Home » » Ikan gabus Toman

Ikan gabus Toman

Written By Harri Akbar on Minggu, 21 April 2013 | 06.16



Toman atau giant snakehead ( channa micropeltes ) dikenal juga dengan nama red snakehead adalah ikan predator dari golongan snakehead yang datang dari lokasi asia tenggara dimulai dari Thailand, Mekong, Vietnam, Laos, Malaysia, serta sisi utara Sumatra. disamping itu, ikan yang biasa juga dikenal dengan giant mudfish ini juga ditemukan di sebagian tempat india. Sebutan toman cuma dipakai di malaysia serta indonesia saja namun untuk tempat lain biasanya memiliki nama yang tidak sama. dikenal dengan giant snakehead dikarenakan ikan dewasa bisa meraih panjang lebih kurang 150 cm serta adalah ikan terbesar ke-2 didalam family channidae. Oleh beberapa penghobby ikan hias atau pemancing air tawar, ikan ini dikira sebagai di antara raksasa ikan air tawar. 

Ikan gabus toman memiliki pola warna tubuh yang amat menarik dengan postur silindris memanjang. toman muda memiliki warna merah, dengan garis stripe hitam serta oranye melintang pada tubuhnya sesudah berumur kian lebih dua bln.. bersamaan dengan pertambahan umur ikan, garis strip serta warna merahnya dapat menghilang serta digantikan dengan warna pola hitam keabu-abuan atas serta putih di bagian perut. di habitat aslinya, ikan ini yaitu predator yang ada di puncak rantai makanan. 

Umumnya makanannya diantaranya ikan, amfibi serta burung kecil. sebagai predator, toman dilengkapi dengan jejeran gigi pisau yang amat tajam serta rahang yang kuat hingga membuahkan terkaman yang luar biasa waktu menangkap mangsa dengan gigitannya. dikarenakan kebuasan ikan ini, maka amat tidak disarankan oleh hobbies pemula untuk memeliharanya. sebagian kabar mengatakan bahwa ikan ini dulu menyerang manusia, tetapi keakuratan berita tersebut tetap dipertanyakan. untuk perawatan di aquarium, upayakan untuk dijaga sendiri dikarenakan perawakannya yang agresif, tak lagi cuma menyerang atau membunuh tankmatenya namun juga kemungkinan dapat melukai si pemelihara. di aquarium, makanannya bisa diberi makanan layaknya ikan, kerang, cacing tanah yang besar serta sebagian makanan yang lain layaknya hati domba ( kurang disarankan ). 

Giant snakehead adalah ikan air tawar yang tangguh serta dapat hidup diberbagai habitat layaknya rawa, danau, kolam, sungai serta yang lain. melepas ikan ini dibukan habitat aslinya amat beresiko untuk keseimbangan habitat aslinya karena karakter ikan yang agresif serta predator. sebagai ikan besar, toman atau giant snakehead amat popular untuk beberapa pemancing ikan air tawar. tak hanya ukuran yang besar namun juga tarikan ikan yang dikira pemancing amat kuat. rekor yang dulu didapat yaitu ikan toman dengan ukuran panjang kian lebih mtr. serta berat 20 kg.

Pembedaan type kelamin tetap sulit diketahui tetapi sebagian peternak sukses membreeding ikan ini meskipun tetap sedikit info yang ada. diketahui bahwa telur umumnya ditempatkan di sarang yang terbuat dari vegetasi di basic air serta burayak umumnya dapat dijaga oleh induknya. Tingkah laku unik yang lain dari ikan ini yaitu kemampuannya untuk bernafas dengan hawa dengan segera. perihal ini karena, toman bernafas tak hanya menggunakan insang juga menggunakan paru-paru primitif yang terdapat dibelakang insang hingga sangat mungkin ikan ini bertahan pada air yang amat miskin oksigen lewat cara naik ke permukaan serta meneguk sedikit hawa. adapun situasi air yang butuh di perhatikan waktu memelihara toman adalah suhu air lebih kurang 22-27 derajat celcius serta Ph 6-7,5.

-->
Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger