Kriteria Air Kolam Ikan yang Baik


Kriteria Air Kolam Ikan yang Baik | Akuarium Hias -Untuk memperoleh kolam ikan yang sehat, sekurang-kurangnya ada empat parameter kwalitas air yang butuh di perhatikan. Empat parameter itu mencakup : suhu air, keasaman serta kebasaan, kandungan oksigen, serta kandungan garam.

Keadaan air pada kolam mesti dijaga dalam situasi senantiasa baik serta sehat. Keadaan air kolam sehat bakal bikin ikan tak gampang sakit.

Suhu air

Suhu air dapat memengaruhi perkembangan vegetasi air serta keinginan oksigen didalam kolam. Penambahan suhu air bakal mengakibatkan oksigen menyusut. Diluar itu, tanaman serta ikan bakal memerlukan oksigen semakin banyak lantaran tingkat respirasinya bertambah.

Pada intinya, ikan seperti ikan koi tak mempunyai permasalahan dengan suhu. Biasanya, ikan kuat hadapi pergantian suhu. Cuma, bila ikan dihadirkan dari luar, jadi mesti menyesuaikan dengan air di Indonesia.

Pergantian suhu air dapat menyebabkan pergantian rutinitas ikan. Makin dingin, jadi nafsu makan serta pertumbuhannya malah melambat.

Waktu seperti ini, jumlah makanan baiknya dikurangi. Lantaran apabila tak dikonsumsi bakal membusuk serta bikin air terkontaminasi.

Keasaman serta kebasaan

Keasaman atau kebasaan air diukur dengan pH mtr.. Keasaman yaitu salah satu aspek utama kwalitas air yang memengaruhi kesehatan ikan.

Derajat keasaman diukur oleh jumlah hidrogen serta hidroksil yang ada di air kolam. Taraf pengukurannya dari 1 – 14. Bila ion hidrogen terlampau banyak jadi pH terlampau asam. Sedang bila hidroksilnya lebih tinggi jadi air terlampau basa.

Air kolam ikan biasanya memerlukan derajat keasaman 6, 9 – 8. Angka ini mendekati nilai normal derajat keasaman. Terdapat beberapa kemungkinan kenapa nilai pH dibawah atau diatas nilai normal. Seperti banyak asam karbon dari bekas metabolisme ikan, hal semacam ini dipicu filter yg tidak bekerja baik, dan air kolam tak teratur ditukar.

Kriteria Air Kolam Ikan yang Baik

Kandungan oksigen

Kandungan oksigen di di air mesti memenuhi. Untuk kolam ikan koi, umpamanya, kandungan yang diperlukan seputar 6 miligram per liter. Kurang kandungan oksigen, jadi bakal mengakibatkan kematian ikan.

Kandungan oksigen berkenaan suhu air, hingga jika ada kenaikan suhu air, jadi kandungan oksigennya turun, serta sebaliknya. Turunnya kandungan oksigen dapat dikarenakan jumlah tanaman air yg tidak seimbang.

Banyak ikan didalam kolam, dan aliran air yg tidak baik waktu masuk ke filter juga menyumbang menyusutnya oksigen. Untuk melindungi kestablian kandungan oksigen, buat system aerasi yang baik.

Kandungan garam

Walau kolam ikan diisi air tawar, kandungan airnya bisa memiliki kandungan sedikit garam. Manfaat garam untuk menetralisir zat amonia serta nitrat (manfaat garam bagi ikan koi dapat anda baca disini)

Amonia yaitu limbah yang dihasilkan lewat pembusukan kotoran ikan. Dalam kandungan spesifik bisa membahayakan ikan itu. Untuk kandungan garam yang diizinkan yaitu 0, 15 – 0, 20 %. 

Kandungan garam yang terlampau tinggi dapat mengakibatkan matinya tanaman air dan mengganggu kerja batu zeolit pada filter ( baca juga Biofilter pada Kolam Ikan). Alat untuk mengukur kandungan garam dari kolam ikan maka anda dapat memakai salinity meter.

Posting Komentar

 
Top