan ini.

Makanan
Untuk menjaga hidupnya ikan ini butuh diberikan makanan yang cukup, maupun makanan kalengan. Tergolong ikan yg tidak memiliki tingkah laku berenang yang spesial jadikan ikan ini merambah ke seluruhnya sisi akuarium.

Akuarium baiknya diletakkan pada ruangan yang cukup jelas dengan cahaya cukup, tetapi janganlah terkena cahaya matahari segera.

Dengan mencermati hal - hal tertulis diatas, maka kemungkinan besar ikan yang kita memelihara bakal sehat serta hidup lebih lama.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.