Header Ads

Prinsip Dasar Membuat Kolam Ikan Koi Sendiri

Prinsip Dasar Membuat Kolam Ikan Koi Sendiri | Akuarium Hias -Memelihara ikan koi dalam kolam ikan hias merupakan suatu hal keasikan tersendiri yang tidak bisa dinilai dengan uang, karena hal ini menyangkut keindahan dan juga kepuasan bagi sang pemiliknya.

Prinsip Dasar Membuat Kolam Ikan Koi Sendiri

Banyak pehobis pemula yang ketika mulai membuat kolam ikan koi, terkadang mereka melewatkan beberapa pertimbangan yang ternyata sangat menentukan keindahan dan kelangsungan hidup ikan koi itu sendiri. 

Berikut ini adalah sejumlah poin penting yang harus anda perhatikan sebelum membuat kolam ikan koi :

1. Ukuran kolam koi. 

Lahan yg tersedia janganlah dialokasikan seluruh untk kolam koi tapi sisakan 30% untk ruang filter. Sesuaikan pula dgn total ikan yang akan dipelihara dan ukuran ikan yg dapat dipelihara. Pikirkan baik-baik kalau dapat membangun kolam koi dgn ukuran besar lantaran dlm operasional dapat membutuhkan daya pompa yg besar serta anggaran perawatan yg lebih besar pula.

2. Lokasi kolam koi.

Lebih bagus lokasi kolam koi yaitu di dekat rumah,agar akan menikmati keindahannya serta dapat memberi makan  minimal 2x sehari. Usahakan untuk menghindari kolam koi di bawah pohon lantaran dedaunan dapat mengotori kolam serta jauhi di tempat yg tak aman dari hama serta orang tak bertanggung jawab 

3. Kedalaman kolam koi.

Idealnya kolam koi mempunyai kedalaman 2 mtr dan bila tak memungkinkan maka dapat juga minimal 1 mtr. Dgn kedalaman ini suhu pd kolam koi antara siang serta malam tak alami perbedaan yg mencolok. Transformasi suhu yg mencolok kurang bagus untuk koi. Ikan koi musti selalu beradaptasi dgn transformasi lingkungan. Kedalaman kolam ikan yang sesuai cenderung mempengaruhi pertumbuhan koi lebih cepat serta bikin koi aman serta nyaman. 

Prinsip Dasar Membuat Kolam Ikan Koi Sendiri

4. Kolam koi lebih bagus di bawah tanah.

Anda dapat menggali tanah untuk mempercantik kolam ikan, lantaran keindahan koi yaitu pd sisi punggungnya. Kolam koi layaknya aquarium kurang memberi pemandangan yg baik untuk keindahan koi. 

5. Bentuk kolam.

Pada dasarnya bentuk kolam ikan adalah bebas dan sesuai selera pemiliknya, yg butuh jadi catatan bentuk kolam jangan sampai adanya sisi yg mati (tidak tersirkulasi), yakinkan air selalu mengalir yang dimulai dari air terjun atau air mancur ke tiap-tiap penjuru kolam. Sisi kolam yg tidak tersirkulasi dapat bikin bakteri serta gangang tumbuh serta ber-kembang di wadah tersebut. 

6. Hindarkan material serta benda tajam pd kolam koi.

Contohnya batuan sbg hiasan, semen yg tak halus pengaciannya. gerakan koi seringkali sangat atraktif material ini dapat melukai serta membahayakan koi. 

7. Sudut serta dasar kolam.

Upayakan sisi pertemuan antar bagian kolam melengkung serta jauhkan sudut 90 derajat, Hal ini untuk menghindarkan area tidak tersirkulasi. Sisi dasar kolam janganlah dibuat rata, membuat sisi paling tengah (botom drain) lebih dlm serta sisi tepi ke arah tengah miring 20 hingga 40 derajat. Kotoran ikan serta sisa-sisa makanan dapat mengendap pd sisi dasar kolam sehingga dapat bikin kotoran terkumpul serta gampang dibersihkan 

8. Proses filter kolam koi yg baik.

Hal ini dapat anda sesuaikan dengan luas atau daya sedot pompa air yang digunakan untuk sirkulasi menuju ke filter atau keluar dari filter menuju kolam.


9. Sumber oksigen untuk kolam koi.

Sumber oksigen disini adalah dari belembung air buatan atau resirkulasi air yang berasal dari filter yang melewati air terjun buatan dahulu yang kemudian menuju ke kolam. Untuk contoh pemakaian air terjun sebagai salah satu sumber oksigen anda dapat membaca artikel ini : Air Terjun dan Filter Kolam Koi dengan Bakki Shower.


10. Overflow luapan air.

Anda sebaiknya membuat lubang pembuangan atau parit untuk mengantisipasi jika air meluap, contohnya lantaran datangnya hujan. 

11. Bottom drain pembuangan.
Hal ini berfungsi sebagai lubang pembuangan pd sisi dasar kolam untk membersihkan kolam.

12. Pipa paralon untk menambahkan air. 

Proses filter, air terjun dan penguapan air dapat mengurangi total air dlm kolam, maka persiapkan pipa paralon untk menambahkan air ke dalam kolam. 

Demikian artikel singkat Prinsip Dasar Membuat Kolam Ikan Koi Sendiri , semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.