Header Ads

Penataan cahaya untuk aquascape


Penataan cahaya untuk aquascape (akuariumhias) -Pencahayaan dari lampu-lampu membuahkan daya untuk tanaman akuarium untuk hidup serta diperlukan untuk metabolisme atau fotosintesis (memasak di daun). Pencahayaan akuarium yang kuat bakal buat perkembangan tanaman lebih cepat serta menaikkan nilai PH air akuarium. Tumbuhan akuarium butuh co2 lebih, juga gizi lain yang diperlukan untuk tanaman untuk hidup.

Tetapi, bila lampu akuarium kurang kuat, sesaat co2 berjumlah besar maka menyebabkan co2 didalam akuarium bakal terlalu berlebih, menyebabkan fotosintesis ( memasak makanan pada daun ) tanaman akuarium tidak bisa prima.

Agar fotosintesis berlangsung maka  butuh sinar, sinar menjadi satu kewajiban untuk tanaman supaya sehat. Cahaya matahari alami terdiri dari sekitar gelombang sinar yang punyai panjang gelombang yang berlainan. pigmen klorofil ( zat hijau daun ) tanaman bakal menyerap cuma gelombang sinar spesifik.

Cahaya matahari akan mendorong perkembangan alga. tuturan cahaya matahari yang lama akan memanasi air. Sehingga sinar buatan lebih direkomendasi untuk tanaman yang tumbuh di akuarium. Spektrum penuh atau lampu neon spektrum yang luas terlampau pas untuk perkembangan tanaman. Akuarium umumnya butuh kira-kira , 5 watt sinar per galon air serta durasi 8-12 jam sinar /hari. pastinya, bila akuarium anda didalam ruangan, anda barangkali butuh watt ( daya ) tambahan, serta butuh merawat sinar sepanjang berjam-jam lagi. menggunakan kerikil berwarna terang menjadi cara yang baik.

Jumlah sinar yang dibutuhkan untuk akuarium tanaman ( aquascape ) juga bergantung spesies. Lebih dari satu tanaman, layaknya anubias, java fern serta java moss, cuma butuh pencahayaan rendah ( 0,5 watt perliter air ) atau ( 3/4-1watt per liter air ). Lantas, lampu bakal berikan sinar yang cukup untuk tanaman ini. beberapa wisteria air, fern india, lily air, serta rumput air ini merupakan lebih dari satu tanaman yang butuh sinar terang. Tanaman ini bakal butuh sekurang-kurangnya satu tabung neon tambahan untuk bertahan hidup serta berkembang. Lebih dari satu spesies layaknya bacopa serta cabomba butuh sinar ekstra kuat bila pingin tanaman inni rimbun.


Karakter tanaman akuarium berkenaan dengan intensitas sinar, secara prinsip dibagi jadi dua grup :
  1. Tanaman air yang butuh intensitas sinar rendah, layaknya microsorium,anubias,bolbitis, serta cryptocoryne ( gambar dapat di saksikan di google search engine ). tanaman ini merupakan style yang mudah gara-gara mereka tidak butuh banyak sinar serta karbon dioksida.

  2. Tanaman air butuh intensitas sinar tinggi, layaknya ludwigia merah, rotala, cabomba, serta lebih dari satu style spesies echinodorus. beberapa jenis ini sedikit susah gara-gara butuh banyak sinar serta karbon dioksida.
Mengetahui karakter tanaman air terlampau perlu untuk aquascaper. bila kita pingin menghias akuarium, maka tanaman air yang butuh intensitas sinar tinggi di letakkan dibawah pencahayaan akuarium yang tidak terhambat, serta tanaman dengan sinar rendah bisa di letakkan di tempat teduh.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.