Budidaya Ikan Blackghost

Budidaya Ikan Blackghost | Akuarium Hias -Memelihara ikan blackghost ini, cukup simpel. dalam satu hari cukup di beri makan 2 kali, pagi serta sore hari. Makannya tak terlampau susah, cacing merah (blood worm) mereka menerimanya. Hal-hal lain yang butuh di perhatikan dalam menjaga black ghost yaitu air. Air yang diperlukan olehnya ini yaitu air yang ber-pH 7, serta jernih. Jadi baiknya air akuarium ditukar tiap-tiap 5 hari sekali dengan menggunakan air tanah (sumur) yang telah diendapkan terlebih dulu sepanjang 24 jam dengan aerator, atau air PAM yang sudah diendapkan sepanjang 3 hari.

Suka Gelap

Selain di beri aerator, baiknya akuarium butuh juga dipasangi aksesories apabila mau pelihara black ghost. Manfaat aksesories di sini, terkecuali untuk memperindah situasi akuarium, sebagai tempat bersembunyinya si setan hitam ini pada saat siang hari. Serta baiknya, hindarkanlah penentuan aksesories yang memiliki warna yang mencolok untuk ikan itu. Carilah kayu yang berwarna hitam seperti akar bakau, atau batu-batuan yang berwarna hitam. Warna jelas atau cerah, tak disenangi oleh ikan ini, karena black ghost penglihatannya tak terlampau kuat untuk menahan cahaya ataupun warna - warna cerah, seperti warna merah serta kuning.

Budidaya Ikan Blackghost 

Sesuai sama penampilannya, yakni bertubuh nyaris semuanya hitam terkadang agak keabuan, selain dibagian punggung bergaris putih dari mulai kepala sampai ekor, bermata kecil, namun bercahaya dan bersirip perut panjang yang elastis, bila bergerak seperti orang yang berjubah, seperti hantu.

Ikan hias yang datang dari Sungai Amazon, Brazil ini memang seperti hantu, yakni semakin banyak saat malam hari, mulai mencari makan sampai berkembangbiak, bersembunyi di sela-sela bebatuan, akar serta tanaman air. Lantaran karakter tersebut, blackghost berjuluk hewan nocturnal. Di alam, panjangnya bisa meraih 48 cm, sedang dikolam budidaya rata-rata meraih 26 cm.

Satu hal yang perlu di perhatikan dalam budidaya blackghost yaitu kwalitas air. Kwalitas air yang dipakai mesti pas dengan kehidupan blackghost. Air yg tidak pas dapat mengganggu kehidupannya, termasuk juga perkembangbiakannya. Lantaran saat sebelum mengawali budidaya blackghost, kontrol kwalitas air mesti dikerjakan agar tak menyebabkan fatal nanti.

Menurut Loka Penelitian Budidaya ikan Hias Air Tawar, Pusat Penelitian Perikanan Budidaya, Tubuh Penelitian Kelautan serta Perikanan, air yang pas untuk blackghost yaitu air yang bersuhu 26 – 27 derajat C, pH 6 – 7 serta kekerasan 6 – 10  dH. Tetapi untuk tahu kwalitas air seperti itu butuh di check terlebih dulu.

Budidaya Ikan Blackghost

Salah satu langkah simpel untuk tahu yaitu dengan lihat reaksi ikan pada air yang bakal dipakai. Langkahnya, anda dapat memasukan 2 – 3 ekor blackghost. Apabila blackghost segera diam di dasaran akuarium serta bersembunyi, bermakna air itu pas. Tetapi apabila blackghost naik ke atas, megap-megap serta lemas, bermakna air itu tak pas dan masih butuh perlakuan khusus untuk airnya.

Ikan Jantan serta Betina

Seperti ikan lain, jantan serta betina dapat dibedakan dari sinyal tanda pada badannya atau postur badan. Jantan bertubuh semakin besar, panjang, ramping dari betina, dan lurus. Diluar itu gerakan jantan lebih lincah. Sedang betina bertubuh lebih kecil, pendek, gemuk serta tak lurus. Diluar itu gerakan betina tak selincah jantan. Baik jantan ataupun betina bisa dipijahkan sesudah berusia satu tahun, dengan panjang 20 – 30 cm.

Pemeliharaan induk

Induk blackghost umumnya dipelihara di akuarium. Langkahnya : siapkan dua buah akuarium ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm serta tinggi 40 cm, satu untuk jantan serta satu untuk betina ; keringkan sepanjang 2 hari ; isi air bersih setinggi 30 cm ; gunakan dua buah titik aerasi untuk tiap-tiap akuarium serta hidupkan sepanjang pemeliharaan induk ; input 10 ekor induk ; beri pakan penambahan berbentuk berupa cacing darah (blood worm) serta jentik nyamuk seperlunya ; siphon air tiap-tiap 3 hari sekali atau apabila situasi air telah kotor.

Pemijahan dengan cara berpasangan

Blackghost dapat dipijahkan dengan cara berpasangan. Pemijahan itu dikerjakan di akuarium. 
Langkahnya :
  • Siapkan suatu akuarium ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm serta tinggi 40 cm 
  • Keringkan sepanjang 2 hari 
  • Isi air bersih setinggi 30 cm
  • Gunakan 4 buah titik aerasi untuk tiap-tiap akuarium serta hidupkan sepanjang pemijahan
  • Masukan 6 buah potongan paralon 3 inchi (30 cm )
  • Masukan 3 ekor induk jantan  dan  juga 4 ekor induk betina
  • Beri pakan penambahan berbentuk berupa cacing darah (blood worm) serta jentik nyamuk seperlunya 
  • Pada sore hari, letakan 3 buah lempengan pakis panjang 20 cm serta lebar 10 cm (tempat bertelur) diatas dua paralon (seperti paranggong) 
  • Letakan 10 – 15 buah krikil juga sebagai pelindung telur serta pemberat. 
  • Pemijahan umumnya berlangsung mulai sore sampai malam hari. Telur bakal melekat pada lempengan pakis. Telur yang baik berwarna kuning cerah diliputi lendir. Sedang telur yang kurang baik berwarna putih susu.

Penetasan serta pemeliharaan larva.

Banyak peternak ikan hias yang melakukan penetasan tetapi beda akuarium,untuk lebih jelasnya berikut langkahnya : 
  • Siapkan suatu akuarium ukuran panjang 80 cm, lebar 60 cm serta tinggi 40 cm 
  • Keringkan sepanjang 2 hari 
  • Isi air bersih setinggi 30 cm 
  • Gunakan 4 buah titik aerasi untuk tiap-tiap akuarium serta hidupkan sepanjang penetasan 
  • Ambillah pakis yang sudah diisi telur saat pagi hari serta masukan ke akuarium penetasan 
  • Dalam 3 – 4 hari, telur blackghost bakal menetas. 
  • Larva itu bersembunyi di sela-sela pakis. Pergantian warna bakal berlangsung dari putih jadi hitam.
  •  Tiga sampai empat hari lalu di beri pakan berbentuk naupli artemia sepanjang 2 minggu. Dua minggu selanjutnya di beri pakan berbentuk jentik nyamuk atau cacing yang dicincang agar halus. Jadi penetasan telur serta pemeliharaan berjalan sepanjang satu bulan.

Posting Komentar

 
Top