Header Ads

14 Jenis Ikan Hias Mudah Dipelihara

Akhir- akhir ini banyak sekali orang- orang yang bahagia buat memelihara ikan hias paling utama ikan hias air tawar, mulai dari ikan hias yang berdimensi kecil sampai ikan hias yang berdimensi besar. Untuk sebagian orang memelihara ikan hias telah dijadikan suatu hobi buat mengisi waktu kosong di rumah, apakah kalian tercantum orang itu?

Ikan hias yang dipelihara buat dijadikan suatu hobi hendak membuat seorang yang memeliharanya jadi senang, sebab merasa terdapat yang menemaninya di kala waktu senggang. Kesenangan inilah yang dicari oleh para pehobi ikan hias terlebih ikan hias yang dipelihara ialah ikan dari pemberian orang lain.

Di sisi lain, terdapat yang berpikiran kalau banyaknya peminat yang mau ikan hias air tawar ialah suatu kesempatan bisnis, hingga tidak sedikit orang yang membuka ataupun meneruskan bisnis ikan hias. Dengan kata lain, budiday ikan hias telah dicoba oleh banyak orang. Apalagi, sebagian ikan hias yang dibudidaya terdapat yang dijual ke luar negara.

Saat sebelum melaksanakan perawatan terhadap ikan hias, hendaknya kita wajib mengengal jenis- jenis ikan hias terlebih dulu, sebab tiap tipe ikan hias mempunyai ciri yang berbeda- beda.

Banyaknya tipe ikan hias air tawar nyatanya hendak membuat kalian bimbang buat memilah ikan air tawar yang hendak dijadikan hewan peliharaan. Jangan kahawatir, postingan ini hendak mangulas jenis- jenis ikan hias air tawar yang sangat sesuai serta gampang buat dijadikan hewan peliharaan.


Jenis- Jenis Ikan Hias di Air Tawar

Telah bukan perihal asing lagi, bila ikan hias air tawar banyak sekali jenisnya. Di dasar ini hendak dibahas 15 tipe ikan air tawar terkenal serta sangat gampang buat dipelihara.


1. Ikan Arwana


Bila kalian sangat suka dengan ikan hias yang berdimensi besar, hingga ikan warna sangat cocok buat kalian peruntukan hewan peliharaan. Ikan ini berasal dari Brasil serta Indonesia. Ikan arwana yang berasal dari Brasil mempunyai nama ilmiah Osteoglossum sp.

Ikan arwana Brasil mempunyai wujud pipih yang memanjang ke samping serta wujud badannya meruncing ke arah ekor. Setelah itu, sirip ekor nampak kecil sebab bagian sirip punggung serta sirip perut turut memanjang ke arah ekor. Kebanyakan dari ikan arwana Brasil bercorak putih perak ataupun gelap meski terkadang lapisan antarsisik tidak begitu jelas.

Bila arwana dari Brasil mempunyai satu tipe, hingga lain halnya dengan ikan arwana yang berasal dari Indonesia yang mempunyai 2 tipe, ialah Sclerophagus formisus serta Sclerophagus jardini. Ikan arwana dengan tipe Sclerophagus formisus asalnya dari pulau Sumatera serta pulau Kalimantan. Sedangkan itu ikan arwana dengan tipe Sclerophagus jardini asalnya dari pulau Irian.


Wujud dari kedua tipe arwana tersebut sama serta sedikit tebal, namun wujud badannya tidak meruncing ke arah ekor. Sirip punggung serta sirip perut dapat dibilang tidak begitu besar Antar sisiknya sangat jelas serta dimensi tiap sisiknya sangat besar.

Ikan arwana, baik yang berasal dari Brasil ataupun Indonesia bersama memiliki sisik yang mengkilat serta jadi salah karakteristik khas dari ikan arwana. Tetapi, sisik arwana sangat rentan terserang penyakit ataupun virus.

