Mengatasi Kutu Ikan pada Ikan Hias | Akuarium Hias -Ikan koki serta ikan koi yaitu salah satu type ikan yang gampang diserang kutu. Sesungguhnya seluruhnya ikan dapat punya potensi diserang kutu juga, namun ikan koki serta ikan koi lebih riskan diserang kutu daripada ikan type yang lain.

Kutu kura-kura atau umum dikatakan sebagai kutu tempel itu mempunyai tubuh yang bulat seperti tempurung kura-kura. Kutu type ini dapat berkembang biak dengan cepat bila tak selekasnya dikerjakan pertolongan.


Efek yang diakibatkan oleh kutu type ini yaitu, ikan jadi kurang aktif serta condong berenang dengan lambat, sirip serta tubuh ikan jadi kemerah-merahan. Apabila kutu makin banyak, dapat mengakibatkan kematian.

Cara mengatasinya

Kutu ini dapat di hilangkan memakai obat Abate. Taburkan serbuk abate kedalam akuarium dengan dosis 10 gr untuk 100 liter air. Umumnya kurun waktu 1 x 24 jam, seluruhnya kutu yang ada bakal hilang tanpa ada bekas. (baca juga : Manfaat Garam Ikan untuk Pengobatan Ikan Hias).

Umumnya sesudah ditaburkan kedalam akuarium, air bakal terlihat keruh. Hal itu mengisyaratkan serbuk abate sudah larut ke air. Bila kutu yang ada telah hilang, selekasnya kerjakan pergantian air minimum 50% dari volume aquarium. Janganlah lupa juga bersihkan sisa-sisa serbuk abate yang masih tetap ada di dalam akuarium anda.

Waktu sistem penyembuhan, janganlah memakai media filter seperti arang, batu ziolite serta semacamnya. Cukup memakai busa atau kapas filter saja.
Demikian sedikit penjelasan perihal kutu ikan koki serta koi yang dapat saya berikan,Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

 
Top