Ikan Ornate Bichir | Akuarium Hias - Atau nama ilmiahnya Polypterus ornatipinnis, dianggap paling menarik dari kelompok Bichir. Ini adalah Lobe-bersirip Pike, ikan air tawar yang berasal dari Afrika. Seperti anggota lain dari keluarga Polypteridae primitif, Ornate Bichir memiliki kemampuan unik untuk bertahan hidup dari air. Ikan Ornate Bichir memiliki Paru paru dinamakan Swimbladder dan juga insang untuk membantu pernapasan.



 Ikan ornate Bichir terbiasa hidup di air dengan suhu antara 24 - 29 derajat celcius dan pH air antara 6,5 - 7,5, sebaiknya  ikan memelihara ikan ini dalam akuarium dengan panjang sekitar 20 - 30 cm, kalau semakin besar maka jumlah pakannya juga semakin banyak, dan bagi sebagian pehobis ikan jenis ini sulut untuk dipelihara dan dibudidayakan.


Ikan Ornate Bichir adalah jenis ikan omnivora yang dapat menghabiskan waktu yang singkat di darat, tapi harus segera kembali ke lingkungan air untuk respirasi yang memadai.

Ikan Ornate Bichir sangat cocok dipelihara dalam akuarium yang ditanami tumbuhan air dan disediakan juga tempat bersembunyi dan bagusnya berupa dasar berpasir. Spesies ini adalah semi-agresif dalam kenyataan bahwa mereka akan menelan ikan lain atau invertebrata yang cukup dapat masuk ke dalam mulut mereka. Hati-hati dalam memilih ikan lain untuk teman di dalam akuarium, karena mereka sangat pasif terhadap ikan besar lainnya. Namun, mereka agresif terhadap jenis mereka sendiri, sebaiknya akuarium anda diberikan tutup untuk mencegah ikan ini melompat.

Posting Komentar

 
Top