Filter Terbaik untuk Kolam Ikan Koi | Akuarium Hias -Salah satu hal yang sangatlah butuh di perhatikan dalam pelihara ikan Koi yaitu kebersihan air serta kolam ikannya. Lantaran ikan Koi sangatlah peka pada keadaan kebersihan air kolam. Diluar itu, kwalitas warna yang dipunyai ikan koi sangatlah di pengaruhi dengan juga kwalitas air kolam serta perkembangan ikan bakal terhalang bila kwalitas air kolam jelek. oleh karenanya, saat sebelum pelihara ikan Koi, butuh diperhitungkan untuk bikin filter kolam Koi yang bagus.

Pada umumnya, ada tiga system filter kolam air yang bisa dipakai. System filter itu yaitu system filter mekanis, system filter biologi, serta system filter kimia. Seluruhnya system filter itu bisa dipakai sekalian dalam satu kolam. Untuk tahu lebih detil lagi tentang ketiga system filter itu, mari kita baca penjelasan tersebut.

 ( baca juga : Jenis Filter Ikan Akuarium )

Filter Mekanis

Filter Mekanis yaitu salah satu langkah bersihkan air pada kolam ikan koi lewat cara menyingkirkan kotoran-kotoran yang padat pada kolam, seperti kotoran ikan, daun, binatang lain yang masuk dalam ikan, serta yang lain. 

Terdapat beberapa langkah untuk menyingkirkan kotoran-kotoran itu, diantaranya :

Memakai Skimmers

 
skimmer filter

Skimmers yaitu alat untuk buang kotoran-kotoran yang mengapung di air. Langkah kerja skimmers ini yaitu skimmers bakal memakai overflow dalam kolam untuk menaikkan air kolam. Lalu, kotoran-kotoran yang ada di kolam bakal mengapung serta kotoran-kotoran itu bakal dibuang lewat surface filter.

Memakai Bottom Drain

bottom filter

Bottom Drain yaitu alat untuk bersihkan atau buang kotoran-kotoran yg tidak dapat mengapung (kotorannya terbenam). Bottom drain ini bakal ditempatkan di basic kolam ikan koi. Lalu, kotoran-kotoran yang mengendap di basic kolam bakal dibuang lewat lubang bottom drain.

Memakai Vortex Chamber

 
vortex filter

Vortex Chamber alat yang memiliki manfaat yang sama juga dengan bottom drain, yakni bersihkan kotoran yang mengendap didalam kolam. Umumnya alat ini terhubung dengan botton drain. Jadi langkah kerjanya yaitu kotoran-kotoran yang mengapung bakal masuk ke bottom drain menuju ke Vortex Chamber. Pembersihan kotoran-kotoran itu bakal dikerjakan di Vortex Chamber.

Memakai Rotary Drum Filter
drum filter

Rotary Drum Filter (RDF) yaitu alat yang paling efisien serta efektif sekarang ini untuk bersihkan kotoran pada kolam. Dengan memakai RDF, kotoran bakal disaring serta segera dibuang dengan memakai alat ini. Hingga, kita tak perlu lagi memakai Vortex Chamber untuk bersihkan kotoran.

Filter Biologi
 
Tiap-tiap ikan Koi buang kotorannya, ikan Koi bakal keluarkan amonia. Amonia bakal menyebabkan kematian pada ikan Koi bila jumlahnya sangatlah banyak. Oleh karenanya, memerlukan filter biologi untuk merubah amonia jadi beberapa zat yg tidak beresiko untuk ikan Koi. Terdapat beberapa filter biologi yang bisa dipakai untuk mengubah amonia. Tersebut sebagian filter biologi yang bisa anda pakai di kolam ikan Koi anda.

Memakai Siklus Nitrogen
 
siklus nitrogen

Siklus Nitrogen yaitu siklus yang telah berlangsung dengan cara alami di danau, sungai, atau habitat alam yang lain. langkah kerja siklus nitrogen yang ada di alam dapat kita adopsi di kolam ikan Koi kita. Langkahnya yaitu dengan memakai bakteri Nitrosomonas. Bakteri Nitrosomanas ini bisa memecah amonia jadi zat nitrit. Tetapi, nitrit ini masih tetap beresiko untuk keberlangsungan hidup ikan Koi. Walau nitrit ini tak seburuk amonia. Oleh karenanya, memerlukan bakteri Nitrobacter, yakni bakteri yang merubah nitrit jadi nitrat. Nitrat ini telah tak beresiko untuk ikan Koi.

Memakai Bioball

bioball

Bioball yaitu media yang dipakai untuk tempat hidup bakteri pengurai amonia. Media ini memiliki bahan basic plastik yang berupa seperti bola serta rambutan. Media ini mempunyai permukaan yang sangatlah luas hingga dapat untuk menyimpan banyak bakteri pengurai amonia.

Memakai Filter Tanaman


filter tanaman

Tanaman bisa konsumsi amonia untuk keberlangsungan hidupnya. Hingga, dengan menempatkan tanaman di kolam, dengan cara automatis amonia bakal hilang. Bahkan juga, makin banyak kandungan amonia di kolam, jadi makin subur tanaman itu. Tetapi, tanaman bakal menyerap oksigen saat malam hari. Hingga ketika itu bakal berlangsung perebutan oksigen pada tanaman serta ikan. Oleh karenanya, hal semacam ini butuh diperhitungkan saat sebelum memakai filter tanaman.

Filter Kimia

Filter Kimia yaitu langkah untuk filter air kolam lewat cara memberi zat atau material spesifik pada kolam. Zat atau material itu bisa menyerap beberapa zat yang beresiko pada kolam. Di bawah ini zat-zat atau material yang bisa menyerap zat beresiko pada kolam ikan Koi.

Memakai Karbon Aktif

 
karbon aktif

Karbon aktif yaitu zat yang bisa dipakai untuk menyingkirkan beberapa zat yang beresiko pada kolam. karbon aktif ini bisa ditempatkan di ruangan filter kolam ikan Koi.

Memakai Batu Ziolite
 
batu ziolite

Batu ziolite yaitu batu yang bisa menyerap zat amonia serta nitrit dari air. Tetapi, batu ini lama kelamaan bakal jemu serta tak dapat lagi untuk menyerap zat amoni serta nitrit lagi. Langkahnya supaya batu ini dapat menyerap zat amonia serta nitrit lagi yaitu dengan bersihkan batu ziolite dengan merendam batu ke air garam (6 gram/liter air).

Posting Komentar

 
Top