Ikan arwana tercantum tipe ikan yang sangat kasar serta gesit. Apabila ikan arwana lagi tekanan pikiran, hingga dia hendak menabrakan dirinya ke tembok akuarium ataupun meloncat- loncat. Oleh sebab itu, biar ikan arwana tidak tekanan pikiran kita wajib berjaga- jaga kala telah memutuskan buat merawatnya. Apalagi, bila mau menjaga ikan arwana di akuarium sangat dianjurkan buat membagikan penutup akuarium biar ikan tidak loncat keluar.


2. Ikan Cupang


Siapa yang tidak memahami ikan cupang. Apalagi, anak SD saja telah ketahui ikan cupang serta terdapat sebagian yang memeliharanya. Dimensi ikan ini sangat kecil, sehingga sangat gampang buat dipelihara, baik itu di dalam akuarium ataupun cuma di dalam toples saja.

Telah bukan perihal asing lagi jika ikan cupang ini dipecah jadi 2 tipe, ialah ikan cupang bersirip pendek serta ikan cupang bersirip panjang. Ikan cupang bersirip pendek dapat dikatakan selaku ikan cupang aduan. Sebaliknya ikan cupang yang bersirip pendek dapat dikatakan selaku ikan cupang hias. Kalian pelihara ikan cupang sirip pendek ataupun sirip panjang?

Walaupun bersama mempunyai sirip yang bersama bermacam- macam, namun sirip ikan cupang hias lebih indah buat dilihat. Bermacam berbagai sirip yang indah ialah hasil inovasi serta kreativitas para peternak. Dari kawin silang itu menciptakan anakan yang mempunyai sirip serta rupanya lebih indah serta khas.

Banyaknya peminat pada ikan cupang, hingga terdapat perlombaan ikan cupang yang di mana penilaiannya berasal dari kesehatan, kelincahan, serta tubuhnya yang sangat indah, sisik, serta sirip yang mengembang Terus menjadi panjang sirip yang mengembang, hingga nilai yang didapatkan hendak terus menjadi banyak.

Ikan cupang tercantum tipe ikan yang sangat kasar serta sangat suka buat berkelahi. Hingga dari itu, sangat tidak dianjurkan memelihara ikan cupang dalam satu tempat yang sama. Tidak hanya itu, bila memelihara ikan cupang memakai toples, hendaknya jarak antara toples diberi penyekat ataupun pembatas kertas biar ikan cupang tidak silih memandang.


3. Ikan Discus


Ikan discus ataupun the king of aquarium banyak sekali pehobi yang ikan hias yang merawatnya, sehingga harga ikan ini melambung besar. Apalagi, saking banyaknya yang memelihara ikan ini, hingga terdapat perlombaan spesial ikan discus.

Kreativitas serta inovasi dari peternak ikan discus menciptakan anakan yang sangat unik serta khas ataupun dapat dikatakan warna serta corak anakan dari ikan ini lebih bagus dari indukannya. Ikan discus yang terdapat di pasaran umumnya bercorak putih, kuning, merah, serta cokelat. Sebaliknya coraknya, terdapat yang bercorak bulat- bulat, garis lurus, serta garis acak.

Bila kalian mau mengenali apakah ikan discus lagi sehat ataupun tidak, hingga kalian dapat memandang sisiknya lembut ataupun tidak, siripnya mengembang ataupun tidak, serta ikan nampak lemas ataupun tidak. Umumnya, ikan discus yang hadapi kehancuran pada siripnya sebab terkena penyakit fin rot.

Untuk kalian yang mau memelihara ikan discus, hendaknya senantiasa memerhatikan keadaan siripnya apakah masih dalam kondisi bagus ataupun tidak. Sirip yang telah rusak hendak dikira cacat, sehingga harga ikan discus jadi turun.

4. Ikan Guppy

Ikan guppy berasal dari Amerika Serikat, Amerika Tengah, serta Amerika Selatan. Ikan ini mempunyai nama lain ialah ikan seribu sebab populasinya yang sangat banyak, apalagi nyaris di segala dunia terdapat tipe ikan ini.

