Mengenal Ikan Tropheus Moorii

Mengenal Ikan Tropheus Moorii | Akuarium Hias -Adalah spesies cichlid endemik di danau Tanganyika di Afrika. Ada lebih dari 40 jenis warna yang berbeda dari spesies ini tersebar di danau warnanya hijau gelap-api merah dan kuning. Mereka sebagian besar makan dari ganggang di air dangkal berbatu yang mereka tempati.

Tropheus moorii merupakan ikan yang hidup pada suhu 24 - 27 derajat celcius dan memiliki pH 7,6 - 8,6, selain makan ganggang ikan jenis ini juga makan spirulina atau terkadang makan tumbuhan hijau yang segar yang ada dan tumbuh disekitar habitatnya.

 Mengenal Ikan Tropheus Moorii
Sexing
Pejantan cenderung memiliki moncong hidung yang agak besar sementara betina cenderung memiliki lebih tubuh lebih besar dan hidung bulat. Pada pejantan dewasa akan menampilkan warna yang lebih terang dan jelas.

Budidaya
Pejantan sangat teritorial dan agresif dalam upaya mereka untuk membujuk betina untuk bertelur. Untuk membudidayakan ikan jenis ini maka sebaiknya memiliki perbandingan 1:3. Pejantan satu dan betina 3 dan ini adalah pilihan ideal, tetapi perlu diingat bahwa cara yang benar menjaga keberhasilan di penangkaran budidaya pada sebuah kelompok sebaiknya adalah sepuluh ekor pada setiap kolam budidaya.

Mengenal Ikan Tropheus Moorii
tropheus moori kaiser
Meskipun Tropheus spesies yang indah, budidaya ikan ini bukanlah tanpa tantangan. Ikan Tropheus moori salah satu paling mahal dari jenis ikan cichlid lainnya. Permintaan jenis ikan ini juga banyak tetapi sulit untuk di budidayakan sehingga menjadi mahal.

Posting Komentar

 
Top