Header Ads

Tips Membuat Pakan Ikan Hias

Tips Membuat Pakan Ikan Hias  -Usaha pemeliharaan ikan hias pada saat saat ini telah alami perubahan yang cepat. Karena komoditi perikanan yang satu ini dapat dikatakan dapat berikan dwi manfaat yang amat mutlak untuk kehidupan manusia.
Pertama yaitu segi rekreatif, sebagai penghias, baik hiasan didalam akuarium ataupun didalam kolam - kolam kecil di halaman rumah. kedua yaitu segi ekonomis, sebagai usaha yang bisa membuahkan duit.
Dwi manfaat inilah yang sebagai penyebab oleh beberapa pembudidaya ataupun beberapa hobiis untuk mengembangkan ikan hias. disamping sudah pasti tingkat pengelolaan yang relatif murah serta bisa diusahakan pada tempat yang sempit. perihal ini amat tidak sama sekali dengan type ikan - ikan peliharaan yang lain, yang perlu area luas serta tehnik pemeliharaan yang beragam.

Perihal lain yang membedakan ikan hias dengan ikan peliharaan yang lain yaitu penentuan harga. pada ikan peliharaan ( mengonsumsi ), harga ditentukan oleh bobot serta ukuran ikan itu sendiri. Namun pada ikan hias, amat ditentukan oleh ukuran serta mutu fisik yang notabene yaitu kecerahan warna. makin cerah warna ikan hias, maka harga nya makin tinggi. sebaliknya, semakin pudar warnanya, maka harga nya semakin turun.
Pengaruh
Warna yang ditampilkan oleh ikan hias, nyatanya bisa di pengaruhi oleh sebagian factor, salah satunya factor lingkungan serta makanan. dampak lingkungan, yaitu mutu air, yaitu ph, suhu, salinitas, serta juga cahaya yang masuk. factor makanan, juga dianggap mempunyai andil saat membentuk warna pada ikan hias. dari hasil penelitian, warna ikan hias bisa berlangsung dikarenakan ada sel - sel pigmen ( sel pembentuk warna ) didalam tubuhnya. sel - sel pigmen inilah yang bertugas menyerap zat warna yang ada didalam pakan, hingga dapat terlihat cerah.
Apabila pingin memperoleh ikan hias yang baik, didalam makna pertumbuhannya cepat serta warnanya cerah, maka mesti dikerjakan pengaturan didalam pemberian pakan. langkahnya yaitu kombinasikan pemberian pakan buatan serta pakan alami. pakan alami, layaknya cacing rambut ( tubifex ) serta udang renik ( daphnia ), dapat mempercepat perkembangan ikan hias. namun pakan buatan, bikin ikan hias jadi cerah warnanya.

Astaxanthin
Yaitu sejenis carotenoid, yang didalam dunia perdagangan dikenal dengan nama carophill red. di alam bebas, zat astaxanthin ini ada pada bunga, buah, sayuran, udang, ikan, telur, dan seterusnya. dengan memberikan astaxanthin an-organik ke didalam pakan, akan menambah kecerahan pada ikan hias.

Langkah bikin pakan ber-astaxanthin ini tidak demikian sukar. bahan yang dipakai yaitu bahan utama yang terdiri dari tepung ikan 26, 5%, tepung kedelai 16, 5%, tepung terigu 55%, vit. 1%, mineral 1%. bahan tambahannya yaitu minyak ikan 1%, astaxanthin 0, 1 - 0, 2%, dan binder 1%.
Tepung ikan, tepung kedelai, serta tepung terigu, diaduk jadi satu sampai rata, lantas diberi air sejumlah 1/2 dari berat bahan tersebut. sesudah lantas adonan, dikukus sepanjang 15 - 30 menit ( sampai masak ), lantas didinginkan. sesudah dingin, vit., mineral, minyak ikan, astaxanthin, dicampurkan sampai merata. baru lantas digabung dengan binder yang berperan sebagai perekat.

Langkah setelah itu yaitu pencetakan gunakan alat gilingan daging. lantas dikeringkan serta siap diberikan pada ikan hias.


Pemberian pakan

Untuk pemberian pakan pada ikan hias, dikerjakan tiap-tiap hari dengan jumlah kira - kira 2-3% dari berat ikan, dengan komposisi 75% pakan buatan serta 25% pakan alami. waktu pemberiannya, untuk pakan buatan saat pagi, siang serta sore hari. namun untuk pakan alami, diberikan saat malam hari.
Sebagai hambatan yaitu jika pakan ber-astaxanthin ini tidak termakan habis oleh ikan. air dapat berwarna merah, hingga terlihat sekali kotor. serta makanan yang menumpuk/mengendap ke basic, dapat alami pergantian pembusukan yang disebut racun untuk ikan tersebut. lantas yang terutama didalam pemberian pakan yaitu frekwensi pemberiannya dengan diperkirakan pakan yang didapatkan dapat habis termakan. karena maka pakan tak lagi terbuang sia-sia serta media terus bersih.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.