Untuk kalian yang sangat suka terhadap ikan- ikan yang berdimensi kecil, hingga ikan guppy sangat direkomendasikan. Tidak hanya badannya yang kecil, ikan ini pula mempunyai bermacam berbagai alterasi warna. Banyaknya warna pada ikan ini diakibatkan sebab terdapatnya pernikahan silang yang dicoba oleh manusia.

Wujud badan ikan ini sangat ramping ataupun ramping, sirip punggung yang tipis, serta sirip ekor yang melebar. Sirip yang melebar ini hendak nampak semacam bendera yang berkibar kala ikan ini bergerak.

Bila kalian mau merawatnya sangat gampang, sebab tidak memerlukan alat- alat spesial. Perihal terutama kala menjaga ikan ini merupakan kebersihan dari akuarium serta pemberian makan yang tertib.

5. Ikan Lohan



Ikan louhan ialah tipe ikan hias yang pernah terkenal pada tahun 2001- 2002. Tetapi, tren ikan hias yang terus berubah- ubah membuat pehobi ikan hias lohan terus menjadi menurun meski masih terdapat segelintir orang yang memeliharanya.

Warna dominan ikan lohan pada biasanya bercorak merah, putih, gelap, serta terkadang terdapat yang mempunyai alterasi warna di sisiknya. Tidak hanya itu, ikan lohan mempunyai karakteristik spesial yang tidak dipunyai oleh ikan yang lain ialah terdapatnya“ nongnong” di kepalanya.

Ikan ini tercantum tipe ikan yang tidak dapat dicampurkan dengan ikan yang lain, sebab dapat bertengkar. Oleh karena itu, dalam melaksanakan penjaannya, ikan ini hendak diberikan satu akuarium sendiri. Perihal yang butuh dicermati yang lain, ialah temperatur 24- 27 derajat celcius, kesadahan 10- 12 derajat, serta pH 7- 7, 5.

6. Ikan Mas Koki

Ikan mas koki ini sama dengan ikan koi yang di mana telah semenjak lama jadi hewan peliharaan. Ikan ini berasal dari Tiongkok dengan wujud tubuh yang sangat lucu serta menggemaskan.

Pada umur muda, warna ikan ini umumnya cuma satu warna ialah bercorak abu- abu, setelah itu kala berusia warna ikan hendak berganti jadi warna- warni. Motif yang terdapat pada ikan mas koki, semacam kuning, merah, putih, gelap, serta bermacam berbagai campuran warna.

Ikan koi yang terdapat jambulnya serta berekor pendek dengan warna yang bermacam- macam ialah tipe ikan mas koki yang sangat disukai oleh para pehobi ikan hias. Sebaliknya ikan mas koki yang mempunyai harga sangat mahal merupakan ikan mas koki mata balon.

7. Ikan Koi

 




Ikan koi tercantum tipe ikan yang telah dipelihara telah semenjak lama. Ikan koi sangat digemari oleh para pehobi ikan hias sampai ke luar negara. Ikan koi dini mulanya berasal dari Tiongkok serta setelah itu tumbuh pesat di Jepang semenjak 200 tahun yang kemudian hingga saat ini. Kalian dapat mengenali usia ikan koi dengan metode menghitung jumlah bundaran yang terdapat di sisiknya.

Ikan koi mempunyai wujud tubuh silindris memanjang dan sisiknya terdiri dari bermacam berbagai warna. Oleh sebab itu, sangat dianjurkan buat memandang ikan koi dari atas sebab kita hendak memandang keelokan sisik- sisiknya yang berwarna- warni. Jadi, alangkah baiknya kala memelihara ikan koi di kolam yang luas, sehingga kita hendak gampang buat memandang keindahannya.

8. Ikan Platty


kan platty merupakan tipe ikan yang berasal dari Amerika Selatan. Varietas- varietas ikan platty lumayan banyak, semacam sunset, hawaii, red coral, black tail, simson, serta platty cagak. Ikan platty yang banyak di pasaran merupakan ikan platty cagak.

Kebanyak pehobi ikan hias hendak memelihara ikan platty di kolam semen yang terbuka dengan kepadatan yang lumayan besar. Tetapi, bila dipelihara di kolam terbuka, ikan ini hendak jadi mangsa ataupun diganggu oleh larva capung, kutu argulus kecil, serta lernaea. Seluruh kendala dari hama tersebut dapat membuat keadaan ikan terus menjadi menyusut, sehingga mutu ikan hendak menyusut pula.

Bila kalian mau memelihara ikan platty, hendaknya kolam ikan diberikan obat pencegah hama, semacam larutan PK, larutan abate, serta perendaman ikan ke dalam air garam.

9. Ikan Manfish


Ikan manfish dapat dikatakan selaku ikan hias yang mempunyai penampilan raga yang khas dari ikan- ikan hias pada biasanya. Anggun, lembut, wujudnya yang mirip semacam anak panah serta menawan merupakan karakteristik raga yang dipunyai oleh ikan manfish, sehingga ikan ini kerap diucap selaku queen of aquarium.

Dikala ini, ikan manfish yang sangat digemari oleh pehobi ikan hias merupakan ikan manfish dengan separuh tubuh bercorak gelap ke arah bagian balik serta separuh tubuh lagi bercorak putih ke arah bagian depan.

Metode memelihara ikan tipe ini dapat dibilang sangat gampang, cuma saja kita wajib memerhatikan sirip ikan manfish biar tidak patah. Bila sirip ini patah pada umur muda, hingga dapat diperbaiki, namun bila telah berumur tua, sirip hendak susah buat diperbaiki.

10. Ikan Botia


Ikan botia ataupun ikan yang sangat terkenal di golongan pehobi ikan hias, baik di dalam negara ataupun di luar negara. Ikan botia merupakan ikan asli dari Indonesia yang berasal dari perairan Sumatera serta Kalimantan. Masih sangat sedikit yang membudidayakan ikan tipe ini sebab terdapat larangan dari pemerintah tentang melarang buat memperjualbelikan ikan ini lebih dari 15 centimeter.

Dengan kata lain, ikan botia ini masih diambil dari habitat aslinya. Bila perihal semacam ini dibiarkan secara terus menerus, hingga mungkin besar ikan botia hendak habis ataupun populasi ikan ini hendak rusak.

Ikan botia mempunyai warna sisik belang- belang kuning gelap. Sedangkan itu, siripnya mempunyai warna merah sampai orange. Ikan botia tidak begitu suka terserang cahaya matahari. Tidak hanya itu, Ikan tipe ini dapat dibilang ialah ikan yang mudah buat kaget. Bila ikan ini kaget, hingga hendak melompat- lompat, sehingga kala memelihara ikan ini, akuarium diberi penutup.

11. Ikan Barb Sumatera


Dari namanya saja kita telah ketahui kalau ikan barb ini berasal dari sungai- sungai di wilayah Sumatera. Apalagi, tidak sedikit orang yang menyebutnya dengan istilah“ ikan Sumatera”. Dimensi ikan kecil sangat kecil ataupun lebih tepatnya berdimensi 5 centimeter.

Walaupun ikan ini berdimensi kecil, namun kelincahan dari ikan ini jangan diragukan lagi. Oleh sebab itu, ikan ini sangat sesuai buat dijadikan selaku hewan peliharaan di akuarium paling utama untuk kalian yang suka dengan ikan hias kecil.

Ikan ini bertahan hidup dengan metode berenang melayang di tengah perairan. Bila dikategorikan bersumber pada rupanya, ikan tipe ini dibagi jadi 3 warna, ialah kuning kecokelatan dengan garis gelap( ikan barb asli Sumatera), warna hijau( green tiger), serta warna putih( albino). Dari ketiga tipe itu yang sangat mahal merupakan green tiger.

