Home » » Discus Fish

Discus Fish

Written By dodo muncar on Rabu, 31 Oktober 2012 | 03.28

Ikan Discus lebih dikenal sebagai rajanya ikan hias air tawar,kenapa disebut demikian, karena bentuk,corak dan warnanya tidak kalah dengan ikan air laut,tetapi banyak orang yang enggan memelihara ikan discus karena cukup sulit dalam perawatan nya.



Dilihat dari warnanya, ikan discus ada yang polos dan ada yang bercorak mulai warna biru berlian, kuning emas, merah, putih, kombinasi merah putih, orange, garis hitam, coklat dan lain sebagainya. Bagaimana memilih ikan discus yang baik ?, berikut beberapa pendapat pakar atau peternak yang sudah berpengalaman yang dituliskan dalam berbagai tulisan tentang tip memilih ikan discus yang baik :  
  1. Pilihlah ikan yang warnanya cerah, matanya bening, badannya mendekati bulat dan aktif pergerakannya. Ikan yang sehat juga memiliki napsu makan yang kuat. 
  2. Sisik ikan bersih dan tidak luka, tidak berbintik putih dan berlendir terlalu banyak. Sirip ikan haruslah terlihat bersih dan lengkap. Sirip yang sobek, rusak, berjamur menandakan ikan tidak sehat. Biasanya  pada sirip ikan sering terserang fin rot. Sirip yang tidak cacat dan seimbang akan membuat bentuk diskus bulat dan enak dipandang mata.
  3. Matanya bening, tidak berselaput ataupun berbintik putih. Bola mata tidak terlalu mencolok keluar. Mata yang mencolok keluar disebabkan oleh kondisi air yang tidak cocok, dan ikan terjangkit intestinal bakteri. Ukuran mata yang terlalu besar pada ikan yang berukuran kecil menandakan ikan tersebut terhambat pertumbuhannya atau biasa disebut kuntet. Selain itu mata yang hitam dapat diakibatkan oleh penyakit internal dan bisa juga akibat kontaminasi obat-obatan.
  4.  Bentuk tubuh ikan discus yang ideal terutama dilihat dari samping berbentuk hampir bulat, tidak kurus yang nampak dari ketebalan dahi diskus. Discus yang tidak cacat fisik, biasanya terlihat dari depan   dimana sisi kiri dan kanan terlihat sama. Mulut ataupun bagian tubuh lainnya tidak ada yang lebih ke kiri atau ke kanan. 
  5. Ikan bernafas teratur, dimana kedua insang membuka dan menutup bersamaan, tanpa ada yang lebih   besar membukanya ataupun bernafas hanya dengan satu insang. Biasanya ikan yang bernafas dengan satu insang terjangkit Gill Fluke Dactylogyrus atau kutu insang. Tutup insang rata menutupi insang, tidak pendek dan tidak menganga terbuka. Juga harus diperhatikan nafas yang sangat cepat, yang dapat disebabkan oleh kekurangan oksigen. 
  6. Ciri ikan yang sehat pada umumnya tidak takut terhadap manusia yang melihatnya. Discus yang baik dan sehat biasanya akan segera mendekat kaca akuarium dengan cepat, mengira akan diberi makan. Selain itu diskus yang sehat umumnya tidak menyendiri, tetapi bergerombol 
  7. Gaya berenangnya tidak tersendat-sendat, umumnya berenang dengan tenang, dasi/pectoral fin - sirip depan bawah perut diturunkan sehingga terlihat gagah pada saat berenang. 
  8. Jangan tertipu dengan warna. Warna merah menyala pada tubuh dan mata, terutama pada discus ukuran antara 2-3 inci, bukan jaminan untuk mendapatkan discus yang baik. Pada saat ini ada sebagian kalangan yang menggunakan hormon untuk memaksakan keluarnya warna ikan, yang bertujuan untuk memudahkan penjualan dan meningkatkan daya tarik ikan. Warna ini umumnya tidak bertahan lama. Pemakaian hormon  dapat mempengaruhi pemijahan atau anakan yang dihasilkan. 
  9.  Motif warna ikan biasanya akan timbul mulai 2 inci ke atas dan bertahap. Berhati-hatilah jika membeli diskus yang sudah keluar motif sejak ukuran kecil, karena kemungkinan adanya pemberian hormon untuk mengeluarkan motif ini agar terlihat indah. Adalah wajar motif yang keluar hanya setengah atau kurang pada ukuran 2 inci, namun terkadang kualitas diskus yang rendah mengakibatkan motifnya tidak keluar secara sempurna hingga penuh satu badan.
  10. Disarankan membeli ikan paling kecil ukuran 2 inci ke atas, karena pada ukuran inilah cirri-ciri ikan  sehat dan baik dapat dilihat dibandingkan ukuran yang lebih kecil. Hindari untuk membeli burayak walaupun harganya murah, terutama jika anda seorang pemula. Jangan tergoda dengan keuntungan karena memelihara burayak cukup sulit. 

 Berikut jenis jenis ikan discus :
 
 
 
 
 
 
 
 

sumber :
-- wikipedia(dot)com 
-- google(dot)com

Share this article :

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Ikan Hias | Akuarium Hias
Copyright © 2011. Akuarium Ikan Hias - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Akuarium Hias
Proudly powered by Blogger