Header Ads

Memilih ikan cupang hias kontes


 

Memilih ikan cupang kontes (akuariumhias) -Menjaga ikan cupang hias siap kontes tidaklah sukar, yang dibutuhkan hanya ketekunan serta kecermatan pemeliharaan ikan cupang tiap-tiap harinya, contohnya permberian pakan yang teratur, penggantian air akuarium yang teratur, serta tidak lupa juga melatih mental ikan cupang. tidak jarang peternak menggunakan waktu dari pagi sampai malam untuk mengontrol situasi ikan cupang.

Cupang hias diberi pakan alami layaknya kutu air. permberian pakan 2x dalam 1 hari, pada saat jam 07. 00 serta 17. 00, berikanlah pakan yang secukupnya. terlampau banyak pakan tidak bagus terutama pada kebersihan air di akuarium ( di kuatirkan dapat mengendap serta membusuk di basic air) pemakaian takaran, layaknya sendok teh dapat mengontrol jumlah pemberian pakan. Botol air mineral yang diberi selang juga dapat digunakan untuk pemberian makanan cupang. alat itu tak hanya murah juga gampang dioperasikan. kutu air dimasukan ke botol lantas disemprotkan satu per satu ke dalam akuarium. Kutu air yang sudah dibekukan didalam pemberiannya cukup sedikit demi sedikit.

Jentik nyamuk bisa diberikan sebagai selingan tiap-tiap 2 hari sekali, dapat juga diberikan untuk makanan pokok. toh, ikan cupang yang berusia . 5 bln. telah dapat makan makanan yang berukuran besar. cuk baiknya di ambil yang teidak bengkok atau tua.

Ada langkah untuk menyeleksi cuk. jentik nyamuk yang di ambil dari selokan atau empeng umumnya tetap kotor serta bercampur dengan larva hewan lain. masukkan cuk ke air es, dengan otomatis mereka dapat teler, cuk dapat mengendap ke basic namun non-cuk dapat mengambang. cuk di ambil dengan saringan halus, lantas dimasukan ke dalam air yang sudah ditetesi pk, dosis 1/2 tetes untuk ember ukuran 15 liter, ini untuk membangunkan cuk, sesudah itu cuk dicuci dengan air bersihdan siap disajikan.

Bila tetap sulit didapatkan, cacing cutra, cacing rambut, atau cacing darah juga dapat diberikan, tetapi penggunannya kadang-kadang bikin cupang jadi kembung. baiknya cacing dibersihkan berulang-ulang dengan air bersih sebelum saat siap disajikan.

Pengolahan air amat penting supaya cupang terus sehat. ubah air 50% baiknya dikerjakan tiap-tiap hari, makin kerap air diganti perkembangan ikan cupang dapat makin cepat. batas optimal perubahan air 3 hari. langkahnya cukup menyedot dengan selang plastik.

Biasakan 1 minggu sekali air diganti keseluruhan. botol atau akuarium dicuci bersih lantas dijemur supaya kuman-kumannya mati. langkah lain untuk membunh cendawanatau bakteri dengan merendam wadah itu dengan larutan pk dosis tinggi sepanjang 1-2 jam. sesudah itu wadah dicuci dengan bersih serta dijemur. terlambat ganti air mengakibatkan penyakit. sisa pakan serta kotoran cupang yang mengendap di basic air bisa mengakibatkan penyakit. 

Pada waktu kita menentukan ikan untuk di turut sertakan dalam kontes ikan cupang yang butuh kita mesti cermati adalah ikan yang sehat, badan serta sirip tampak bersih, tak ada cacat, sisik tampak rapi serta yang tentu mempunyai mental yang berani. tulang sirip melengkung rapi atau tampak lurus. sirip berdiri tegak serta tutup insang terbuka lebar waktu ngedok, tampak agresif & lincah pada waktu lihat lawannya.
Di bagian tubuhnya bila kita tarik garis sedang, ciri cupang untuk kontes menunjukkan bayangan yang simetris pada sisi atas serta bawahnya. cupang kontes memiliki bentuk yang seimbang pada ukuran tubuh & siripnya. badan agak mengecil sedikit di bagian pangkal ekor.

Bentuk, lebar & ukuran sirip punggung ( dorsal ) mesti mendekati bentuk, lebar & ukuran sirip bawah ( anal ). bukaan ekor ( caudal ) membentuk sudut 180 derajat yang di ukur dari tulang ekor pertama sampai tulang ekor paling akhir. sisi luar dari ketiga sirip ( sirip ekor, punggung, & bawah ) membentuk lingkaran yang saling menutupi serta tak ada sepasi diantaranya umumnya tulang ekor pada cupang serit berjumlah minimal 11 batang tulang ekor, sirip tampak lebar serta overlapping di tiap-tiap ujungnya. pencabangan tulang sirip sekunder serta tampak mempunyai jarak yang sama panjang pada tulang siripnya atau rata.

Pada gambar di samping kanan layar saya tunjukkan ikan cupang type serit warna merah yang kurang baik untuk dipilih untuk cupang kontes, dikarenakan ia memiliki sirip yang tidak lengkap, pada sirip analnya ada sirip yang patah barangkali di sebabkan jamur yang menyerang siripnya, seritnya tidak tersusun dengan rapi & kurang agresif.

Pada cupang kontes yang ideal mempunyai warna yang indah dengan identitas yang sama. pada kelas warna basic solid, tak ada warna lain tampak pada sirip serta tak ada noda warna lain di dalam badannya. pada kelas warna gabungan cupang mesti mempunyai warna gelap serta terang yang mempunyai warna kontras. dengan total tampilan warna mesti terlihat menarik, indah serta mengkilap.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.