Menjaga Kolam Ikan Koi Saat Musim Hujan

Cara Menjaga Kolam Ikan Koi Saat Musim Hujan | Akuarium Hias -Ketika musim hujan datang dan cuacanya yg menjadi ekstrim mulai melanda. Sejumlah penghobiis ikan koi menganggap air hujan serta temperatur yg dingin akan  membahayakan kesehatan ikan di kolam, Khususnya kolam yang posisinya di luar rumah / outdoor. Apakah benar ini benar ?.

Untk menghadapi perihal ini Akuariumhias mengumpulkan dari berbagai sumber khusus untuk Anda. Berikut adalah tips atau cara yang menurut Kami baik untuk menjaga kondisi kolam ikan koi di musim hujan :

Harus Kurangi Porsi Pakan.

Tips yang lain yaitu mengurangi pakan harian. Pada keadaan dingin metabolisme ikan akan menurun. Perihal ini kerap tak disadari oleh pehobiis  pemula, lantaran di Indonesia yg beriklim hangat kebiasaan pemberian pakan tak mengenal musim. Misal di jepang apabila musim dingin maka ikan koi makan relatif sedikit bahkan juga dapat dikatakan puasa dlm jangka waktu tertentu. Pada kondisi menghadapi musim hujan serta cuaca dingin ini, saran kami kurangi porsi pakan hingga 50% pada masa 2 sampai 3 bln ini. Sesudah musim hujan telah selesai maka Anda dapat kembalikan ke porsi normalnya.


Menjaga Kondisi Kolam Tetap Stabil.

Posisi kolam ikan koi di luar rumah / outdoor serta air hujan tak menjadi problem sepanjang kualitas air terjaga stabil. Ikan koi dapat saja stress apabila menghadapi transformasi mendadak. Stress dapat mengakibatkan turun nya daya tahan tubuh ikan koi, inilah yg menyebabkan mudahnya bakteri menyerang ekosistem kolam, perubahan konsisi kolam ini dapat berlangsung lantaran transformasi temperatur yg ekstrim, dan transformasi sifat air akibat masuknya air hujan. 

Untuk kondisi itu anda harus menjaga supaya kolam tak alami transformasi yg drastis pada saat singkat. Gunakan filter kolam serta pompa yang mencukupi serta ketinggian air kolam mesti tetap dijaga.


Makin dlm air kolam makin aman terhadap transformasi temperatur serta transformasi sifat air karena masuknya air hujan. dapat dibayangkan kalo kolam nya haya 30 cm, kemudian diguyur hujan yang cukup lama sekitar 1 atau 2 jam. Akibatnya kondisi kolam ikan koi akan bertambah karena air hujan, padahal 25% air hujan dapat merubah keadaan serta parameter air dengan cara drastis (cukup berpotensi membuat ikan stress). 

Bandingkan jika kolam anda memiliki kedalaman 100 cm, maka dengan hujan besar sekitar 1 - 2 jam juga air hujan yg masuk tidak terlalu berpengaruh jika dibanding kolam ikan koi yang cuma memiliki kedalaman 30 cm.

Demikian hal yang harus anda jaga untuk Menjaga Kolam Ikan Koi Saat Musim Hujan ketika menghadapi musim hujan, Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

 
Top