Tips Memelihara Arwana bagi Pemula

Tips Memelihara Arwana bagi Pemula | Akuarium Hias - Ikan Arwana siapa yang tidak kenal dengan hewan peliharaan yang satu ini, yang sering kali menghiasi di ruang tamu dan aquarium halaman rumah. Arwana terhitung famili ikan " karuhun ", yakni Osteoglasidae atau famili ikan " bony-tongue " (lidah bertulang), lantaran sisi basic mulutnya berbentuk tulang yang berperan untuk gigi. Ikan yang mempunyai pesona dengan wujud serta tampilan yang cantik dan unik. Badan memanjang, ramping serta gerakan renang yang sangun. Ikan arwana ini mempunyai sebagian type seperti silver, golden serta super red. Diantara ketiga type ini, nama super red arwana yang terbilang mempunyai peringat paling atas serta paling disukai.

Tips Memelihara Arwana bagi Pemula


Ketahanan fisik yang kuat, unik serta warna sisik yang merah menyala bikin ikan ini banyak dikoleksi. Walaupun harga nya tergolong mahal malah ini yang menjadi daya tarik tersendiri dibandingkan ikan jenis lainnya. Dalam Aquarium pajang ikan arwana dapat meraih 45-60 cm, sedang di alam dapat meraih seputar 90 cm, juga type arwana spesifik asal amerika selatan dapat meraih seputar 270 cm.

Untuk anda yang mau pelihara ikan arwana, di sini saya menshare sedikit panduan menjaga ikan arwana yang baik serta benar didalam aquarium, tujuannya agar ikan arwana anda tak stres maupun supaya dapat berkembang dengan baik.
  • Cocokkan ukuran aquarium dengun ukuran ikan arwana, makin besar ukuran aquarium bakal makin baik. Idealnya ukuran akuarium 3 kali dari panjang ikan serta lebarnya lebih kurang 1. 5 kali panjang ikan.

  • Letakkan aquarium ditempat yag terlepas dari hilir mudik atau aktivitas yang terlampau banyak, supaya ikan tak stress.

  • Teliti temperatur aquarium, idealnya untuk ikan arwana yaitu 26 - 30 °C. Suhu yg tidak pas dapat bikin ikan jadi sakit serta persoalan yang lain.

  • Untuk ph air juga mesti di perhatikan, idealnya yaitu seputar 6-8, 5ph. Bila kurang maka tambahkan kapur ke dalam air.

  • Untuk pakan ikan arwana, anda dapat berikan jangkrik, katak, lipan serta hewan kecil yang lain. Diberikan dapat 2 kali  sehari untuk ukuran 35 cm ke atas. Jauhi dan hindari ikan arwana  makan terlampau banyak, lantaran dapat mengakibatkan ikan jadi gemuk serta malas bergerak, diluar itu juga bikin aquarium cepat kotor.

  • Untuk sistem perpindahan ikan serta juga pergantian air mesti dikerjakan dengan hati-hati. Ada 2 cara perubahan air. 2 hari sekali ganti air dengan persentase 10% dari air akuarium, atau dapat pula seluruh dengan saat  dalam 3 bln..

  • Bila air yang anda pakai dari PAM. Baiknya di biarlah sepanjang 24 jam supaya kandungan khlor mengendap, serta kemudian dapat dimasukkan ke dalam aquarium 

Posting Komentar

 
Top