Hal Penting Sebelum Membuat Kolam Ikan Koi

Hal Penting Sebelum Membuat Kolam Ikan Koi | Akuarium Hias -Bila Anda tertarik untuk pelihara ikan koi, maka setidaknya Anda harus memiliki pengetahuan dan persiapan yang harus dikerjakan. Persiapan ini butuh dikerjakan agar ikan koi yang harga nya berkisar dari ratusan ribu sampai jutaan rupiah per ekor itu bisa hidup sehat. 

Untuk mudahnya kurang lebih begini persiapan yang harus dikerjakan : 
  • Menyiapkan dimensi kolam. Saat mengambil keputusan untuk pelihara koi, cermati dimensi kolamnya. Volume air sangatlah memengaruhi kesehatan ikan koi. Bila ikan tak terlampau besar, jadi buat kolam ikan yg tidak terlampau dalam, begitupun demikian sebaliknya. Lalu, cermati juga jumlah populasinya didalam kolam. Seimbangkan luasnya kolam dengan jumlah ikan koi yang bakal dipelihara, kolam yang terlampau besar dapat menyusahkan koi untuk mencari makan. 

  • Gunakan aerator didalam kolam Ikan Koi. Hal ini penting karena  berperan untuk mengalirkan oksigen ke kolam, aerator juga bermanfaat untuk membuat arus. Gelembung arus yang diakibatkan aerator bikin koi kerap bergerak. Hal semacam itu bagus untuk koi, karena semakin besar ototnya semakin besar juga badannya. 

  • Hal Penting Sebelum Membuat Kolam Ikan Koi

  • Haluskan dinding kolam. Karakter koi yang suka menggesekkan badannya ke dinding kolam butuh diwaspadai. Dinding kolam yang memiliki tekstur kasar dapat bikin sirip ikan koi terluka. Oleh karenanya, tentukan type material yang halus untuk dinding kolam ikan, keramik umpamanya. 

  • Penyinaran. Cahaya matahari bertindak utama pada kesehatan ikan koi. Dalam satu hari, koi memerlukan hangatnya cahaya matahari minimum tiga jam. Terlebih untuk type koi hikari atau bersisik mengilap. Kekurangan sinar matahari bikin warna pada badan ikan koi memudar. Jadi buat kolam yang cukup jelas, apabila kolam ikan ada didalam ruang, anda dapat menyinarinya dengan lampu pijar.

  • Filter Kolam Koi disini sangat dibutuhkan karena filter mampu memisahkan antara kotoran dan air sebagai media hidup bagi ikan koi. Artikel tentang Filter Kolam Koi dapat anda baca disini.

Posting Komentar

 
Top