Home » , , » Tips Budidaya Ikan Oscar

Tips Budidaya Ikan Oscar

Written By harri akbar on Kamis, 27 Desember 2012 | 23.51


Ikan oscar, yang mempunyai pesona warna tubuh eksotik seperti batik, umumnya dipijahkan di bak semen (kolam) yang berukuran lumayan luas. 

Akuarium ditutup koran 
Induk oscar yang dapat dipijahkan di akuarium, sudah pasti mesti induk dambaan yang telah lolos dari beragam jenis seleksi. persyaratan induk dambaan yang butuh di perhatikan, salah satunya yaitu dari pasangan ideal, telah cukup usia, tak ada cacat, serta yang utama ke-2 induk telah masak kelamin. 

Untuk akuariumnya, dipakai yang berukuran 100 kali 50 kali 50 cm. sebelum saat diisi air, akuarium dibersihkan serta dikeringkan sekian hari. untuk berikan situasi safe, serta sedikit remang - remang, dinding sekeliling akuarium sengaja ditutup rapat sisi luarnya dengan kertas koran. untuk subtrat penempel telur, dapat menggunakan sesuatu ubin tegel berukuran 20 kali 20 cm, yang ditempatkan di basic akuarium. ubin tegel ini berperan sebagai ranjang pengantin. pada mulanya butuh disikat bersih supaya terbebas dari semua kotoran. 

Air di akuarium, kedalamannya cukup 25 - 35 cm. suhu air juga diatur berkisar pada 25 - 26 derajat celcius. 

Apabila seluruhnya telah siap, induk oscar ditangkap memakai serokan, lantas dimasukkan dengan perlahan ke didalam akuarium yang telah diservis jadi kamar pengantin. selang 1 hari lantas, umumnya ( awal hari ) dapat tampak kumpulan telur oscar diatas ubin tegel. 

Segera sesudah tampak kumpulan telur oscar, pasangan induk baiknya dipindahkan ke area lain. di area tersebut, janganlah lupa untuk berikan pakan yang bergizi atas jerih payahnya semalam, contohnya berbentuk udang fresh maupun cacing tanah. 

Telur - telur hasil pemijahan, terus dilewatkan didalam akuarium untuk ditetaskan. sepanjang masa penetasan ini, butuh dimasukkan selang aerator yang dipasangi batu aerasi ( air stone ) untuk mensuplai persediaan oksigen. apabila tidak ada aral melintang, menyambut 2 hari lantas, umumnya mulai tampak anak - anak oscar yang berukuran lembut serta berenang naik - turun. 

Menjaga benih 
Mulai hari ke - 4, benih oscar umumnya telah mulai berenang bebas. pada waktu ini, berikanlah makanan berbentuk kutu air ( daphnia ) yang sudah disaring. dua minggu lantas, penjarangan oscar telah mulai dikerjakan. langkahnya, benih dipindahkan ke area yang lebih luas ( contohnya, bak/kolam semen ). 

Di tempat barunya ini, diusahakan supaya situasi airnya sama juga dengan situasi air akuarium area perawatan pada mulanya. suplai oksigen melewati aerator terus dikerjakan serta mulai diperbesar kekuatannya. 

Dari sepasang induk oscar yang dipijahkan di akuarium, umumnya bisa dihasilkan 1. 000 - 1. 500 ekor benih ikan oscar. 

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger