Home » , , » Tips Merawat Ikan Arwana dalam Akuarium

Tips Merawat Ikan Arwana dalam Akuarium

Written By harri akbar on Senin, 10 Desember 2012 | 07.22


Langkah memelihara ikan arwana yang disebut ikan hias termahal supaya sehat serta bagus serta ikan nyaman di pengaruhi akuarium. pemicu arwana mati di antaranya kelalaian mengontrol aerator akuarium. panduan menjaga ikan arwana tersebut dapat menolong hindari kelalaian tersebut. 

Kelengkapan fasilitas pendukung pada akuarium pasti merubah kenyamanan ikan arwana. Berikut peralatan untuk perawatan ikan arwana :

- Aerator 
Bila arus listrik yang menggerakkan aerotor kecil, namun hawa yang ditiupkannya relatif banyak maka aerator dapat dikatakan baik. manfaat aerator atau pompa hawa yaitu menyuplai hawa ke didalam air akuarium, serta sekalian menguapkan atau mendorong hasil sisa-sisa pembakaran ke luar dari akuarium. 

- Heater & Thermometer 
Pada saat suhu air akuarium turun mencolok, alat pemanas ( heater ) diperlukan. namun alat pengontrol suhu air atau termometer juga dipasang didalam akuarium. heater serta termometer ini amat diperlukan pada tempat dingin. 

- Filter 
Air didalam akuarium disaring didalam filter atau penyaringan. dari menyedot air akuarium, menyaring, serta mengembalikannya lagi ke didalam akuarium dengan situasi bersih yaitu kerja filter. 

- Lampu TL
Akuarium dapat makin cantik tampilannya dengan keberadaan lampu tl. manfaat lampu tl yaitu menyinarkan sinar tetapi cahaya lampu tl jangan sempat menyebabkan panas yang melebihi keperluan. 20 watt yaitu daya ideal lampu tl yang dibutuhkan untuk akuarium seluas 80x40 cm. 

- Rajin lakukan perawatan akuarium 
Untuk tampilan arwana yang sehat, fresh serta mengasyikkan untuk dipandang, anda mesti rajin-rajin lakukan perawatan. terutama apabila memanglah anda terlanjur menyukai ikan ini. 

- Pemberian makanan 
kelabang yaitu menu utama arwana didalam akuarium. walau demikian, terus variasikan dengan makanan lain layaknya jangkrik, katak, udang, lipan, kecoa. 

- Pengontrolan & perubahan air 
Janganlah lupa untuk mengonrol suhu serta ph air tiap-tiap hari. lebih kurang 25-27 derajat celcius yaitu suhu air ideal untuk ikan arwana. nyalakan heater dengan segera untuk sesuaikan keperluan suhu apabila suhu air dingin. namun ph yang dikehendaki lebih kurang 6-8, 5. imbuhkan kapur ke didalam akurium apabila ph terlampau rendah. disamping itu, sanitasi air butuh di perhatikan juga, silahkan menyembuhkan air akuarium dengan malachite green, frekuensinya 3 minggu sekali. 
Kerjakan juga perubahan/penggantian air dengan dua pilihan.  
1.  Perubahan air dengan reguler tiap-tiap 2 hari sekali dengan volume 10% dari semua volume air akuarium 
2. Keseluruhan perubahan air dikerjakan tiap-tiap 3 bln. sekali. bila anda memakai air pam, baiknya dilewatkan 24 jam terlebih dulu supaya kandungan khlor mengendap sesudah itu dapat dimasukkan ke didalam akuarium. 

Penataan interior akuarium 
Akuarium juga membutuhkan penataan interior sebagai tiruan lingkungan hidup di alam bebas. nuansa kesejukan yang serasi pada dapat ditampilkan dengan perpaduan pada keindahan akuarium dengan anggunnya ikan arwana. 

- Tanaman air 
Sediakanlah tanaman air mengingat asal-muasal ikan arwana yang senang bersembunyi dibawah tanaman air. anda dapat menentukan type tanaman air layaknya vallisneria spiralis, hidrilla verticillata, riccia fluiutana, higrophila polisperma, pistia stratiotes, najas indica, dan seterusnya. 

- Pasir batuan 
Sebagai landasan peletakan batuan, pasir pas dipakai. dengan pasir sungai yang tetap bercampur dengan humus pasti jadi tambah baik lagi. karang-karangan serta bebatuan berdiameter 3 mm dapat anda tempatkan untuk menambah keindahan. bermacam corak serta warna tentunya menyempurnakan tampilan.

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger