Home » , » Tips Pemberian Pakan pada Ikan Discus

Tips Pemberian Pakan pada Ikan Discus

Written By harri akbar on Rabu, 12 Desember 2012 | 18.47


Pemberian pakan yang paling baik pada ikan diskus dapat membuahkan diskus yang tumbuh dengan sehat serta bisa berkembang biak. sebaliknya, jika pemberian pakan pada diskus tidak dikerjakan dengan teratur serta serius, maka diskus yang dihasilkan dapat mengecewakan. 

Di alamnya, diskus adalah pemakan semua. pakan yang dimakan amat beragam, dari larva-larva serangga, beragam type cacing, hingga buah-buahan yang terjatuh dari pohonnya yang menutupi sungai. 
dari info ini, kita mulai bisa berfikir tentang variasi pakan yang pas pada ikan diskus. perihal ini dikerjakan dikarenakan tak ada satu resep baku tentang pengertian pakan yang baik untuk diskus. 

Info yang lain yang pantas jadi pertimbangan anda adalah kandungan protein sebagai sumber tenaga pada ikan diskus sebesar 30-45 persen dari keseluruhan pakannya. disamping itu, tubuh diskus memerlukan vit. serta mineral. vit. berperan sebagi katalisator didalam sistem metabolisme tubuh. namun mineral berperan sebagai sistem pembentuk jaringan tubuh serta menjaga keseimbangan osmosis. tetapi, jumlah yang diperlukan relatif kecil. 

Pakan yang ada sekarang ini bisa dibedakan jadi 2 type menurut asal-usulnya, yakni pakan alami serta pakan buatan. pakan alami datang dari sumber-sumber alami di sekitar habitat asli ikan, layaknya cacing, larva, serangga sampai tumbuhan air. tetapi, pemberian pakan dengan alami mempunyai sebagian efek pembawa beragam bibit penyakit akibat banyaknya pencemaran lingkungan sekarang ini. namun pakan buatan adalah pencampuran beragam type kandungan serta nutrisi yang diperlukan ikan gunakan pengolahan oleh manusia. umumnya, pakan buatan memiliki kandungan unsur-unsur tambahan serta obat-obat spesifik layaknya pembangkit warna. 

Beberapa jenis pakan alami : 
  1. Infusoria serta rotifera adalah type mikroorganisme yang kerap dipakai pada pakan burayak ikan. berlebihan dari pakan ini adalah amat pas dipakai pada burayak diskus dikarenakan ukurannya yang renik. 
  2. Kutu air adalah type udang-udangan yang tetap primitif. berlebihan pakan ini adalah jadi pilihan ke-2 sesudah infusoria yang dipakai sebagai pakan burayak diskus dikarenakan ukurannya yang relative lebih kecil. 
  3. Cacing tubifex adalah nama lain dari cacing sutera. berlebihan dari cacing ini mempunyai kandungan yang kaya dapat mineral, lemak serta protein. tetapi, banyak yang menduga cacing ini jadi penyumbang penyakit terbesar pada ikan dikarenakan area pengembang biakannya yang kotor. 
  4. Blood worm adalah larva dari lalat chironomus yang alami pembusukan hebat. berlebihan dari pakan ini mempunyai protein yang banyak serta umumnya telah dibekukan ( frozen ) hingga gampang didalam pemakaiannya. 
  5. Jentik nyamuk adalah hasil penetasan dari telur yang dihasilkan oleh nyamuk berlebihan dari pakan ini adalah kandungan protein yang tinggi serta bisa dikembangbiakan sendiri melewati budi daya jentik nyamuk. 
  6. Telur udang adalah telur udang galah serta lobster yang dikembangkan sebagai pakan ikan umumnya dipakai didalam wujud beku. berlebihan dari pakan ini adalah jumlah pigmen yang besar sebagai pembangkit warna alami serta pemacu kesuburan ikan. 
  7. Artemia adalah planktonik yang hidup di perairan berkadar garam tinggi. berlebihan dari pakan ini adalah mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi, yakni lemak 25% serta protein 50%. disamping itu, artemia dinilai sebagai pakan alami yang steril serta bebas penyakit. tetapi, harga nya relatif lebih mahal dari pada pakan yang lain. 

Beberapa jenis pakan buatan : 
Pakan komersial adalah pakan yang dibikin oleh manusia memakai teknologi terbaru yang mempunyai kandungan nutrisi yang lengkap. umumnya pakan ini dibungkus didalam kemasan spesial serta bisa bertahan didalam kurun waktu yang cukup lama. tetapi, pakan ini dapat bikin diskus memerlukan waktu perkembangan yang lebih lama dari pada umumnya. 

Burger diskus adalah pakan hasil olahan beragam jenis bahan makanan yang selanjutnya jadi pakan dengan komposisi nutrisi yang pas. kandungan pada pakan ini mempunyai banyak protein, mineral, sedikit lemak, sedikit karbohidrat, sedikit serat, serta vit.. 

Sesudah anda mengetahui type pakan yang pas untuk ikan diskus peliharaan anda, ada banyak hal lagi yang perlu anda cermati saat menjaga kesehatan ikan diskus. salah satunya, frekuensi pemberian pakan tiap-tiap hari mesti sesuai dengan nilai frekuensi penggantian air. disamping itu, pemberian pakan yang teratur serta tidak terlalu berlebih.

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger