aquaponik
Mengenal Aquaponik  | Akuarium Hias -Aquaponik yaitu tehnik paduan pada bertanam dengan cara hidroponik dengan pelihara atau beternak ikan (akuakultur). Seperti kita kenali bahwasanya, saat kita pelihara ikan, bila kotoran yang menumpuk tak selekasnya dibikin bersih di kuatirkan bakal meracuni ikan itu sendiri. Jadi dengan cara teratur airnya mesti dibuang serta ditukar dengan yang baru. Sama perihal dengan bertanam dengan cara hidroponik, air yg tidak selekasnya ditukar, lama kelamaan bakal bikin akar membusuk serta nanti bisa mengakibatkan tanaman mati. Dengan makin menipisnya persediaan air bersih di bumi, aksi ini mungkin saja pemborosan. 
aquaponik


Menurut beberapa peneliti dari Auburn University, ikan cuma mengambil 40-50% gizi dari makanan, bekasnya dibuang berbarengan kotoran. Nah, kotoran ikan ini nyatanya bisa jadi pupuk alami yang bisa menyuburkan tanaman. Jadi prinsip basic dari akuaponik yaitu memakai kotoran serta bekas makanan ikan jadi pupuk untuk tanaman sekalian menjernihkan air kolam ikan. 

Kita pilih menggunakan media tanam (batu dan lain-lain) atau menggunakan system rakit terapung. Bila menggunakan system rakit terapung kita dapat menggunakan sterofoam. Bila tak ada dapat menggunakan triplek hanya keawetannya terkena panas serta hujan butuh di perhatikan. Untuk pot tempat pembesaran bila tak ada dapat menggunakan gelas sisa air mineral dilubangi menggunakan solder, obat nyamuk, rokok dsb. Yang utama kasih lubang di samping serta dibawah untuk lubang keluarnya akar. Janganlah lupa memakai wadah air mineral dengan kode daur lagi tak hanya nomer 7 serta lupa satunya (ada tulisan dibawah kode itu PVC serta O-Others). Lubangi sterofoam atau triplek sesuai dengan diameter wadah air mineral hingga saat dipasang tak jatuh. Untuk yg menggunakan media batu kerikil dianjurkan ketinggian kurang dari 30 cm lantaran kemampuan kontruksi kayu terbatas. Hal semacam ini berlaku untuk system rakit terapung. 

Pilihan kita untuk type sayuran serta ikan tak terbatas. Untuk sayuran dapat kita sayuran buah atau sayuran daun. Umpamanya sayuran buah di rack paing atas serta sayuran daun di rack paling bawah. Janganlah lupa juga untuk fotosintesis tanaman memerlukan matahari minimum 4-5 jam. Untuk tempat yg dibawah dapat memperoleh pada pai serta sore. Bila terlahalang menggunakan cermin atau pipa sinar (tengok bahasan pipa sinar). Untuk ikan dimulai dari nila, lele juga lobster air tawar dapat kita besarkan disini. Tinggal preferensi kita untuk ikan, ikan hias atau ikan untuk dimakan. 
aquaponik

Langkah mengawali pembuatan aquaponic 
Untuk bikin system akuaponik rumahan tidaklah serumit yang dipikirkan, Anda cukup mempersiapkan alat-alat seperti berikut : 
  • Akuarium kaca atau wadah lain seperti ember atau tong untuk pelihara ikan 
  • Wadah untuk media tanam ; isi dengan kerikil atau expanded clay serta lubangi sisi bawahnya 
  • Pompa : menolong mengalirkan air dari akuarium ke media tanam 
  • Selang penghubung untuk menghubungkan ke-2 wadah 
Sebenarnya cara kerjanya cukup simple yaitu mengganti filter biasa media kapas atau sejenisnya dengan tanaman hidroponik. Selamat mencoba.

Posting Komentar

  1. Gan, bisa dikaji gak, aquaponik dikombinasikan dengan aquascape..kayaknya kren tuh..apalagi kalo tumbuhan hiasan hidroponiknya pas

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja gan,ide bagus tuh sejauh ini saya belom mecoba, tapi aquascape identik dengan air yang jernih, kl aquaponik cepet keruhnya ..

      Hapus

 
Top