ikan mas
Memelihara Ikan Mas dalam Drum | Akuarium Hias -Apabila dibanding dengan pelihara hewan ternak lain, seperti ayam atau itik, pelihara ikan tak menyebabkan bau yang bisa mengganggu kita sendiri atau tetangga, hingga gampang ditangani di lingkungan rumah seperti pekarangan.

Tak hanya berperan untuk mensupport perekonomian keluarga serta penuhi keperluan protein hewani untuk keluarga, pelihara ikan mas dapat juga berperan untuk kesenangan ( hoby) yang bisa kurangi kemelut pikiran (stres) sesudah lakukan pekerjaan teratur keseharian.

Pemeliharaan ikan mas, terlebih pembesarannya tak sesulit yang dipikirkan orang. Pembesaran ikan mas tak mesti membutuhkan tempat yang luas serta air yang melimpah, di pekarangan yang relatif sempitpun, juga dalam drum kita dapat membudidayakannya.

Ikan mas membutuhkan keadaan lingkungan hidup spesifik untuk perkembangan terbaiknya. Dengan cara umum ikan mas hidup baik pada daerah rendah hingga 1.000 m dari permukaan laut, dengan suhu optimum 20 – 25 ºC serta pH (derajat keasaman) air 7 – 8.

Untuk pembesaran ikan mas umumnya orang menggunakan kolam dengan air yang mengalir (kolam air deras) atau dalam keramba di sungai yang mengalir deras. Dengan air yang mengalir deras perkembangan ikan mas bakal tambah baik di banding dengan kolam air tergenang. Untuk pembesaran dalam drum, kita mesti mengubah drum jadi tempat seperti di mana ikan mas tumbuh dengan baik

Pertama yang perlu disediakan yaitu drum plastik atau besi yg tidak berkarat. Lubangi sisi dasarnya pas di bagian tengah, lalu disambung dengan pipa (besi atau paralon) untuk saluran pembuangan kelebihan air serta kotoran yang mengendap di basic drum. Ujung pipa itu dinaikkan sejajar dengan tinggi air dalam drum (80 cm dari basic drum), tampunglah air buangan itu dalam wadah (ember) dengan disaring terlebih dulu.

Untuk merekayasa lingkungan drum supaya seperti kolam air deras kita butuhkan pompa air kecil (kerap digunakan pada akuarium ikan hias) untuk memompa air masuk ke dalam drum. Tujukan semburan air itu ke tepi drum, supaya berlangsung rotasi air dalam drum, hingga kotoran yang mengendap bakal terkumpul dibagian tengah basic drum di mana kotoran itu bakal tersedot keluar berbarengan dengan keluarnya kelebihan air. Pompa air baiknya dipasang pada ember tempat penampungan air buangan, hingga menghemat pemakaian air. Upayakan semburan air dari pompa membuahkan gelembung-gelembung hawa pada air dalam drum untuk menaikkan kandungan oksigen dalam air yang dibutuhkan ikan mas untuk pernapasannya. Rancangan simpel drum itu bisa dipandang pada gambar dibawah ini.

skema kolam ikan drum


Masukkan benih ikan mas dalam drum dengan jumlah yang sesuai dengan luas drum itu. Untuk patokan, dalam kolam umum dibutuhkan seputar 1, 5 kg benih ikan mas per mtr. persegi luas kolam. Umpamanya luas permukaan drum seputar 0, 3 m² (diameter drum seputar 60 cm) maka dibutuhkan benih ikan mas seberat 450 gram. Dengan benih memiliki ukuran panjang seputar 5 – 8 cm di besarkan hingga ukuran konsumsi (40 hingga 60 gram per ekor) dibutuhkan saat 4 hingga 6 bln.. Pada kolam air tenang laju perkembangan ikan mas seputar 3 cm per bln., pada kolam air deras, atau drum dengan pompa air, laju perkembangan ikan mas lebih cepat lagi. Bersamaan dengan semakin besarnya ikan, maka kepadatan ikan dalam drum bakal makin besar, oleh karenanya butuh pengurangan jumlah ikan dengan cara bertahap supaya kepadatannya tak mengganggu perkembangan ikan mas.

Makanan ikan mas dalam drum tidaklah tidak sama dengan ikan mas dalam kolam umum. Yang terutama memiliki kandungan protein seputar 40 Persen. Untuk makanan berupa pellet diberikan tiap-tiap hari sejumlah 3 – 5 Persen berat ikan. Umpamanya berat semua ikan dalam drum 450 gram, maka makanan /harinya yaitu 13, 5 – 22, 5 gram, makanan ini bisa dibagi 2 x pemberian, yakni pagi serta sore hari.

Langkah pembesaran ikan mas dalam drum ini bisa dikerjakan dengan jumlah drum yang banyak, setiap drum menggunakan satu pompa air kecil, atau satu pompa air besar untuk semua drum. Ukuran pompa sudah pasti sesuai dengan jumlah drum, Pembesaran ikan mas dalam drum ini diinginkan bisa menanggulangi persoalan kurangnya tanah pekarangan untuk jadikan kolam ikan.

Posting Komentar

 
Top