kolam hias

Derajat Keasaman
Derajat keasaman (pH) yang baik untuk budidaya ikan yaitu 5. 5-9. 0. Walau ikan tetap bisa bertahan diluar kisaran pH itu tetapi produksi yang dihasilkan rendah. Bila pH terlampau tinggi (basa) bisa di turunkan dengan memakai kapur pertanian (CaCO3).

Langkah mengukur pH air
PH mtr. yaitu alat untuk mengukur tingkat keasaman serta kebasa-an air minum. Keasaman dalam larutan itu dinyatakan untuk kandungan ion hidrogen disingkat dengan H+, atau untuk pH yang berarti –log H+. Dengan kata lain pH adalah ukuran kemampuan satu asam. pH satu larutan bisa ditera dengan cara-cara diantaranya dengan jalan menitrasi larutan dengan asam dengan indikator atau yang lebih cermat lagi dengan pH mtr.. Pengukur PH tingkat asam serta basa air minum ini bekerja dengan cara digital, PH air dimaksud asam apabila kurang dari 7,

Tingkat Keasaman Rata - Rata Air Hujan (sumber BMG)
Laboratorium Mutu Hawa sudah menganalisa kandungan kimia didalam sebagian sampel air hujan yang sudah masuk untuk penilaian. Tingkat keasaman rata rata memberikan tingkat keasaman di atas ambang batas yaitu 5, 6 terkecuali stasiun Pulau Bali sebesar 5, 80. Tingkat keasman tertinggi terdaftar di Stasiun BMG Pusat serta stasiun Bandung yaitu 4,72.

penetral air
penetral air kolam ikan hias sederhana

Pembuatan alat Penetral air Kolam Hias
Penetral pH air ini benar-benar disarankan dipakai apa apabila air hujan bisa masuk ke kolam dalam jumlah banyak ini dikarenakan pH air hujan dibawah netral ( kandungan keasaman tinggi). Kita bisa memberikan penetral pH air simpel ini yang terbuat dari kombinasi potongan pelepah atau pohon pisang, arang dengan kerikil yang dimasukkan ke dalam botol paket air minum ukuran 1 ltr dengan perbandingan 1 : 1 : 1. Pada tubuh botol paket air minum kita buat sebagian lubang untuk tempat keluarnya air. Penetral pH ini dapat dipasang di ujung buangan penyaring air buatan.

Info dari alat penetral air simpel untuk kolam hias :
  • Batu kerikil bisa juga untuk aerasi,
  • Pelepah atau batang pisang menambah pH air hujan yang rendah ( turunkan kandungan keasaman air)
  • pH rendah = kandungan keasaman tinggi
  • Arang bisa menyerap kandungan amoniak dalam air kolam
  • Pergantian isi dari penetral air buatan ini bisa dikerjakan 1 bln. sekali pada waktu musim hujan serta 3 bln. sekali waktu musim kemarau.


Posting Komentar

 
Top