Header Ads

Aerator Venturi untuk Ikan Hias


Aerator Venturi untuk Ikan Hias
system kerja aerator venturi

Aerator Venturi untuk Ikan Hias | Akuarium Hias -Makin berkembangnya tehnik pengelolaan air kolam makin banyak membawa pergantian dalam sisi pengelolaan air, satu diantaranya yaitu system Venturi. Disini akan diulas secara singkat tentang System Venturi.

Air adalah aspek kehidupan yang sangatlah utama untuk kelangsungan hidup banyak organisme. Seluruhnya makhluk hidup yang berada didalam air umumnya memerlukan oksigen. Oksigen adalah parameter yang sangatlah utama di air. Beberapa besar makhluk hidup di air memerlukan oksigen untuk menjaga hidupnya, baik tanaman ataupun hewan air, tergantung pada oksigen yang terlarut. Ikan adalah makhluk air dengan keperluan oksigen paling tinggi, lalu invertebrata, serta yang paling kecil keperluan oksigennya yaitu bakteri.

Tetapi pencemaran seperti pembuangan limbah organik di air akhir-akhir ini sudah makin menurunkan kandungan oksigen di air hingga kwalitas air tempat makhluk hidup juga alami penurunan. Supaya bisa ditinggali makhluk hidup, air mesti mempunyai spesifikasi yang mendukung kehidupan, satu diantaranya yaitu kelarutan oksigen di air. Batas maksimum kelarutan oksigen di air tidak bisa dinaikkan tanpa ada merubah desakan, temperatur, maupun aspek-faktor yang lain yang bisa mengganggu ekosistem air. Selain filter air untuk menurunkan kandungan amonia diperlukan juga teknologi tepat guna yang dapat menaikkan kandungan oksigen di air juga diperlukan. Salah satu pengetahuan Tehnik Kimia yang bisa diterapkan untuk hal semacam ini yaitu system aerator venturi.

aerator venturi static

Venturi juga sebagai aerator dapat tingkatkan kandungan udara di air hingga 65%, sehingga sangat dianjurkan untuk kolam ikan ataupun akuarium hias yang tentunya besar tekanan disesuaikan dengan volume air (baca juga  : jenis pompa air akuarium).
System aerator venturi memakai prinsip Bernoulli yang diaplikasikan pada venturi, yakni saat fluida mengalir dalam sisi pipa yang ketinggiannya nyaris sama. Saat fluida melalui sisi pipa yang penampangnya kecil, jadi laju fluida jadi tambah (dari persamaan kontinuitas). Menurut prinsip Bernoulli, desakan fluida dibagian pipa yang sempit lebih kecil bila laju aliran fluida semakin besar. Hal itu di kenal dengan julukan Dampak Venturi yang tunjukkan dengan cara kuantitatif bahwa bila laju aliran fluida tinggi, jadi desakan fluida jadi kecil. Desakan pada leher venturi yang rendah dari desakan lingkungan ini jadi kunci tehnologi ini dimana udara atmosfir bisa masuk ke venturi lewat lubang mikro yang difabrikasi pada leher venturi.

Aerator Venturi untuk Ikan Hias
aplikasi aerator venturi sederhana pada kolam ikan
Pemakaian buluh venturi juga sebagai aerator banyak mempunyai keuntungan. Buluh venturi tak membutuhkan pompa eksternal untuk beroperasi. Cara ini tak memakai peralatan yang bergerak hingga perpanjang usia penggunaan serta kurangi kemungkinan alat untuk rusak. Rangkaian tabung venturi umumnya terbuat dari plastik hingga tahan pada beberapa besar bahan kimia (tak korosif) dan transparan hingga gampang untuk mencermati fenomena yang berlangsung. Lantaran peralatannya cukup simpel, cost pembuatan juga jadi murah di banding dengan peralatan aerator yang lain. Tantangan dalam aplikasi system ini yaitu tehnik untuk membuahkan gelembung mikro serta nano yang luas permukaannya besar. Luas permukaan gelembung yang besar sangat mungkin transfer (difusi) massa ke cairan dengan cara efisien.

Jika teknologi aerator venturi sederhana ini di kembangkan serta dapat menjawab tantangan diatas, jadi dunia perairan bakal makin berkembang dengan masuk babak baru pemakaian teknologi aerator khususnya untuk ikan hias.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.