Ikan barb Sumatera green tiger bila dibudidayakan sangat sulit sebab tingkatan keberhasilan biar anakan sama dengan induknya sangat kecil. Umumnya perihal ini terjalin sebab pH air tidak cocok dengan habitat aslinya.

Dalam menjaga ikan tipe ini di akuarium, hendaknya diberikan tumbuhan air biar ikan kian betah buat hidup di akuarium. Tidak hanya itu, keadaan pH air wajib dicermati pula. Jadi, kalian tertarik memelihara ikan ini?

12. Ikan Balck Ghost


 
Ikan black ghost tercantum ke dalam salah satu ikan hias yang wujud serta ukurannya sangat khas serta unik. Hingga dari itu, ikan ini dapat dibilang selaku ikan yang lumayan terkenal, kenapa terkenal serta unik? Sebab nyaris segala tubuh ikan ini bercorak gelap polos serta cuma sedikit warna putih di bagian ekor serta kepalanya saja.

Berkat warna polos serta pekat yang terdapat di nyaris segala badan ikan ini menjadikan ikan ini dijuluki black ghost. Ikan ini mempunyai perut yang memanjang serta jari- jari siripnya sangat halus sehingga bisa menyatu dengan tubuh.

Walaupun mempunyai sirip- sirip yang sangat panjang, namun ikan ini tidak mempunyai sirip punggung. Kala bergerak ikan black ghost sangat unik sebab siripnya hendak bergerak semacam bendera yang lagi berkibar.

Nyaris tiap orang yang mencari ikan ini menginginkan warna warna kulit gelap yang sangat pekat serta polos. Ikan yang populer dengan warna kulitnya yang gelap ini sangat bahagia bersembunyi di celah- celah lubang. Hingga dari itu, kala kalian mau memelihara ikan black ghost, hendaknya memakai bebatuan yang berlubang biar ikan ini dapat bersembunyi.

13. Ikan Oscar


 

Ikan hias oscar telah lumayan populer di kalang pehobi ikan hias. Ikan ini berasal dari Amerika Serikat dengan wujud badan pipih ke samping serta sirip punggung yang lebar sampai nyaris penuhi bagan punggung.

Ikan oscar bersumber pada siripnya dipecah jadi 2 tipe, ialah oscar yang dengan sirip yang panjang serta oscar dengan sirip yang pendek. Perihal yang jadi energi tarik untuk para pehobi ikan hias merupakan bagian tubuhnya yang mempunyai corak batik ataupun semacam bintik- bintik. Sebaliknya ikan oscar bersumber pada rupanya dipecah jadi 2 tipe, ialah oscar cokelat serta oscar putih( albino).

Ikan ini populer sangat kasar, galak, serta ganas paling utama kala dirinya merasa terancam. Oleh sebab itu, kala kalian lagi membagikan pakan, hendaknya berjaga- jaga serta jangan sangat dekat

14. Ikan Channa


Hingga dikala ini penyebaran tipe ikan channa ataupun gabus lebih gampang ditemui di perairan Asia sampai Afrika. Tidak hanya itu ikan channa ataupun gabus pula mempunyai sebagian kelebihan lho, salah satunya perawatan yang begitu gampang.

Ikan channa ataupun gabus pula sangat membutuhkan oksigen dalam jumlah yang begitu sedikit. Sehingga bila kamu mau memelihara ikan channa hingga membutuhkan perlengkapan penambah oksigen pada akuarium yang digunakan.

Kemudian buat harga darijenis ikan channa ataupun gabus sesungguhnya bertabiat variatif sebab tiap jenisnya senantiasa mempunyai harga yang berbeda- beda. Contohnya merupakan buat tipe ikan channa ataupun gabus jenis yellow sentarum dengan dimensi 5 sampai 6 centimeter hendak memperoleh harga dekat Rp30 ribu sampai Rp45 ribu per ekornya.

Sebaliknya buat tipe ikan channa ataupun gabus impor semacam tipe pulchra dengan dimensi 5 sampai 6 centimeter hendak mempunyai kisaran harga Rp50 ribu per ekor. .

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.