Ragam Ikan Pleco | Akuarium Hias -Ikan Sapu sapu atau yang bernama latin Pleco ini memanglah telah familiar sekali ditelinga orang-orang Indonesia. Terkhusus untuk beberapa penggemar ikan hias ataupun beberapa pemancing yang senantiasa bergelut dengan type ikan ini.

Keuntungan ikan ini apa sih?
Ikan ini banyak dipelihara beberapa penggemar ikan hias selalu untuk melindungi kebersihan akuariumnya dari lumut ataupun alga yang melekat di kaca akuarium tsb
Namun yang bakal kita bicarakan di sini yaitu Type type ikan sapu sapu (pleco) yang mempunyai keindahan dari wujud badan serta warnanya yang tidak kalah dari ikan hias yang lain

Hypancitrus Zebra

Hypancitrus Zebra atau zebra ditemukan di Sungai Amzon. Ikan ini mempunyai corak badan berwarna hitam serta putih mirip zebra. Corak hitam hypancitrus zebra berupa lingkaran penuh yang menyelubungi insang serta mulut. Corak putihnya melintang horizontal pada 1/2 sisi badannya, dari pangkal ekor sampai insang.

Scarlet Pleco

Scarlet datang dari Rio Xingu, Brazil. Badan scarlet berwarna biru gelap serta bertotol-totol. Kulit badannya berbuku-buku serta runcing. Sirip punggung scarlet semakin besar dari pada sirip perutnya. Pada sirip-sirip scarlet ada selimut bergurat kuning. Scarlet dewasa bisa meraih panjang 30 – 40 cm.

Leopard Pleco

Leopard atau Pseudacanthicus cf Leopardus ditemukan di Rio Negro, Brazil. Pleco ini dimaksud leopard lantaran mempunyai corak badan yang hamper sama juga dengan leopard. Yakni bertotol-totol hitam besar diatas basic putih kekuningan. Leopard dewasa panjangnya 25-30 cm.

Leopard frog pleco

Leopard frog pleco bisa ditemukan di Sungai Tapajos. Leopard frog pleco mempunyai corak badan seperti katak liar yang ada di Amazon. Leopard frog Pleco adalah Pleco yang memiliki ukuran tengah, lantaran panjang badannya saat dewasa cuma berkisar 10-15 cm.

Beberapa Pleco atau Hypostomus sp datang dari Rio de Beberapa, Brazil. Beberapa pleco mempunyai ocrak badan bertotol-totol hitam diatas basic putih kekuningan. Totol yang dipunyai ikan ini makin ke belakang makin besar. Panjang badan beberapa pleco dewasa bisa meraih 20-25 cm.
Royal Pleco 

Royal Pleco atau Panaque Nigroliatus bisa ditemukan di basic Sungai Teles Pires, Brazil. Badan royal pleco berwarna kebiruan dengan corak guratan hitam memanjang dari sungut sampai ekor. Royal pleco terhitung pleco memiliki ukuran besar, lantaran saat dewasa panjangnya bisa meraih 30-40 cm.

Golden royal line pleco 

Golden royal line pleco ditemukan di Venezuela. Corak badan ikan ini berbentuk garis horizontal berwarna coklat yang menyelubungi semua badannya terkecuali di bagian sirip punggung. Golden royal line pleco mempunyai ujung sirip ekor transparan. Saat dewasa, ika ini panjangnya berkisar 15 cm.

King Tiger pleco 

King tiger pleco atau peckoltia sp datang dari Rio Xingu serta mempunyai corak seperti harimau. Corak badan ikan ini berwarna putih serta hitam. King tiger pleco terhitung ikan sapu-sapu kecil, lantaran king tiger pleco dewasa cuma memiliki ukuran 10-15 cm.

Small spotted cat Pleco

Small spotted cat atau Chaestoma sp datang dari Sungai Amzon yang melintas di Venezuela. Corak badannya biru kehitaman dengan totol putih dari kepala sampai sirip punggung. Small spotted cat dewasa panjangnya cuma 10-12 cm.


Big Spot Hypostomus Pleco

Big Spot Hypostomus mempunyai corak basic warna kuning abu-abu, ikan ini dimaksud big spot lantaran mempunyai totol-totol besar yang menyelimuti semua badannya.

Xingu peppermint pleco

Xingu peppermint pleco atau parancitrus sp bisa ditemukan di Rio Xingu, Brazil. Corak badan ikan ini berwarna hitam dengan totol kecil berwarna putih di sekujur badannya. Panjang Xingu peppermint pleco dewasa seputar 25-30 cm.

Xingu baryancitrus  Pleco

Xingu baryancitrus atau bayancitrus sp datang dari Rio Xingu, Brazil. Corak badannya dihiasi totol-totol kuning dengan warna badan yang makin pekatke arah sirip punggung. Panjang badan xingu baryancitrus dewasa meraih 20-25 cm.

Violet red Bruno Pleco

Violet red Bruno ditemukan di selama aliran sungai Amazon. Ikan ini mempunyai pupil berwarna kebiruan. Corak badan ikan ini berwarna ungu atau violet yang makin jelas di bagian sirip badannya. Pada badannya ada corak berwarna kehitaman pada sirip punggung.

Red Fin Cactus Pleco

Nama latin ikan ini yaitu Pseudacanthicus serratus, habitat asli ikan ini yaitu Rio Tocantis, Brazil. Ikan ini mempunyai cirri khas sirip punggung berwarna merah. Sisik-sisik badannya yang berwarna biru kecoklatan serta menonjol seperti duri pohon kaktus memanjang dari pangkal insang sampai pangkal ekor. Red fin cactus dewasa panjangnya meraih 60 cm.

Posting Komentar

 
Top