Akuarium Hias -Inilah rutinitas beberapa hobyis baru akuarium laut. Mereka kerap kebablasan berikan pakan ikan-ikan penghuni akuarium laut. Maksud hati sesungguhnya bikin sang ikan bahagia, namun apa daya rasa sayang itu malah berbuntut maut. Walhasil tiap-tiap minggu beberapa hobyis baru itu telah mesti beli ikan lagi.

Sejatinya ikan hias air laut di kenal ikan untuk yang rakus. Pakan yang didapatkan senantiasa disantap walau sebenarnya banyak yang terbuang sia-sia. Sisa-sisa pakan itu tak lagi membawa persoalan lantaran dengan cara alami bakal terurai oleh terumbu karang dalam siklus rantai makanan. Tetapi yang berlangsung yaitu pada keadaan spesifik akumulasi sisa-sisa pakan itu bikin amonia untuk hasil penguraian bekas pakan dalam siklus nitrogen susah terurai. Ujung-ujungnya semua ikan mati lemas.

Meskipun akuarium laut dilengkapi protein skimmer untuk pengurai amonia, namun apabila akumulasi sisa-sisa pakan ditambah kotoran hasil metabolisme terlalu berlebih, semua ikan dapat mati. Bencana itu bisa dihindari dengan lakukan diet ketat pakan. Maksudnya kurangi beban kerja filter biologi hingga kemampuan ekosistem akuarium laut jalan normal. Untuk misal, akuarium laut selama 2 m yang diisi 20–30 ikan cukup di beri pakan pelet sejumlah 1, 5 sendok makan /hari. Untuk makanan ringan apabila dibutuhkan bisa di taruh sebagian lembar selada air yang dilekatkan di dinding akuarium.

Posting Komentar

 
Top